Meningkatkan Performa dan Kecepatan Lock GPS pada Android

18 Aug 2011 15:05 85262 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Salah satu kelebihan Android adalah fitur GPS dan Google Maps menjadi aplikasi bawaan, atau pengguna bisa meng-install aplikasi peta navigasi lain yang banyak tersedia di Android Market. Dalam hal GPS ini, keluhan yang sering dilontarkan pengguna adalah mengenai susah atau lamanya untuk Lock GPS

Salah satu kelebihan Android adalah fitur GPS dan Google Maps menjadi aplikasi bawaan, atau pengguna bisa meng-install aplikasi peta navigasi lain yang banyak tersedia di Android Market. Dalam hal GPS ini, keluhan yang sering dilontarkan pengguna adalah mengenai susah atau lamanya untuk Lock GPS.

Lock GPS adalah kondisi dimana GPS perangkat Anda sudah terhubung dengan satelit dan sudah membaca posisi pengguna di peta dengan benar. Pada Android kondisi ini ditandai dengan simbol GPS berhenti berkedip, sementara saat simbol berkedip menandai GPS perangkat pengguna sedang mencari dan melakukan koneksi dengan satelit. Bahkan pada beberapa kasus GPS salah menunjukkan posisi Anda.

Masalah Lock GPS tersebut terjadi karena GPS Android Anda dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti posisi pengguna, hardware GPS pada perangkat pengguna, firmware perangkat pengguna, koneksi internet perangkat pengguna dan beberapa faktor lainnya.

Paseban juga mengalami masalah serupa, di mana perangkat Android Paseban membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan Lock GPS. Paseban mencoba solusi dengan meng-install beberapa aplikasi tambahan yang memang berfungsi untuk masalah GPS seperti ini, namun aplikasi tambahan ini terasa tidak begitu berguna setelah Paseban menemukan solusi "manjur" pada suatu forum online.

Solusi yang diberikan oleh forum ini langsung menuju ke setting hardware GPS pada perangkat Android, dengan tujuan untuk meningkatkan performa dan kecepatan Lock GPS. Berikut langkah-langkah untuk melakukan setting hardware GPS pada perangkat Android:

Langkah Pertama

  1. Dial *#3214789650# (judul menu bertuliskan GpsSetup2).

  2. Pilih "Setting -> Parameter Setting -> Address -> Server Type -> pilih 1x MPC".

  3. "back" dua kali lalu pilih "Fix Request Setting". Pada "Fix Request Setting" ini terdapat banyak pilihan, namun yang perlukan hanya dua, "Session Operation" dan "Server Option". Ubah "Session Operation" menjadi "Standalone", dan "Server Option" menjadi "Local".

  4. "back" dua kali untuk kembali ke menu paling awal, dan pilih "gpsOne XTRA -> Xtra Enable -> pilih Enable".

  5. Kemudian pilih Trigger Download (membutuhkan sedikit koneksi data).

  6. Selesai.

Langkah Kedua

  1. Dial *#3214789650# (judul menu bertuliskan GpsSetup2).

  2. Pilih "Commands -> Delete GPS data"

  3. "back"Â lalu pilih "Setting -> Parameter Setting -> Start Mode"Â, lalu ganti "Hot Start" menjadi "Cold Start"

  4. Reboot perangkat Android Anda

Langkah Ketiga

  1. Dial *#3214789650# (judul menu bertuliskan GpsSetup2).

  2. Pilih "Commands -> Get Position -> Start GPS". Setelah itu setting akan melakukan pencarian satelit. Proses ini akan berjalan terus hingga Anda tekan "Stop GPS". Saran, lakukan pencarian pada saat cuaca cerah dan di tempat terbuka, sebaiknya Anda mendapatkan minimal 6 satelit sebelum Anda tekan "Stop GPS" (Paseban mendapatkan 7 satelit).

  3. Setelah Anda merasa cukup, pilih "Stop GPS".

  4. "back"Â dua kali untuk kembali ke menu paling awal, pilih "Setting -> Parameter Setting -> Start Mode -> ubah "Cold Start" kembali menjadi "Hot Start".

  5. Reboot perangkat Android.
    Solusi pada forum yang Paseban temukan selesai hingga langkah ketiga, namun pada saat Paseban mengaktifkan GPS dan membuka Google Maps, kinerja GPS masih belum maksimal. Dan yang Paseban lakukan selanjutnya adalah mengembalikan setting default pada "Langkah Pertama":

Langkah Keempat (mengembalikan setting default Langkah Pertama)

  1. Dial *#3214789650# (judul menu bertuliskan GpsSetup2).

  2. Pilih "Setting -> Parameter Setting -> Address -> Server Type -> pilih UMTS SLP".

  3. "back"Â dua kali lalu pilih "Fix Request Setting -> Session Operation -> pilih MS-based" dan "Server Option -> pilih Default".

  4. "back"Â dua kali untuk kembali ke menu paling awal, dan pilih "gpsOne XTRA -> Xtra Enable -> pilih Disable".

  5. Selesai.

Setelah melakukan langkah keempat ini, barulah Paseban merasakan performa dan kecepatan lock GPS perangkat Android meningkat. Paseban melakukan setting ini menggunakan Samsung Galaxy Gio, untuk perangkat Samsung Android lainnya kemungkinan langkah-langkah setting akan sama. Namun pada perangkat Android vendor ponsel lain, kemungkinan terdapat perbedaan, seperti nomor yang harus di-dial dan nama serta letak menu. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel