Soft Skill yang Harus Dimiliki oleh Programmer di Tahun 2022

3 Oct 2022 12:55 488 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Soft skill merupakan kemampuan yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja dan berinteraksi dengan orang lain. 

 

Untuk menjadi seorang developer atau programmer yang handal itu butuh skill atau pemahaman mengenai hal teknis di dunia programming baik itu paham mengenai bahasa pemrograman dan cara loadingnya. Misalnya Apa itu variabel, tipe data, looping, pengkondisian, array function, dan lain sebagainya. Lalu kita juga harus tahu mengenai library Framework atau juga teknologi-teknologi terkini lainnya paham mengenai platformnya misalnya web atau mobile. Sistem operasinya dan masih banyak lagi skill teknis yang harus kita kuasai agar bisa menjadi seorang programmer akan tetapi di samping skill-skill teknis tadi sebetulnya ada juga skill-skill non teknis atau soft skill yang harus kita miliki juga agar kita bisa lebih lancar dan mantap ketika kita ingin menjadi seorang programmer yang handal.

Soft skill apa saja yang harus kita miliki? Berikut ulasannya:

  1. Humility atau Kerendahan hati

Jadi seorang programmer itu harus memiliki sifat rendah hati atau humble karena kita harus paham dulu bahwa programming itu bukanlah hal yang mudah sehari-harinya kita bakalan dikasih tahu kalau kita itu sering salah baik itu yang ngasih tahunya manusia ataupun komputer. Bahkan sering kali komputer yang ngasih tahu kita akan sering bertemu dengan error atau hasil yang enggak sesuai dengan harapan. Salah itu adalah hal yang wajar dan manusiawi itu akan terjadi di level manapun di pembelajaran programming, mau saat baru belajar sampai dengan saat sudah menjadi senior programmer.

  1. Hacker Mentality

Hacker mentality kita harus memiliki mental seorang hacker, hacker itu adalah orang yang membuat sebuah furniture menggunakan kapak tapi sekarang bergeser jadi orang yang menikmati eksplorasi detail dari sebuah sistem yang dapat diprogram lalu juga orang yang secara antusias atau bahkan obsesif menikmati programming dan tidak hanya berteori nah ini berarti orang yang senang praktek. Lalu berikutnya orang yang memiliki hak value atau nilai-nilai yang dianut oleh hacker saat menemukan sesuatu yang menarik untuk dilakukan terus menerus itu harus memiliki mindset yang penting bisa dulu aja, meskipun kelihatannya sulit. Seorang expert pada satu bidang programming atau orang yang menikmati tantangan. Jadi intinya seorang hacker itu adalah orang yang seneng ngulik antusias dan bersemangat ketika belajar programming meskipun dia tahu kalau programming itu susah dan dia nggak menyerah ketika dihadapkan dengan masalah.

  1. Problem Solving

Programmer itu sejatinya adalah seorang problem solver bukan hanya masalahnya yang selesai begitu aja tapi harus selesai dengan cara berpikir yang computasional. Apa itu competitional thinking atau cara berpikir kompitasional secara teori thinking ini komponennya ada 4 singkatannya aadp Ada apa dengan programming itu tadi merupakan singkatan dari komponen-komponen di dalamnya dan tiap-tiap komponen cara berpikir ini bukan urutan tapi nantinya jadi satu kesatuan ya kita mulai dulu dengan D yang pertama itu adalah dekomposisi adalah sebuah proses untuk memecah masalah atau sistem yang kompleks menjadi bagian-bagian yang kecil sesuai dengan fungsinya sehingga nantinya mudah untuk kita kelola. Komponen yang kedua ada a untuk abstraksi yaitu kita fokus pada bagian yang penting-pentingnya dulu pada sebuah masalah dan mengabaikan detail-detail yang tidak relevan. Komponen ketiga ada a untuk algorithem atau algoritma yaitu cara untuk membuat langkah-langkah yang runut dan logis pada saat akan menyelesaikan sebuah masalah. Dan yang terakhir ada P untuk pattern recognition yaitu tahapan untuk mencari dan mengenali pola atau kesamaan ketika kita dihadapkan pada masalah yang sama.

Itulah 3 hal sof skil yang harus di kuasai, sof skil penting karena untuk menambahkan skil-skil kita juga dan juga untuk memperkuat mental kita untuk menghadapi masalah atau error dalam dunia pragrammer.

Tags

About The Author

rahmat66779@gmail.com 23
Novice

rahmat66779@gmail.com

selalu ceria

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel