Cara Membuat Rumah Kontainer Beserta Kelebihannya

26 Oct 2020 09:30 202 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Berikut ini merupakan beberapa langkah cara membuat rumah kontainer yang harus Anda ketahui, dan apa saja kelebihannya.

Membuat rumah kontainer saat ini telah menjadi salah satu tren yang menarik. Dalam beberapa tahun terakhir ini  penggunaan kembali kontainer atau peti kemas -baik yang masih baru atau bekas- untuk menciptakan struktur bangunan tengah diminati masyarakat yang tertarik pada keindahan dan keunikan dalam mendesain sebuah rumah. Membuat rumah kontainer, dari peti kemas ukurannya  mudah digunakan, kontainer sangat sesuai untuk dijadikan sebagai rumah dan memiliki  daya tariknya tersendiri, yaitu  pada kesederhanaannya. Dengan membuat rumah kontainer, Anda mendapatkan ruangan dalam bentuk sepotong kotak, tapi  dapat ditumpuk bersama-sama, sehingga dapat membuat beberapa ruangan atau Anda juga dapat menggabungkannya dari beberapa kontainer tersebut menjadi ruangan yang lebih besar ,untuk menjadi sebuah rumah yang unik dan menarik.

Kontainer bekas biasanya hanya sebagai tumpukan sampah rongsokan yang tidak dapat di daur ulang. Namun sekarang dengan kreatifitas dan kecanggihan teknologi,  kontainer kini dapat dimanfaatkan menjadi sebuah hunian, yaitu dengan membuat rumah kontainer. Hal ini telah membuat kontainer bekas kini justru banyak diburu orang, bahkan di Indonesia sendiri, membuat rumah kontainer sudah semakin menjadi gaya yang modern. Ketika rumah minimalis sederhana sudah mulai banyak dimiliki orang, membuat rumah kontainer justru semakin dilirik sebagai alternatif jenis-jenis rumah tinggal karena terkesan unik dan berbeda. Untuk Anda dapat memperoleh sebuah kontainer, Anda dapat membelinya pada penyedia jasa penjualan maupun dari situs-situs online dengan beragam harga dan desain.

Portacamp

Berikut ini kami sampaikan beberapa langkah cara membuat rumah kontainer yang harus Anda ketahui, yaitu :

*Mentukan lokasi pembangunan membuat rumah kontainer.

Dalam membuat sebuah rumah, tentunya Anda akan membutuhkan sebidang tanah yang akan digunakan sebagai lahan pembangunan rumah tersebut. Sebelum proses pembangunan dilakukan, Anda harus merancang peletakkan instalasi di dalam rumah tersebut. Untuk itu, Anda dapat bekerja sama dengan arsitek atau desiner interior demi mendapatkan hasil yang baik dan aman.

 

*Menemukan kontainer yang cocok untuk membuat rumah kontainer .

Untuk mendapatkan kontainer yang berkualitas, Anda dapat membelinya melalui distributor-distributor terpercaya. Anda juga dapat memesannya melalui jasa kontraktor kontainer sekaligus membangun hunian untuk Anda. Pastikan, ukuran kontainer haruslah cocok dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

 

*Membangun struktur untuk membuat rumah kontainer.

Bahan kontainer yang telah Anda pilih sebaiknya diletakkan pada lahan yang memiliki permukaan datar dan tidak berundak. Karena bentuk permukaan lahan yang akan ditempati nantinya akan berpengaruh terhadap kestabilan kontainer itu sendiri. Setelah itu, pada bagian alas kontainer akan diberikan pondasi berupa cor beton.

 

*Membuat celah udara dalam membuat rumah kontainer.

Membuat celah udara sangat penting. Karena kontainer terbuat dari bahan yang mudah menyerap panas, oleh karena itu bukaan rumah untuk celah udara akan menjadi persoalan yang penting. Anda memerlukan asupan udara serta cahaya alami datang dari luar. Menentukan posisi celah udara pada kontainer tidak dapat dilakukan sembarangan. Anda dapat berkonsultasi dengan arsitek atau pun desainer interior untuk menentukan posisi mana yang paling tepat.

 

*Menentukan jumlah ruang dalam membuat rumah kontainer.

Dalam membuat rumah kontainer, ruang adalah salah satu penyusun dalam hunian. Jumlah ruang nantinya akan disesuaikan kembali kepada kebutuhan pribadi Anda. Anda dapat menciptakan ruang-ruang tersebut dengan memberikan sekat berupa dinding  dari bahan gypsum.

 

*Memeriksa ulang proses membuat rumah kontainer.

Periksa ulang kembali  semua proses pembuatan rumah, meski sudah selesai dilakukan bukan berarti kontainer langsung siap dihuni. Anda harus memastikan terlebih dahulu kekuatan struktur rumah tersebut dan apakah semua instalasi sudah terpasang dengan benar dan sebagainya. Jika memang sudah yakin, maka kontainer siap untuk dihuni.

 

Demikian beberapa langkah cara membuat rumah kontainer yang harus Anda ketahui. Semoga ulasan membuat rumah kontainer ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam membangun sebuah rumah minimalis yang unik,  menarik serta nyaman.

     
Tags Tutorial

About The Author

Nando Rifky 13
Novice

Nando Rifky

Profesional Blogger of Indonesia - Jasa Backlink Media Nasional, Murah & Terpercaya!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel