Cara Mengganti User Agent Google Chrome Untuk iPhone 4

18 Jan 2013 11:00 3777 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
User agent merupakan suatu informasi yang berisi identifikasi sistem operasi, browser dan juga perangkat dari komputer ke webserver. Hal ini biasanya dilakukan bagi para pemilik website yang lebih banyak memuat gambar, seperti toko online, website penjualan theme, dan yang lainnya.

Bagi Anda yang kurang familiar dengan dunia internet, mungkin baru mengenal atau mengetahui akan user agent. User agent merupakan suatu informasi yang berisi identifikasi sistem operasi, browser dan juga perangkat dari komputer ke webserver. Hal ini biasanya dilakukan bagi para pemilik website yang lebih banyak memuat gambar, seperti toko online, website penjualan theme, dan yang lainnya.

Tujuan dilakukannya hal ini adalah untuk memastikan tampilan website tersebut dapat di buka dengan browser. Adapun pilihan browser yang sering digunakan di antaranya adalah Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, dan yang lainnya. Kali ini, Plimbi hanya akan memberikan informasi menggunakan browser Google Chrome. Selain browser, user agent Google Chrome ini biasanya digunakan untuk beberapa tipe mobile, di antaranya iPhone, Android, Nokia, dan yang lainnya. Tetapi, artikel ini akan membahas lebih spesifik untuk pengguna iPhone dalam mengganti user agentnya. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Sebelum proses penggantian tersebut dilakukan, Anda harus dapat memastikan bahwa browser Google Chrome yang digunakan adalah versi 17. Selain itu, Anda juga harus mempunyai plugin User-Agent Switcher for Chrome. Jika belum mempunyai keduanya maka Anda dapat mendownloadnya di internet secara gratis. Untuk memudahkan, Anda dapat langsung mendownload dari iPhone 4 dan memanfaatkan jaringan WiFi yang ada di sekitar Anda.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal browser Google Chrome. Setelah hal itu selesai dilakukan, buka aplikasi tersebut di iPhone 4. Sehingga, akan tampil browser Google Chrome versi 17 di iPhone 4 Anda. Kemudian, install plugin User-Agent Switcher for Chrome. Ikuti langkah instalasi tersebut sesuai perintah yang ada pada iPhone 4 Anda. Setelah proses instalasi dijalankan secara benar maka akan muncul suatu icon yang bergambar kertas dan kacamata topeng. Ikon tersebut merupakan ikon dari plugin User-Agent Switcher for Chrome. Ikon tersebut berada pada pojok kanan atas.

Untuk menjalankannya, Anda dapat mengklik ikon tersebut. Setelah hal itu dilakukan maka akan muncul beberapa pilihan. Misalnya, Windows Firefox 3.5, Windows Firefox 4, Galaxy Tab 10.1, dan pilihan yang lainnya. Jika iPhone 4 keluar pada tampilan default tersebut Anda dapat memilihnya langsung. Namun, jika belum ditampilkan maka Anda harus menambahkan user agent ke halaman default Google Chrome.

Cara mengganti user agent Google Chrome ini dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan mengklik ikon plugin tersebut dan memilih menu Setting yang berada pada bagian bawah default. Lalu, masukkan user agent string iPhone 4 pada perintah selanjutnya. Cara yang kedua adalah dengan cara memilih menu Tools. Kemudian, pilih Extensions. Setelah itu, pilih Options di User-Agent Switcher for Chrome. Ketika hal itu dilakukan maka Anda membutuhkan custom user agent. Adapun kode custom user-agent itu adalah sebagai berikut:

User-Agent String: Mozilla/5.0 (iPhone; U; CPU iPhone OS 4_3_2 like Mac OS X; en-us) AppleWebKit/533.17.9 (KHTML, like Gecko) Version/5.0.2 Mobile/8H7

Untuk memasukkannya, Anda harus memperhatikan beberapa hal terkait dengan memasukkan user agent iPhone 4. Ada beberapa perubahan dan penambahan yang harus Anda lakukan. perubahan dan penambahan tersebut adalah pada Name, User Agent String, Append, dan Indikator Flag. Perubahan tersebut dilakukan agar proses penambahan user agent ini berjalan dengan sempurna.

Untuk menu Name, Anda dapat memasukkan iPhone 4. Sedangkan untuk User Agent String, Anda dapat memasukkan kode di atas. selanjutnya adalah menu Append. Pada menu ini ada beberapa pilihan. Dalam hal ini, Anda pilih Replace. Pada menu yang terakhir adalah Indikator Flag. Untuk menu ini, Anda dapat menuliskan sembarang tulisan. Asalkan, Anda ingat akan apa yang Anda tuliskan pada menu ini, misalnya IP4. Tulisan ini dimasukkan untuk mengingat karena user agent yang digunakan adalah iPhone 4. Tulisan Indikator Flag inilah yang nantinya akan muncul di default Google Chrome. Setelah semua dimasukkan dengan benar, pilih Add. Dengan ini maka proses cara mengganti user agent Google Chrome selesai.

Untuk melihatnya, klik ikon plugin User-Agent Switcher for Chrome dan pilih IP4. Jika tidak menggunakan IP4, Anda dapat memilih tulisan yang dimasukkan pada Indikator Flag. Maka, Anda akan melihat hasilnya. Tampilan website yang di buka akan sama dengan tampilan yang di buka dengan menggunakan perangkat komputer. Plugin user agent Switcher for Chrome bisa didownload di sini. [IK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel