Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)

27 Sep 2022 16:10 876 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
PLTN adalah sebuah pembangkit daya thermal yang menggunakan satu atau beberapa reaktor nuklir sebagai sumber panasnya. Prinsip kerja sebuah PLTN hampir sama dengan sebuah Pembangkilt Listrik Tenaga Uap, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin.

Pada awal abad ke-20 prinsip-prinsip tenaga nuklir dirumuskan oleh para Fisikawan Pada tahun 1939 para ilmuwan Jerman menemukan proses reaksi Fisi yang memicu perlombaan dengan para ilmuwan Amerika untuk menggunakan kekuasaan reaksi Fisi. Reaksi Fisi ini memiliki kekuatan yang sangat luar biasa untuk dijadikan sebuah bom melalui proyek upaya intense yang disebut Manhattan bom atom yang dilakukan oleh Amerika pada tahun 1945 dan digunakan untuk menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki pada akhir Perang Dunia ke-2.

Nah setelah perang kekuatan nuklir dianggap sebagai sumber energi baru yang sangat potensial awal mula pemakaian energi nuklir sebagai listrik dilakukan oleh Jenderal Amerika yang bernama Hair make over yang memandu pengembangan reaktor kecil dikapal selam nuklir Amerika yang dijadikan listrik dengan terciptanya energi nuklir sebagai bahan bakar kapal selam Amerika mulai memandang dan melakukan ekspansi besar-besaran keseluruh dunia dengan senjata mereka yaitu kapal selam energi nuklir yang disebut us nautilus diluncurkan padatahun 1954 pada akhir tahun 1950 antenaga nuklir sedang dikembangkan untuk tenaga listrik komersial pertama di Inggris jenis reaktor yang dihasilkan adalah reaktor jenis generasi satu yang menjadi awal mula terciptanya PLTN atau pembangkit listrik tenaga nuklir tentunya Amerika atau negara Paman Sam Negara enggak mau kalah dengan Inggris dia mulai mengembangkan reaktor nuklir sebagai bahan bakar listrik pada reaktor generasi satu inidi sebut generasi prototipe awal setelah itu lahirlah generasi 2 dengan meningkatkan energi penghasil listriknya.

 Setelah itu para ilmuwan mengembangkan generasi Gen3 yang disebut pwf atau pwr di beberapanegara saat ini merencanakan pembangkit listrik tenaga nuklir generasi keempat generasi keempat ini cara bukan bisa jauh lebih stabil dan terutama faktor keselamatan para ilmuwan memberi nama reaktor generasi keempat yaitu NGNP untuk menjadi generator NGNP ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya:

  1. yang pertama sangat ekonomis atau murah meriah.
  2. yang kedua yang pasti menggabungkan keselamatan.
  3. Ketiga menghasilkan limbah yang sangat minim
  4. yang keempat tahan proliferasi salah satu konsep reaktor NGNP adalah Rektor suhu sangat tinggi sebuah reaktor yang didinginkan dengan helium di mediasi grafit menggunakan berbagai bahan bakar yang akan menghasilkan panas yang cukup untuk menghasilkan listrik.

Uranium merupakan bahan bakar utama PLTN tapi jumlahnya sangat sedikit di dunia ini yaitu hanya 2/3 juta dikerak bumi tapi banyak orang sangat menginginkannya atau mencarinya nah 1 pound uranium memiliki energi sebanyak tigaj uta ton batu bara.  Jika suatu uranium kehilangan radio aktivasinya selama bertahun-tahun disebut dengan waktu paruh uranium yang digunakan secara umu myaitu uranium-238 yang memiliki waktu paruh sekitar 4,5 milyar tahun uranium tersimpan di bawah tanah seperti batubara dan batu-batu lainnya untuk digunakan sebagai bahan bakar ia harus dikonsentrasikan dengan cukup setidaknya 100 bagian per satu juta atau 0,1 dari batuan tempat ia berada.

Proses penambangan nya juga tampil sama dengan lambang batubara terbuka dan tambang bawah tanah dampak yang dihasilkan merusak lingkungan nya pun cukup sama dengan batubara setelah kita berhasil menambang suatu uraniu mengrak langsung kita kirim ke reaktor nuklir tapi kita masuk pabrik dulu kita  buat uranium ini layak untuk dijadikanbahan bakar di PLTN. Nanti dibentuk dalam sebuah biji yang dicampurkan dengan asam yang menghasilkan uranium 308 yang dicetak sepanjang 12 kaki berdasarkan data yang dipublikasikan oleh Word Nuclear Association total uranium yangdi produksi pada tahun 2017 adalah sebanyak 60,5 ton Sedangkan jumlah cadangan uranium yang diketahui saat in iadalah sebanyak 5,9 juta.

Tags

About The Author

rahmat66779@gmail.com 27
Novice

rahmat66779@gmail.com

selalu ceria

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel