Pengertian Git,Git Bash dan Cara Menginstalnya

23 Jun 2022 14:25 2130 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Pengertian Git, apa itu Git bash dan mengetahui bagaimana caranya menginstal aplikasi Git

Git adalah salah satu software penting dalam pengembangan website. Fungsi Git adalah untuk mengatur versi dari source code program Anda dengan memberikan tanda baris dan kode mana yang ditambah atau diganti.

Pada intinya, Git adalah serangkaian program utilitas command line yang dirancang untuk dijalankan pada lingkungan command line style Unix. Sistem operasi modern, seperti Linux dan macOS, keduanya termasuk terminal command line built-in Unix.

Hal ini membuat Linux dan sistem operasi MacOS saling melengkapi saat bekerja dengan Git. Microsoft Windows sebagai gantinya menggunakan command prompt Windows, lingkungan terminal non-Unix. Yuk baca sampai selesai Apa Itu Git Bash

 

Apa itu Git bash?

Pengertian Git,Git bash Dan Cara Menginstalnya

Git Bash adalah aplikasi untuk lingkungan Microsoft Windows yang menyediakan lapisan emulasi untuk pengalaman Git command line. Bash adalah akronim untuk Bourne Again Shell.

Shell adalah aplikasi terminal yang digunakan untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui perintah tertulis. Bash adalah shell default populer di Linux dan macOS. Git Bash adalah paket yang menginstal Bash, beberapa utilitas bash umum, dan Git pada sistem operasi Windows.

Cara Mendownload Git

Teman-teman tentunya sangat ingin tahu bagaimana cara mendownload git supaya bisa dijalankan di pc/laptop kalian, akan tetapi disini saya hanya akan membagikan tutorial mendownloadnya untuk windows saja. Simak tutorialnya berikut ini :

  1. Download File Git

Untuk menginstal git, kalian harus mendownload filenya terlebih dahulu melalui situs resminya ini https://git-scm.com/download/win . Setelah anda mengunjungi situs resminya silahkan anda pilih filenya sesuai sistem operasi anda, jika sistem operasi anda 64bit maka anda harus memilih yang sama 64bit agar tidak terjadi erorr nantinya di sistem operasi anda ketika ingin menginstal dan menjalankannya.

 

        2. Instal Git

Setelah selesai mengunduh file Git, buka setup aplikasi Git untuk memulai proses instalasi. Halaman awal setelah Anda membuka setup aplikasi Git adalah tampilan Document License dari Git. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

 

       3. Tentukan Lokasi Instal Git

Selanjutnya, pilih lokasi untuk install Git pada komputer Anda. Pada tutorial ini kami menginstall di lokasi C:\Program Files\Git. Setelah menentukan lokasi instalasi Git, klik Next untuk melanjutkan .

 

       4. Pilih Komponen Tambahan

Kemudian pilih komponen tambahan untuk install Git. Fungsi komponen ini adalah untuk memperlancar penggunaan Git dan mendukung file dengan kapasitas besar. Sesuaikan komponen tambahan yang dipilih seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah klik Next untuk melanjutkan instalasi.

 

       5. Tentukan Nama Aplikasi Git

Sebenarnya Anda bebas mengganti nama aplikasi Git yang akan ditampilkan pada Start Menu. Akan tetapi, demi kemudahan saat mencari aplikasi ini, sebaiknya gunakan nama Git saja.  

 

       6. Tentukan File Editor

Untuk mengedit script melalui Git, Anda memerlukan file editor. Anda bebas menggunakan file editor apa pun untuk dikombinasikan dengan Git. Pada tutorial ini, kami menggunakan Vim Editor. Klik Next apabila Anda sudah menentukan file editor yang akan Anda gunakan.

 

       7. Atur Path Environment

Selanjutnya adalah pengaturan Path Environment. Path Environment berfungsi untuk mengeksekusi perintah perintah pada Git. Pilih Git from the command line and also from 3rd-party software agar saat menjalankan perintah Git dapat dikenali di Command Prompt (CMD) pada Windows.

 

        8. Pilih Aplikasi SSH

Kemudian untuk mengeksekusi SSH, Anda bisa menggunakan aplikasi dari Git atau  dari platform lain seperti PuTTY dan Bitvise. Pada tutorial ini kami menggunakan Use OpenSSH, aplikasi default SSH dari Git. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

 

         9. Pilih Line Ending

Selanjutnya, Anda perlu memilih pengaturan line ending. Pada tutorial ini kami memilih Checkout Windows-style, commit Unix-style line endings. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

 

       10. Pilih Emulator Terminal

Setelah itu, Anda perlu memilih emulator terminal yang akan digunakan. Anda bisa menggunakan Command Prompt atau MinTTY. Karena ingin menggunakan Command Prompt, pada tutorial ini kami memilih Use Windows’ default console windows. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

 

       11. Tentukan Opsi Ekstra

Terdapat beberapa opsi ekstra yang bisa Anda pilih. Pertama, pilih Enable File System Caching agar Git memiliki fungsi system caching. Kedua, pilih Enable Git Credential Manager agar Git bisa dikombinasikan dengan aplikasi lain seperti Visual Studio, Android Studio, dan GitHub. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.

 

       12. Mulai Proses Instalasi

Setelah menambahkan konfigurasi ekstra pada Git, Anda bisa memulai proses instalasi Git. Klik Install untuk melanjutkan proses.

 

        13. Cek versi Git

Setelah proses instalasi selesai, Anda perlu mengecek apakah instalasi Git berhasil atau tidak. Anda bisa mengeceknya melalui Command Prompt. Klik Win+R lalu ketik CMD untuk membuka Command Prompt.

Selanjutnya masukkan perintah berikut (cmd) untuk cek versi git dan cek apakah Git sudah terinstall di komputer Anda.

Tags

About The Author

riko 21
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel