Cara Mengatasi Apache yang Tidak Bisa Distart di Dalam Aplikasi Xampp

17 May 2022 17:00 1230 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
cara memperbaiki dan mengatasi xampp untuk kamu yang apachenya tidak bisa jalan atau start

Cara Mengatasi Apache yang Tidak Bisa Distart Didalam Aplikasi Xampp

Cara Mengatasi Apache yang Tidak Bisa Distart Didalam Aplikasi Xampp

 

Hallo Sobat apa kabar? Setelah minggu yang lalu saya membuat artikel tentang aplikasi xampp baik itu cara mendownload, instalasi kemudian fitur-fiturnya, termasuk pengertiannya juga, kali ini kita akan membahas bagaimana mengatasi xampp yang tidak bisa distart. Banyak orang biasanya menginstal aplikasi xampp langsung bisa dipakai tanpa kendala apapun akan tetapi sebagian banyak orang ketika menginstal aplikasi xampp mengalami kendala yaitu apache nya tidak bisa distart, oleh oleh karena itu saya disini mau menjelaskan dan mengatasi bagaimana agar apachenya bisa distart didalam aplikasi xampp.

 

Penyebab Apache pada Xampp tidak bisa running.

Secara default apache akan aktif menggunakan port 80, sedangkan tool mysql menggunakan port 3306, untuk beberapa kasus, ada kalanya ketika tool-tool tersebut mencoba untuk diaktifkan, program tidak bisa running. Kemungkinan besar penyebabnya adalah adanya aplikasi yang lebih dulu berjalan menggunakan port 80 dan juga port 3306, sehingga port bentrok atau crash.

Ini bisa terjadi ketika teman-teman menggunakan window 8.x atau ketika menggunakan window 10 atau jika di dalam komputer teman-teman terinstall VM ware, atau aplikasi Skype sedang berjalan, Apache tidak bisa dijalankan karena adanya aplikasi lain yang lebih dahulu berjalan menggunakan port yang sama yang digunakan oleh Apache dan juga mysql.

 

Cara Mengatasi Apache Tidak Bisa Running di XAMPP

Untuk solusi yang bisa kita lakukan adalah dengan merubah settingan port Apache XAMPP kita supaya bisa tetap running. Berikut merupakan langkah-langkahnya:

  1. Lakukan perubahan pada file conf
  2. Buka file httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad.
  3. Cari kata “Listen 80” dan ubahlah menjadi “Listen 8080
  4. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:80” kemudian ubahlah menjadi “ServerNamelocalhost:8080
  5. Lalu “Simpan
  6. Selanjutny, buka file conf di C:\xampp\apache\conf\extra\.
  7. Carilah kata “Listen 443” dan ubah menjadi “Listen 4499”.
  8. Masih di file yang sama, dan carilah kata “virtualhost_default_:443” kemudian ubahlah menjadi “virtualhost_default_:4499
  9. Masih di file yang sama, carilah kata “ServerName localhost:443” dan ubahlah menjadi “ServerName localhost:4499
  10. Sekarang jalankan XAMPP Control Panel, lalu klik Start pada Apache. Jika muncul peringatan di kotal detail bagian bawah “Apache started [port 80]”, maka bukalah browser dan arahkan ke alamat http://localhost:8080/xamppJika berhasil maka web service Apache tersebut telah berjalan di port 8080.

 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya sobat mohon maaf apa bila ada kesalahan kata ataupun pengetikannya yang kurang dipahami bagi kalian didalam artikel ini, jangan lupa ikuti terus saya supaya tidak ketinggalan update selanjutnya, sampai jumpa dalam artikel-artikel selanjutnya. See you next time sobat.

Tags

About The Author

riko 20
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel