Teknologi di Bidang Transportasi

25 Jul 2022 13:10 1535 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perkembangan teknologi dapat dirasakan oleh transportasi juga karena hal ini menjadi lumrah. Dan dengan ini juga perkembangan teknologi dalam transportasi sangat berkembang.

Teknologi transportasi adalah sebuah teknologi yang mampu mendukung pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia ataupun mesin, lalu transportasi sendiri digunakan dan diciptakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktifitas sehari-hari.  Perkembangan transportasi sebelum zaman industrialisasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah dalam memindahkan suatu barang.  Dan pada abad 2000 sebelum masehi, terdapat penemuan kuda yang digunakan oleh manusia sebagai tunjangan dalam mengantarkan barang pada masanya.  Lalu ada juga penemuan sepatu kuda, rancangan pesawat terbang, pembuatan kapal selam yang dilakukan oleh Cornelis Drebbel, penciptaan bus angkutan umum, penemuan mobil yang digerakkan oleh mesin uap, dan juga penemuan sepeda untuk yang pertama kali.

 

 Dan pada perkembangan transportasi setelah zaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi juga berjalan sangat cepat, dimulai dari penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin yang ada pembakaran di dalamnya.  Setelah itu, ada juga penemuan yang sangat mempengaruhi teknologi transportasi adalah dikembangkannya mesin turbin gas menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang.

Transportasi dapat diartikan sebagai usaha memindahkan, menggerakkan, mengangkut, atau mengalihkan suatu objek dari satu tempat ke tempat lainnya, dimana tempat lain objek tersebut lebih bermanfaat atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu.  Teknologi transportasi adalah suatu pemindahan barang atau manusia dari tempat asal ke tempat tujuan.  Bahwa teknologi transportasi adalah perjanjian timbal balik antara pengangkut dan pengirim, dimana pengangkut mengikatkan diri untuk menyelenggarakan pengangkutan barang dan atau orang dari suatu tempat ke tempat tujuan tertentu dengan selamat, sedangkan pengirim mengikatkan diri untuk membayar uang angkutan.  Bahwa teknologi transportasi digunakan untuk menggerakkan atau memindahkan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan sistem tertentu untuk tujuan tertentu.

 

Jenis-Jenis Teknologi Transportasi

  1. Teknologi Transportasi Darat
  • Teknologi transportasi darat adalah suatu transportasi kendaraan yang berjalan menggunakan jalan darat untuk mengangkut barang ataupun orang. Alat angkutan darat ada yang masih tradisional dan ada juga yang sudah modern.  Lalu, teknologi transportasi yang menggunakan mesin sifatnya modern dan berlangsung hingga zaman sekarang seperti sepeda motor, bus, kereta api dan lain sebagainya.

 

  1. Teknologi Transportasi Air
  • Teknologi transportasi air adalah sebuah pengangkutan melalui air yang meliputi angkutan sungai, danau, selat, dan juga laut. Alat angkutan yang berada di air juga ada yang sederhana dan juga modern. Masyarakat pada masa lalu masih menggunakan alat transportasi air yang masih sederhana sehingga masyarakat bisa membuat transportasi itu sendiri dari bambu seperti rakit, perahu dayung, dan perahu layar.  Alat angkutan air yang bersifat sederhana meliputi rakit, sampan, perahu, dan perahu layar.
  1. Teknologi Transportasi Udara
  • Lalu teknologi transportasi udara adalah jenis teknologi kendaraan atau sarana dalam bertransportasi yang beroperasi di udara layaknya sebuah pesawat terbang. Pesawat terbang umumnya mampu terbang di udara atau di atmosfer dan umumnya juga digunakan untuk mengangkut orang maupun barang.

 

Fungsi Teknologi Transportasi

Kegunaan teknologi transportasi tidak hanya untuk melancarkan barang atau jasa, tetapi juga bisa membantu tercapainya pengalokasian sumber ekonomi secara optimal.  Teknologi transportasi juga berfungsi sebagai sektor penunjang pembangunan dan pemberi jasa bagi perkembangan ekonomi.

 

Adapun tujuan pengembangan ekonomi yang bisa diperkenankan oleh jasa transportasi yaitu:

  • Meningkatkan pendapatan nasional disertai dengan distribusi yang merata antara penduduk, bidang usaha maupun daerah.
  • Meningkatkan jenis dan jumlah barang yang jadi dan jasa yang dapat dihasilkan dari para konsumen, industri, dan pemerintah.
  • Mengembangkan industrial nasional yang dapat menghasilkan devisa untuk mensupply pasaran dalam negeri.
  • Meningkatkan dan memelihara tingkatan kesempatan kerja bagi masyarakat.

 

Tags

About The Author

rahmat66779@gmail.com 28
Novice

rahmat66779@gmail.com

selalu ceria
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel