Waspadai Endorsement Saham Tertentu dalam Investasi Saham

6 Jan 2021 13:45 1554 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Rekomendasi saham yang digembar-gemborkan publik figure belum tentu menguntungkan.

Akhir-akhir ini mulai bermunculan kalangan artis seperti Raffi Ahmad dan Ari Lasso yang merekomendasikan saham tertentu. Pada dasarnya endorsement saham tertentu ini perlu disikapi dengan kehati-hatian.

Rekomendasi saham yang digembar-gemborkan publik figure belum tentu menguntungkan. Pemahaman ini sejalan dengan prinsip dalam investasi saham yakni agar tidak gampang terpengaruh orang lain, apalagi karena rumor.

Wejangan tokoh investor saham yang sangat tersohor di Indonesia, Lo Kheng Hong (LKH) ini ada baiknya disimak dengan saksama. Sosok yang menganut prinsip value investing ini pun memberikan wejangannya bagi para investor pemula dalam menikmati investasi saham.

Ia menyarankan agar para investor pemula memiliki kemampuan membaca laporan tahunan atau annual report dengan saksama, begitu juga dengan laporan keuangan emiten.

Menurutnya ada manfaat penting bagi para investor yang mau membaca annual report dan laporan keuangan. Investor akan tahu dengan baik apa yang akan dibeli.

Dengan mengetahui kondisi keuangan emiten dengan baik maka investor tidak akan gampang membeli saham karena rumor. Membeli saham tertentu karena rumor justru akan mendatangkan kekecewaan yang luar biasa.

Tak hanya rumor, Lo Kheng Hong juga mengajurkan untuk tidak membeli saham karena info dari teman. Menurutnya, itu sangat berisiko dan berbahaya. Anjuran yang demikian ini wajar mengingat informasi dari teman itu belum tentu juga bermutu kualitasnya.

Dengan kata lain, Lo Kheng Hong ingin investor saham pemula jangan membeli kucing dalam karung, yakni dengan mempelajari annual report dan laporan keuangan maka investor akan tahu betuk seluk beluk emiten yang diincarnya.

Kalau hanya ikut-ikutan tanpa dasar pemahaman yang bagus terkait kodisi riil emiten maka bukan tidak mungkin hanya akan mendapati penyesalan di kemudian hari karena justru merugi. Bukannya cuan, malah minus yang didapati.

So, kewaspadaan dan kehati-hatian dalam memilih saham di tengah kemudahan investasi saham yang sudah serba online, semisal melalui aplikasi IPOT garapan Indo Premier Sekuritas yang menawarkan kemudahan dan keterjangkauan modal dalam investasi saham penting untuk dikedepankan.

Apalagi, dengan modal cukup Rp.100.000 saja maka investasi saham sudah mudah dinikmati oleh siapa saja dengan smartphone di genggaman tangan. Membeli saham saham di tengah pandemi tidak perlu pusing-pusing lagi karena sudah serba online.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 35
Ordinary

Johanes Sutanto

Pemula
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel