Mengenal Extension yang Sering digunakan oleh Programmer di Visual Studio Code

26 Aug 2022 13:45 1436 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Itulah extension-extension yang sering digunakan semua itu bisa digunakan sesuai dengan apa yang ingin kita buat dan masih banyak juga extebsion-extension lainnya yang menarik dan dapat membantu bagi para programmer yang pemula ataupun programmer senior pun juga akan terbantu oleh extension-extension yang ada pada VsCode.

Bagi para programmer sudah tidak asing lagi tentunya mendengar VsCode, karena aplikasi ini merupakan sebuah code editor yang akan menjalankan ataupun kita membuat sebuah program. Tentunya semua orang yang bergerak di dunia IT(Teknik Informatika) sudah pasti mengetahui aplikasi satu ini karena aplikasi ini sangat mudah untuk digunaka. Namun terkadang dalam aplikasi ini kita membutuhkan bantuan extension agar memudahkan kita untuk membuat code ataupun lain sebagainya.

Di VsCode ada namanya extension yang merupakan bawaan dari VsCode sendiri, extension ini hampir sama dengan play store di android ataupun app store di ios, karena sama-sama bisa menginstal sebuah aplikasi kalau dalam android dan ios. Namun berbeda dengan halnya VsCode yang menyediakan fitur ini untuk mendowload extension-extension yang diperlukan oleh proggrammer berbeda-beda juga fungsinya.

Nah berikut adalah extension-extension yang sering digunakan oleh para programmer terutama di bagian front-end:

1.Auto Rename Tag

Bagi front-end dev tentunya extension ini sudah tidak asing lagi karena extension ini dapat membantu dalam tag-tag html apabila kita salah memasukan tag ingin diganti ketika kita sudah mendowload extension ini ketika kita mengubah tag pembuka maka tag penutup juga akan berubah itulah fungsi dari extension ini. Kita tidak perlu lagi bulak-balik membenarkan pasangan tag-tag nya.

 

2.Indent-Rainbow

Extension ini berfungsi untuk mewarnai lekukan di depan sebelum kode dilakukan akan ada warna ketika kita membuat code sedikit maupun banyak. Terutama extension ini sangat membantu karena dalam html juga kita dapat melihat pasangan class yang kita buat ketika sudah membuat beribu-ribu baris tentunta tidak mungkin untuk memeriksa nya satu-satu extension ini dapat membantunya dengan cara menandai dengan warna-warna tertentu.

 

3.Laravel Artisan

Bagi para pengguna frame work laravel tentunya ini sangat membantu dan tidak asing karena exetnsion ini juga dapat membantu kita pada saat menggunakan laravel yang dimana berfungsi untuk membuat seperti Controller, Model, Seeder, Factory, Table, Migration dan lain sebagainya agar bisa menggunakan extension ini kita harus mendowload terlebih dahulu extension nya lalu aktifkan extension nya setelah itu cukup klik ctrl+shift+p kita akan di buatkan pilihan mau membuat apa dan packages-packages lainnya juga tersedia.

Sebenarnya membuat artisan bisa juga dengan terminal di VsCode juga cukup ketikan php artisan make:controller NamaController apabila ingin dibuatkan source nya tinggal ditambahkan –source untuk controller dan yang lainnya juga. Namun selera setip orang berbeda-beda tergantung kepada kenyamanannya.

 

4. Laravel Snippets

Extension ini juga sangat penting karena dapat menuliskan otomatis atau ketika kita ingin mengetik code-code php atau lain sebagainya, extension ini hampir mirip seperti tag html namun berbeda yang diman extension ini dapat membantu kita untuk mempercepat ketikan code ataupun lain sebagainya seperti kita ingin membuat Rout cukup ketikan Route saja apabila bila ada pilihan diatas ketikan kita, kita cukup pilih yang kita mau lalu tekan enter.

 

5.One Dark Pro

Extension ini dapat disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing juga karena extension ini berfungsi untuk mengubah warna thema kita menjadi beberapa pilihan seperti One dark pro, One dar pro flat, One dark pro darker dan One dark pro mix.

Itulah extension-extension yang sering digunakan semua itu bisa digunakan sesuai dengan apa yang ingin kita buat dan masih banyak juga extebsion-extension lainnya yang menarik dan dapat membantu bagi para programmer yang pemula ataupun programmer senior pun juga akan terbantu oleh extension-extension yang ada pada VsCode.

Tags

About The Author

rahmat66779@gmail.com 27
Novice

rahmat66779@gmail.com

selalu ceria

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel