Apa Itu Brainware?

31 Oct 2020 13:00 1047 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Brainware adalah orang yang mengoperasikan software dan Hardware

Apa itu Brainware?

Bagi kalian para pengguna komputer mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebutan "Brainware" ,jika yang belum tau mengenai apa itu Brainware? simak penjelasan berikut ini. 

Istilah Brainware adalah istilah yang tidak umum dan kerana itulah kita jarang menemukan istilah ini dalam keseharian. Istilah ini dipakai untuk menghubungkan manusia selaku pembuat dan pengguna hasil ciptaan nya seperti komputer, Hardware maupun software.

Secara umum Brainware merupakan seorang karakter ataupun manusia yang mampu menjelajah hardware dan software pada komputer. Brainware memang tidak akan pernah bisa terpisah dari Hardware dan Software.

Brainware sendiri sering disebut sebagai perangkat intelektual ,karena hardware dan software tidak bisa dijalankan tanpa brainware ,hal ini dikarena kan ketiga nua saling melengkapi satu sama lain.

Brainware sendiri memiliki jenis fungsi pekerjaan nya tersendiri ,setelah memahami apa itu Brainware? berikut ini adalah beberapa jenis jenis dari brainware yaitu :

• Sebagai Operator

Operator bertugas untuk menjalan kan sistem operasi serta program dalam perangkat komputer perusahaan.

 

• Sebagai Administrator

Administrator bertugas untuk seorang yang dianggap memiliki kemampuan untuk mengelola suatu sistem operasi beserta program yang dijalan kan disebuah perusahaan.

 

• Sebagai Programmer

Zaman sekarang sudah canggih terhadap teknologi maka dibutuhkan sekali pekerja yang menjadi programmer. Programmer bertugas untuk membuat program yang dibutuhkan perusahaan ,disisi lain programmer juga berperan sebagai kelancaran keseluruhan sistem komputer.

 

• Sebagai Teknisi Komputer

Teknisi komputer bertugasdsn memiliki keahlian untuk merawat dan mengatasi hingga memperbaiki jenis masalah yang sering terjadi kepada sistem komputer.

 

• Sebagai Konsultan

Brainware dibidang satu ini harus mempunyai kriteria spesifisik. Seorang konsultsn tidak hanya memiliki cangkupan ilmu yang luas namun harus bisa membaca arah serta keadaan.

 

• Sebagai Project Manager

Brainware di bidang bertugas untuk memimpin karyawan serta project pekerjaan yang dibawahnya.

Dan masih banyak lagi yang berperan sangat penting pada suatu perusahaan dan kinerja sistem komputer ,namun tidak dapat saya sampaikan seluruhnya.

 

Contoh - Contoh Brainware:

1. EDP Department

Sebagian orang menyrbutnya sebagai orang orang yang berada di bidang IT Department. EDP Department adalah penggunaan suatu metode otomatis dalam mengolah data komersial untuk suatu perusahaan

 

2. Netter

Netter adalah sebutan bagi mereka pengguna internet yang menjelajahi situs web untuk mencari dan mendapatkan informasi. Istilah ini bisa memicu pada individu maupun sekelompok orang.

 

3. Network System

Istilah ini merajuk pada sebuah jenis sitem operasi yang ditunjukan untuk menangani suatu jaringan komputer. Normalnya sistrm operasi ini terdiri dari atas banyak kumpulan layanan yang ditujukan agar dapat memberikan pelayanan bagi para pengguna komputer.

 

Komponen dari brainware dapat dibagi 2 yang mempunyai tugas mengelola dan mengoperasikan setiap elemen berbeda dalam komputer. Berikut adalah 2 komponen brainware yang dapat kalian simak:

1. Software Engineer

Mereka yang bekerja di Bidang pengembangan software engineer juga harus memiliki prngetahuan dan keahlian dalam bidang jaringan komputer. Software engineer bertanggung jawab dalam penanganan atau pengelolaan sistem komputer dan dalam mengembangkan serta merancang teknik dalam jaringan komputer.

 

2. Hardware Engineer

Biasanya di bidang pekerjaan ini yaitu mereka yang harus mempunyai pengetahuan dan keahlian pada perangkat keras komputer. Pekerja di bidang ini akan bertanggung jawab dalam lengembangan teknik atau metode pembuatan hardware untuk sistem komputer.

Mungkin cukup sekian yang dapat disampaikan ,semoga berguna bagi para pembaca.

Tags

About The Author

Alvito Nurkholik 26
Novice

Alvito Nurkholik

nama saya Alvito Nurkholik dari SMKN 4 BANDUNG ,saya berada di bidang Rekayasa Perangkat Lunak
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel