1

iPhone, iPad dan iPod Touch Rawan Dibobol Hacker

14 Jul 2011 17:03 2572 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak hanya Android yang rentan hacker, rupanya *software* Apple Inc juga terkena imbas hacker. Menurut Security Experts, sebuah peneliti keamanan *mobile* mengatakan bahwa eksploitasi kriminal tersebut lebih cenderung dengan mengubah semua kontrol perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch.

Tidak hanya Android yang rentan hacker, rupanya software Apple Inc juga terkena imbas hacker. Menurut Security Experts, sebuah peneliti keamanan mobile mengatakan bahwa eksploitasi kriminal tersebut lebih cenderung dengan mengubah semua kontrol perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch.

Kesalahanan sistem keamanan milik iOS Apple menjadi jelas pada Rabu lalu tanggal 6 Juli ketika situs jailbreakme.com merilis kode yang bisa digunakan oleh customer Apple untuk memodifikasi operasi sistem iOS melalui sebuah proses yang dikenal dengan "jail breaking".

Beberapa customer Apple memilih untuk men-jail breaking perangkat mereka sehingga mereka dapat men-download dan menjalankan sejumlah aplikasi yang tidak disahkan oleh Apple atau menggunakan iPhone dalam akses jaringan pembawa yang tidak disahkan oleh Apple.

Security Experts juga memperingatkan bahwa hacker kriminal dapat men-download kode tersebut, merekayasa balik kode tersebut untuk mengidentifikasi keseluruhan dalam sistem keamanan iOS dan membangun sebuah software berbahaya dalam beberapa hari.

Apple belum merilis sebuah update iOS yang melindungi customer-nya dari software berbahaya, terlebih bisa meng-explore kesalahan ini. Setiap kesalahan keamanan dalam software iOS (yang menjalankan iPhone, iPad Apple dan iPad Touch) memiliki potensi untuk mempengaruhi jutaan perangkat yang ada di tengah-tengah bisnis Apple.

Apple telah menjual 25juta iPad sejak diluncurkan tahun lalu. Perusahaan telah menjual 18 juta iPhone yang populer tersebut hanya dalam 3 bulan di tahun ini. Menurut Runald, hacker dapat mengeksploitasi kelemahan iOS dengan menciptakan sebuah file PDF berbahaya. File ini dapat mempengaruhi perangkat Apple ketika pengguna mencoba untuk membuka dokumen tersebut. Sekali perangkat terinfeksi, hacker dapat melakukan apapun yang mereka mau termasuk mencuri password, dokumen, dan email. LN

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel