Al-Jazari, Cendekiawan Muslim di Dunia Robotik

5 Jul 2022 19:30 2647 Hits 4 Comments Approved by Plimbi
Semua perkembangan teknologi sangatlah berkembang terutama dalam robotik. Tentunya perkembangan ini juga tidak terlepas dari tokoh-tokoh penemunya terlebih dahulu karena penemu-penemu dahululah sangat berpengaruh bagi perkembangan hingga sekarang.

AL jazari atau memiliki nama lengkap Badi AL-Zaman Bullez bin AL-Razz Al-jazari merupakan seorang cendekiawan muslim yang berpengaruh dalam dunia Robotik. Beliau lahir di sebuah wilayah yang terletak dianatara sungai efrat dan tigris di Irak, pada tahun 1336M. 

Beliau merupakan orang pertama yang berpengaruh dalam dunia Robotik yang hingga saat ini semakin canggih. AL jazari merupkan seorang yang ahli dalam bidang mekanik hingga banyak menciptakan robot humanoid. Oleh sebab itulah AL jazari disebut dengan sebutan "bapak robotika" yang menginspirasi para ilmuwan laina untuk memuat robot.

Berikut beberapa penemuannya:

1.Roda Gigi

Roda gigi merupakan roda yang berfungsi untuk melakukan putaran ban(terutama gerak putaran), penemuan ini jauh ditemukan dulu sebelum ada penemuan jam astronomi di Erofa. Hingga saat ini penemuan Roda Gigi menjadi sangat berguna untuk dunia otomotif.

2.Pompa Air

Tentunya penemuan ini sangatlah penting bagi sekarang ini, yang dimana pompa air berfungsi untuk menyedot air dari dalam tanah dengan cepat.

3.Jam Gajah 

Penemuan ini sangatlah unik karena jam air bertenaga berat yang di tempatkan dalam satu bentuk gajah. Dalam bentuk gajah juga terdapat naga, burung phoenix dan sorban yang memwakili adat dari india, cina, persia dan islam.

4.Robot Musik Humanoid

Robot ini merupakan robot tiruan dengan suara laki-laki yang akan bersuara setiap satu jam satu kali, sehingga bisa mengingatkan orang untuk waktu. Tentunya penemuan ini juga sangat menarik dan dari akibat penemuan ini hingga sekrang perkembangan robot di dunia semakin canggih.

 

Itulah beberapa penemuan dari cendekiawan muslim yang berpengaruh besar bagi dunia tentunya penemuan ini sangatlah penting dan juga hingga saat ini penemuan ini dapat menjadi referensi para ilmuwan. Dan juga menjadikan bahwa Islam berpengaruh besar dalam perkembangan teknologi.

Tujuan robot ini digunakan agar mereka tidak mengulangi kesalahan yang berulang kali, karena tingkat kebenaran robot sangatlah tinggi. Dan juga menghemat biaya tidak perlu lagi untuk merekrut karyawan atau lain sebagainya.

 

Adapula damapak positif dan nrgatif bagi kehidupan diantaranya:

Dampak negatif

Dampak negatif dari pembuatan robot ialah semakin kurangnya lowongan pekerjaan bagi manusia, karena hingga saat penggunaan robot sangatlah banyak bagi perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan robot untuk membantu pekerjaan manusia. Hal ini juga dipengaruhi dengan semakin berkurangnya keahlian manusia dalam bidang-bidang tertentu bahkan ada beberapa ilmuwan yang memprediksi bahwa dalam beberapa tahun kedepan populasi robot akan semakin meningkat. Dan ini artinya juga akan semakin banyak manusia yang akan tergantikan oleh robot.

 

Dampak Positif

Dampak positif dari pembuatan robot ialah manusia dapat membuat robot semakin canggih ataupun berlomba-lomba untuk membuat robot. Dan juga pekerjaan akan sangat terbantu dan juga dapat diselesaikan dengan cepat.

Terlepas dari dampak positif dan negatifnya pembuatan robot tentunya kita dapat menyimpulkan bahwa robot dan manusia akan saling membutuhkan karena terutama robot. Robot tidak akan bisa ada ataupun bergerak tanpa campur tangan manusia. Karena tanpa manusia robot tidak akan dibuat dan berak.  

Begitupun manusia tidak dapat menemukan robot cangih apabila mereke tidak mengenal robot ataupun mengeksplore lebih tidak akan tercipta robot  canggih hingga saat ini. Karena dengan terciptanya robot membuat rasa ingin lebih mausia lebih tinggi dan mungkin saja pembuatan robot akan begitu-begitu saja tidak ada kreatifitas manusia lebih dan menarik.

 

Tags

About The Author

rahmat66779@gmail.com 27
Novice

rahmat66779@gmail.com

selalu ceria
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel