Mengenal Jenis-Jenis Error di Dalam Website

27 Jun 2022 12:40 330 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menjelaskan tentang jenis-jenis error didalam website

Bagi kalian pengguna browser dan website sering kali mengalami yang namanya error didalam website tersebut,Sebagian besar error tersebut mempunyai arti yaitu error itu bisa disebabkan oleh berbagai macam masalah contohnya seperti tidak adanya koneksi internet dan lainnya.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu dan mengajak kalian semua mengenal apa sajakah jenis-jenis error yang ada didalam website, oleh karena itu simak penjelasan berikut.

 

Mengenal Jenis-Jenis Error didalam Website

Mengenal Jenis-Jenis Error Didalam Website

Beberapa dari kalian pasti ada yang pernah ingin mengakses suatu web akan tetapi ada tulisan “Error 404”  atau sejenisnya dan tidak mengerti apa maksud dan artinya. Biasanya, jika tulisan semacam ini muncul kalian pasti bertanya-tanya sendiri, “kok bisa error ya?”

Mari kenali kenali jenis-jenis error pada website agar kamu bisa mengerti apa maksud pesan-pesannya.

 

ERROR 400 : Bad Request

Dikutip dari CodingStudio, jika pesan seperti ini muncul, artinya adalah server tidak dapat memahami request dari pengunjung website.

Error seperti ini bisa muncul saat kamu salah menuliskan alamat website atau bisa jadi ada gangguan pada server website.

Bila pesan ini muncul, cara menanganinya adalah dengan memastikan URL yang kamu ketik sudah benar pada server website.

 

ERROR 401 : Server Unauthorized

Pesan seperti ini dapat muncul bila kamu tidak memiliki hak untuk mengakses atau membuka halaman satu website.

Error seperti ini juga muncul ketika kamu memasukkan username atau password yang salah atau belum terdaftar sehingga tidak memiliki akses.

 

ERROR 403 : Forbidden

Error seperti ini dapat muncul saat kamu hendak mengakses sebuah halaman, tetapi tidak memiliki izin untuk mengaksesnya.

Hal ini terjadi biasanya karena ada izin file atau folder yang salah.

 

ERROR 404 : Not Found

Pesan Error 404 biasanya muncul disaat halaman web yang ingin dituju tak dapat ditemukan.

Hal seperti ini terjadi karena adanya kesalahan saat mengetik URL atau  karena halaman yang dituju tak tersedia lagi, pindah, atau dihapus.

ERROR 408 : Request Timeout

Jika pesan yang muncul adalah Error 408, biasanya ini diakibatkan oleh koneksi internet yang lambat, sehingga server memutus koneksi dengan browser.

Cara mengatasinya cukup dengan memeriksa kembali sambungan internet dan me-refresh browser kamu.

 

ERROR 500 : Internal Server Error

Berbeda dengan pesan-pesan error yang sebelumnya, error seperti ini bukanlah dikarenakan oleh kesalahan pengunjung website, tetapi karena ada masalah pada server.

Bila pesan ini muncul saat kamu hendak mengakses suatu website, kamu harus menunggu hingga masalahnya diperbaik, dan kamu dapat mengaksesnya kembali di lain waktu.

 

ERROR 502 : Bad Getway

Error seperti ini dikarenakan oleh server yang mencoba mengambil informasi dari sever lain, tetapi mendapatkan respon yang tidak valid.

Pesan error seperti ini juga muncul karena ada masalah pada server. Tapi, tidak ada salahnya untuk coba membersihkan cache pada browser, karena mungkin saja disebabkan oleh browser.

 

ERROR 503 : Service Unaivable

Error ini terjadi dikarenakan server mengalami kelebihan beban karena terlalu banyaknya request atau permintaan yang masuk. Biasanya ini terjadi karena banyaknya pengunjung yang mengakses website tersebut.

Jika menemukan error ini, cara mengatasinya cukup dengan me-refresh browser atau coba mengakses website tersebut di lain waktu.

 

Mungkin cukup sekian artikel ini dibuat kalau ada kesalahan dalam pengertian maupun pengetikannya saya mohon maaf, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi semua, see you soon dan tetap semangat.

Tags

About The Author

riko 20
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel