Child ID - Temukan Anak Anda yang Hilang

11 Aug 2011 16:13 2972 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Badan intelegen FBI baru saja mengelurakan aplikasi untuk iPhone yang berfungsi untuk melacak anak Anda yang hilang. Tentu aplikasi ini sangat berguna bagi Anda selaku orang tua. Selain itu pada aplikasi ini juga menyediakan tips-tips bagaimana menjaga anak Anda supaya tetap aman.

United States Federal Bureau of Investigation atau Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat dikenal sebagai agen yang memiliki otoritas investigasi yang terluas. FBI sering melakukan investigasi untuk mengungkap suatu tindak kriminal.

FBI belum lama ini meluncurkan aplikasi mobile pertamanya yang bernama Child ID. Aplikasi ini tentu bisa berguna bagi para orang tua karena bisa membantu saat mereka kehilangan anak.

Jika Anda ingin menggunakannya, terlebih dahulu Anda harus menyimpan data mengenai anak Anda dengan mengisi kolom untuk nama anak, nama panggilan, alamat, tanggal lahir, dan etnis. Anda juga bisa memberikan informasi tambahan seperti tinggi, berat badan atau ciri fisik lainnya. Informasi ini berguna agar user sistem bisa mendapatkan informasi secara cepat apabila hal tersebut bersifat emergency. Satu lagi, jangan lupa meng-upload foto terbaru anak Anda.

Data inilah yang kemudian Anda kirim dan selanjutnya akan didistribusikan ke dalam sistem yang nantinya data ini digunakan sebagai AMBER Alert FBI pada aplikasi ID Child ini. Para orang tua juga bisa langsung mengirim email informasi ke polisi, ke panggilan 911 atau mengadukan hal ini ke departemen yang terkait menangani masalah ini.

Orang tua juga masih memungkinkan untuk menarik data tersebut jika diperlukan. Yang perlu Anda ketahui, data yang Anda simpan tersebut tidak ada yang dikirim ke FBI atau Apple. Ini mungkin menjadi pertimbangan bagi orang tua, karena sebagian dari mereka enggan untuk memberikan informasi mengenai diri mereka atau Anaknya dengan berbagai alasan, termasuk masalah imigrasi.

Untuk sementara, aplikasi Child ID masih tersedia untuk perangkat iPhone, iPod Touch dan iPad dengan sistem operasi iOS 4.2 ke atas. Child ID bisa diunduh melalui Apple iTunes App Store secara gratis. Ke depan, FBI akan lebih banyak menambah fitur untuk aplikasi, seperti pilihan untuk meng-upload foto. FBI juga akan menyediakan aplikasi untuk sistem operasi mobile lainnya, seperti Android.

Selain untuk membantu mencari anak Anda yang hilang, pada aplikasi Child ID juga menyediakan tips-tips bagaimana untuk menjaga anak Anda supaya tetap aman. Tips bagaimana yang harus Anda lakukan pada jam pertama setelah anak Anda menghilang juga bisa Anda dapatkan dalam aplikasi ini.

Memang, para orang tua berharap tidak menggunakan aplikasi ini, karena jika menggunakan itu berarti mereka mengalami kehilangan anak. Namun, alangkah baik jika aplikasi ini bisa Anda jadikan wacana sebelum Anda mengalami hal tersebut. Yang perlu Anda ketahui, menurut data stastistik dari FBI, secara rata-rata, setiap 40 detik ada anak yang hilang di seluruh penjuru Amerika Serikat. Dan banyak di antaranya yang tidak pernah kembali ke rumah.

Sayangnya, aplikasi ini hanya efektif jika Anda berada di Amerika Serikat, mengingat Amerika adalah tempat FBI berada. Namun, setidaknya aplikasi ini bisa dijadikan wacana bagi Anda yang akan berkunjung ke Amerika, atau mungkin aplikasi ini akan diadaptasi dalam versi Indonesia, jadi jika sudah ada aplikasi serupa di Indonesia, ditambah lagi dengan fungsinya yang cukup bermanfaat, Anda tak perlu ragu lagi untuk mengunduhnya, Put your child's safety in your own hands. HJ

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel