Mencicipi Chrome OS Melalui Laptop Atau Netbook Anda

25 Jul 2011 10:31 10772 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mau mencoba kemampuan Chrome OS melalui laptop atau netbook Anda? Sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan ulasan dari Paseban ini terlebih dahulu, baru kemudian Anda memutuskan untuk menggunakannya atau tidak.

Anda tentu sudah mengetahui perihal produk Chromebook dan Chrome OS milik Google. Menurut Paseban, Chrome OS memiliki kemampuan yang berguna dan produktif untuk beberapa tipe pengguna tertentu dan juga sangat cocok untuk netbook, yang memiliki kemampuan hardware terbatas.

Untuk mengetahui apakah Anda salah satu tipe pengguna yang cocok dengan Chrome OS, pada artikel tips & trik berikut ini, Paseban akan memberikan alternatif untuk mencicipi kemampuan Chrome OS terlebih dahulu. Setelah itu baru Anda bisa memutuskan apakah Chromebook layak untuk Anda beli atau tidak.

Seperti yang Paseban ungkapkan sebelumnya, bahwa cara ini hanya sekedar untuk mencoba kemampuan Chrome OS. Maka cara yang Paseban hadirkan berikut ini adalah untuk meng-install dan menjalankan Chrome OS melalui flashdisk.

Yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut:

  1. Hexxeh's Vanilla Chromium OS build. Ini adalah versi resmi Chrome OS yang telah "dipoles" sehingga bisa digunakan pada perangkat selain Chromebook. Pada situs http://chromeos.hexxeh.net/ sebenarnya ada dua versi Hexxeh's Flow Chromium OS build dan Hexxeh's Vanilla Chromium OS build. Flow adalah versi terlengkap dan Vanilla adalah versi lite. Paseban memilih Vanilla karena versi ini lebih stabil dari Flow, dan karena sekedar untuk percobaan menggunakan flashdisk.

  2. 4GB flashdisk. Karena Chromium OS tidak bisa di-burn pada CD, maka Anda hanya mempunyai pilihan menggunakan flashdisk.

  3. Laptop atau Netbook yang compatible dengan Chrome OS. Untuk poin yang satu ini, solusi yang bisa dilakukan hanyalah mencoba apakah perangkat laptop atau netbook Anda kompatible.

Download Hexxeh's Vanilla Chromium OS Build
Untuk men-download Hexxeh's Vanilla Chromium OS build Anda bisa menuju ke http://chromeos.hexxeh.net/vanilla.php, pilih versi terbaru, dan pilih link download bergambar flashdisk.

Membuat Bootable Flashdisk
Hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah memformat flashdisk Anda, pilih format FAT 32. Kemudian ikuti cara berikut:

  1. Gunakan aplikasi Winrar atau 7Zip untuk meng-ekstrak file 'tar.gz' menjadi '.tar', kemudian extract lagi hingga file hasil extract menjadi folder berisi file '.IMG'.

  2. Gunakan aplikasi Windows Image Writer 0.2 untuk menciptakan Chromium OS yang bisa diakses melalui USB. Dengan menggunakan Windows Image Writer, pilih file .IMG dan kemudian pilih perangkat USB melalui menu yang tersedia.

  3. Klik "write"

  4. Restart laptop atau netbook Anda dan boot melalui USB mode. (untuk setting boot melalui USB Mode bisa dilakukan melalui BIOS setting dengan menekan dan menahan tombol "Delete"  atau  "F2" (tergantung pada perangkat Anda)

  5. Langkah terakhir, login Chromium dengan username dan password "facepunch"

Selamat Mencoba! RY

ADTECH;loc=300

 

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel