Tips Komputer: Tambah Menu Klik Kanan Dengan SandToSandTo

7 Jan 2013 10:00 2930 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Shortcut* sebuah aplikasi bisa diletakkan di menu klik kanan. Atau berbagai jenis *copy* dan *paste* melalui klik kanan karena Anda merasa klik kanan bawaan Windows sangat standar. Anda bisa mencoba tips komputer berikut ini untuk mengubah hal tersebut.

Banyak yang bisa dilakukan dengan klik kanan. Karena itu pula banyak software yang diciptakan untuk memaksimalkan klik kanan. Shortcut sebuah aplikasi pun bisa diletakkan di menu klik kanan. Atau berbagai jenis copy dan paste melalui klik kanan karena Anda merasa klik kanan bawaan Windows sangat standar. Anda bisa mencoba tips komputer berikut ini untuk mengubah hal tersebut. Alasan lain menggunakan klik kanan mungkin karena aksesnya langsung ke folder atau software yang dipilih. Kelebihan ini yang banyak dipilih orang karena terkadang dengan menggunakan shortcut biasa di layar sering terjadi crash atau eror.

Selain berguna sebagai jalan pintas akses software, file, program di komputer, kita bisa memanfaatkannya untuk mengurangi shortcut-shortcut yang ada di layar komputer. banyaknya ikon di layar makin membuat Anda pusing dan tampilan yang kurang memuaskan. Dengan software inilah Anda bisa mengurangi sedikit kesemrawutan komputer dari ikon-ikon. Dan kali ini yang bisa digunakan untuk memanfaatkan klik kanan dalam tips komputer Windows ini adalah SandToSandTo.

Instalasi

Tidak besar file yang harus didownload, SandToSandTo hanya 135Kb saja. Setelah instalasi menu klik kanan sand to Anda akan bertambah, ada menu Add Here di pilihan paling atas. Dari menu inilah Anda bisa menambahkan shortcut baru untuk software atau folder tetapi tidak untuk file tipe Word, teks, jpg dan file tunggal lainnya. Folder SandToSandTo ini biasanya ada di C:\Users\Default\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\SendTo bila Anda ingin memeriksanya. Tetapi alamat ini tidak persis seperti ini di setiap komputer tetapi tidak akan terlalu jauh. Pada folder tersebut akan terdapat shortcut Sandto bawaan dari perangkat Anda. Inilah yang nantinya menjadi tempat shortcut Anda yang baru.

Kostumisasi

Untuk menjelankan software ini Anda tinggal memilih software atau folder yang ingin dibuat shortcut-nya. Klik kanan folder atau software tersebut kemudian pilih menu Add Here. Kemudian akan muncul kotak dialog tambahan yang berisi nama dari shortcut yang Anda buat. Nama ini bisa diubah sesuai dengan keinginan. Kemudian pilih create dan coba gunakan shortcut tersebut untuk masuk ke software atau folder yang Anda pilih tadi.

Beberapa komputer mungkin mengalami sedikit masalah pada shortcut folder. Ketika Anda mengklik kanan shortcut folder maka itu dianggap sebagai tombol perintah paste. Bila Anda mendapati masalah seperti itu, berarti Anda telah menggunakan software menambah menu klik kanan lain atau sistem komputer Anda menolak perintah semacam itu. Bukan hanya paste mungkin yang terjadi, tetapi juga compress file menjadi RAR bila Anda memilihnya dengan klik kanan. Ini yang perlu diantisipasi. Bila ingin lancar menggunakan ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai shortcut software saja bukan untuk folder.

Meskipun tips komputer ini terkesan sederhana, aplikasi ini masih memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya seperti yang dijelaskan di atas. Kelemahan lain adalah kita tidak diberi akses cepat menghapus shortcut yang sudah dibuat. Untuk menghapusnya Anda harus masuk ke dalam direktori software ini bekerja yaitu Sand To. Di sini Anda bisa menghapus shortcut yang sudah dibuat. Biasanya folder direktori berada di alamat ini *%APPDATA%\Microsoft\Windows\SendTo. Dengan kata lain, Anda harus menghapusnya secara manual. Tidak seperti kemudahan membuat shortcut di klik kanan.

Karena kemudahan membuat shortcut yang terjadi adalah menumpuknya shortcut. Seperti yang terjadi selama ini di layar Anda. Kita selalu senang membuat jalan pintas yang sebenarnya pentingnya hanya untuk sementara. Apalagi dengan metode penghapusan shortcut yang tidak secara langsung ini. Sepertinya shortcut di menu klik kanan Anda akan menumpuk. Rajinlah membersihkannya, karena area klik kanan ini tidak seluas layar. Ini hanya membantu mengurangi shortcut yang ada pada di layar Anda. bila dirasa sudah kurang dipakai, sebaiknya dihapus saja.

SandToSandTo merupakan hasil produk dari open source. Jadi memang disediakan benar-benar gratis. Software *ini berkerja baik di OS Windows Vista, Windows Xp dan Windows 7. Belum tersedia untuk Windows 8. Setelah menginstal *software klik kanan ini, Anda akan diarahkan ke iklan di internet. Tetapi Anda bisa langsung menutup iklan tersebut dan tidak akan menghentikan proses instalasi. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel