Mengenal Unreal Engine, "The Next-Gent Engine"

20 Nov 2020 13:55 431 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Unreal Engine, sebuah engine yang multi fungsi dengan kemasan yang keren oleh Epic Games

Halo Guys, Sekarang kita akan mengulas sebuah engine yang luar biasa, bagi kalian yang suka main game pasti tidak asing dengan Unreal Engine karena banyak game keren yang dihasilkan dari engine ini, bahkan banyak game yang mulai melirik engine ini untuk next gen, contohnya Efootball PES, game garapan konami tersebut bahkan rela untuk skip 1 serinya yaitu PES 2021 dan hanya rilis Update PES 2020, mereka lebih memilih untuk fokus pada PES 2022 karena mereka beralih ke Unreal Engine dan harus menyiapkan kejutan untuk itu, patut kita tunggu. Terlepas dari PES yang patut kita sorot disini adalah engine yang luar biasa seiring naik daunnya Epis Games, yaitu Unreal Engine. Yuk kita bahas.

Unreal Engine

Sebenarnya Unreal Engine bukanlah engine baru, melainkan sejak 1998, namun saat itu masih belum kuat dan belum sebaik saat ini. Seiring berjalannya waktu Unreal Engine semakin kuat dan berkembang dengan pesat. Banyak game dengan graphic keren yang bisa kita nikmati yang berasal dari Unreal Engine, contohnya Fortnite, Street Fighter V, Gears 5, dan banyak lagi.

Bagi para game developer mungkin sudah tidak asing dengan engine satu ini yang bersaing dengan Unity sebagai engine yang banyak digunakan oleh para game developer.  Unreal Engine merupakan Engine dari Epic Games, Bahasa yang digunakan adalah C++, bagi kalian yang ingin membuat game bisa nih kalian belajar C++ dan praktekan di Unreal Engine, banyak sumber untuk kalian belajar Youtube salah satunya. Banyak project simple yang bisa kalian lakukan seperti membuat roll a ball game. Asset yang disediakan Unreal Engine sangat banyak dari gratis hingga berbayar yang bisa digunakan dengan mudah.

Bagi kalian yang ingin lihat preview dari Unreal Engine, seberapa bagus graphic yang bisa Unreal Engine tampilkan. Nih salah satu preview yang mereka rilis

Filmmaking

Unreal Engine bukan hanya untuk membuat sebuah game dengan graphic memukau melainkan juga dapat digunakan untuk membuat film. Sudah banyak film juga yang menggunakan Unreal Engine untuk beberapa scene bahkan ada yang untuk seluruh bagian filmnya. Hasil yang diberikan juga tidak main-main, sangat luar biasa. Beberapa film yang dibuat menggunakan Unreal Engine adalah The Mandalorian dan Game of Thrones. Ini contoh pembuatan film yang dirilis oleh Unreal Engine.

 

Meskipun akhir-akhir ini banyak berita miring tentang Epic Games dan Unreal Engine, namun itulah industri games saat ini, penuh persaingan untuk menjadikan sesuatu yang terbaik. Masih banyak engine lain yang akan kita bahas di lain waktu, tunggu saja dan jangan lupa comment bagi kalian yang merasa ingin mencoba masuk Game Development

Nah, itulah pengenalan kita tentang Unreal Engine, bagi kalian yang tertarik mendalami engine keren ini, bisa di download gratis melalui Epic Games Store dan banyak sumber belajar yang bisa kalian temui.

 

 

 

 

Tags

About The Author

Surya Dinarta 16
Novice

Surya Dinarta

hello, my name is Surya Dinarta, if you want to know me more closely, please visit my social media page and be my partner, criticism and suggestions help

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel