5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

22 Apr 2022 15:00 262 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Keuntungan menggunakan aplikasi absensi online yang perlu diketahui perusahaan

Pada era serba digital saat ini, perkembangan teknologi semakin membaik. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya aktivitas yang dapat dilakukan dengan mudah karena adanya teknologi. Seperti pada sistem absensi karyawan yang mana sebelumnya menggunakan sistem finger print ataupun tulis kertas, saat ini dapat dilakukan melalui perangkat seluler masing-masing karyawan.

Absensi online ini memungkinkan karyawan untuk melakukan absensi melalui smartphone dimanapun dan kapanpun. Tak hanya itu saja, ini juga menjadi keuntungan bagi perusahaan. Pasalnya, aplikasi absen online juga memiliki beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui sebagai berikut.

Akurasi yang Lebih Baik

Absensi manual rentan terhadap kesalahan manusia. Cukup sering mendengar keluhan dari staf bahwa mereka mendapat data yang salah dari HRD, seperti data absensi yang tidak akurat. Ketidaktepatan semacam ini akan berdampak pada perhitungan gaji, yang pada akhirnya akan berdampak buruk bagi semua orang.

Oleh karena itu, banyak pemilik bisnis yang mulai menggunakan sistem absensi online. Dengan itu, pekerjaan HRD akan lebih mudah diatur dan mengurangi kesalahan manusia. Data dan informasi dari HRD akan lebih akurat.

Lebih Efisien

Mengelola data kehadiran secara manual sangat memakan waktu. Mungkin tidak masalah jika perusahaan Anda memiliki karyawan tidak lebih dari 20 orang. Namun bagi mereka yang memiliki ratusan bahkan ribuan karyawan, itu cukup menjadi masalah. HRD harus memproses dokumen spreadsheet dengan ribuan baris.

Dengan aplikasi absensi online, HRD dapat memantau kehadiran karyawan dengan mudah. Sistem sudah bekerja pada pencatatan kehadiran dan perhitungan gaji secara otomatis. Aplikasi ini akan membuat HRD bekerja lebih efisien.

Mudah untuk Memantau Jam Kerja Karyawan

Bekerja dari rumah menyulitkan HRD untuk memantau kinerja karyawan. Tidak ada yang tahu apakah karyawan itu sedang bekerja atau malah tidur siang. Memantau karyawan Anda dengan WhatsApp mungkin tidak efektif.

Dengan aplikasi absensi online, Anda dapat dengan mudah memantau kehadiran karyawan Anda. Akan lebih mudah bagi Anda untuk memantau kehadiran karyawan dengan menggunakan sistem absen. Informasi seperti absen, lembur, dan cuti juga tersedia.

Periksa Keberadaan Karyawan Anda

Aplikasi absensi online yang dilengkapi dengan pelacakan GPS memungkinkan manajer untuk memeriksa posisi karyawan mereka. Pelacakan GPS sangat penting, terlebih lagi selama bekerja dari rumah, sehingga karyawan Anda dapat fokus pada pekerjaan mereka.

Manajemen dengan Mudah

Aplikasi absensi online juga memudahkan HRD untuk mengelola cuti karyawan. Yang Anda butuhkan hanyalah masuk ke sistem untuk melihat berapa banyak cuti yang tersisa. Dengan cara ini, karyawan Anda tidak perlu meminta staf HRD untuk mengetahui berapa banyak cuti yang mereka miliki.

Aplikasi absen online juga memudahkan pengelolaan segala hal yang berhubungan dengan absensi. Mulai dari perhitungan bonus, lembur, cuti, hingga gaji.

About The Author

Nando Rifky 27
Novice

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional Murah & Terpercaya!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel