Tips Mengamankan Smartphone dan Tablet Anda Saat Mudik

16 Aug 2011 12:44 4250 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lebaran mungkin masih lama, tetapi Anda pasti sudah mulai menyiapkan perjalanan mudik Anda tahun ini. Perangkat Anda, seperti smartphone atau tablet menjadi salah satu persiapan wajib bagi Anda untuk sekedar mengabadikan suatu momen, menjadi penunjuk jalan di tempat asing atau untuk tetap terkoneksi dengan saudara atau teman saat Anda dalam perjalanan mudik.

Lebaran memang masih dua minggu lagi, tetapi Anda pasti sudah mulai menyiapkan perjalanan mudik Anda tahun ini. Perangkat Anda, seperti smartphone atau tablet menjadi salah satu persiapan wajib bagi Anda untuk sekedar mengabadikan suatu momen, menjadi penunjuk jalan di tempat asing atau untuk tetap terkoneksi dengan saudara atau teman saat Anda dalam perjalanan mudik.

Dua hal yang Anda harus lebih waspada pada saat perjalanan mudik dimana Anda berada di tempat asing yang belum begitu Anda kenal, yaitu kemungkinan perangkat untuk hilang atau tertinggal dan rentannya privacy. Berikut hal yang perlu Anda perhatikan dan tips untuk mengatasi hal tersebut saat mudik.

Gunakan Jaringan WiFi yang Aman dan "https"
Apabila Anda memanfaatkan jaringan WiFi di bandara, tempat peristirahatan atau lobi hotel, gunakan jaringan WiFi yang terproteksi oleh password. Jaringan WiFi ber-password akan lebih aman daripada jaringan WiFi yang "open". Karena pada jaringan WiFi "open", pihak lain yang tidak bertanggung jawab bisa bebas masuk dan lebih mudah untuk melakukan kegiatan hacking pada perangkat lain yang menggunakan jaringan WiFi tersebut.

Apabila Anda ingin mengakses akun online yang penting, seperti mengakses internet banking atau melakukan pembayaran online menggunakan nomor kartu kredit Anda, pastikan Anda mengakses URL yang diawali dengan "https", bukan "http". "Https" akan lebih aman karena ia selalu melakukan encrypt data pada saat pengguna mengaksesnya.

Gunakan Aplikasi Tracking atau "Find Me"
Smartphone dan tablet adalah sasaran utama pencuri, karena barang ini kecil sehingga mudah dibawa tanpa terlihat dan memiliki harga jual yang tinggi. Saat ini banyak tersedia aplikasi yang sengaja didesain untuk mengantisipasi kondisi saat perangkat Anda dicuri. Install aplikasi tersebut pada semua perangkat yang Anda bawa saat mudik, sehingga Anda masih bisa menelusuri keberadaannya apabila perangkat Anda dicuri.

Rutin Monitor akun Kartu Pembayaran Anda
Wisatawan sering menjadi target penipuan, seperti tagihan dobel yang dibebankan saat Anda membayar menggunakan kartu kredit atau debit ATM. Oleh karena itu, sering cek akun kartu pembayaran Anda. Dan ingat, apabila Anda mengakses akun tersebut secara online, akses melalui jalur yang aman, seperti penggunaan "https".

Password-protect Semua Perangkat Anda
Di dalam smartphone atau tablet Anda pasti banyak tersimpan data-data penting yang Anda tidak ingin data tersebut jatuh ke tangan orang lain. Oleh karena itu pasang password pada perangkat Anda, apabila perlu dan aplikasi menyediakan fitur tersebut, pasang password pada aplikasi. Jadi apabila perangkat Anda dicuri atau tertinggal, setidaknya Anda bisa tenang karena data Anda masih aman.

Demikian tips hal yang perlu Anda perhatikan. Apabila semua sudah Anda siapkan, then you are ready to go! Selamat Mudik! RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel