Apa Itu Software/Perangkat Lunak?

26 Oct 2020 08:15 134 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
perangkat lunak atau software sangat penting bagi jalannya sistem aplikasi pada komputer dan sangat penting bagi jalannya sistem pada Hardware

Apa Itu Software?

bagi kalian pengguna komputer mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata software dan kalian tentu sangat familiar dengan hardware dan software. Hal ini karena software dan hardware merupakan perngkat penting pada sistem kerja komputer.

nah yang akan kita bahas disini adalah Software/perangkat lunak ,bagi kalian yang belum tahu mengenai apa itu software? simak penjelasan berikut.

software adalah sekumpulan data elektronik yang tersimpan dan dikendalikan oleh perangkat komputer. Data elektronik tersebut meliputi instruksi atau program yang nantinya akan menjalankan perintah khusus. Perangkat lunak juga disebut sebagai bagian sistem dalam komputer yang tidak memiliki wujud fisik yang diinstal dalam sebuah komputer atau laptop agar bisa dioperasikan. Software merupakan istilah khusus untuk data yang di format dan disimpan secara digital ,termasuk program ,dokumentasi dan berbagai informasi yang bisa dibaca maupun ditulis oleh prrangkat komputer.

Software terdapat beberapa jenis jenis yang sangat penting. Berdasarkan Jenisnya softwarr dapat dibagi menjadi sistem operasi ,program aplikasi ,bahasa pemograman dan lain nya tergantung kegunaan nya ,yaitu:

1.  Sistem operasi atau yang sering disebut sebagai OS. OS ini sangat penting baik untuk komputer maupun handpone dan elektronik lainnya ,tanpa adanya OS? hardware tidak dapat dijalan kan. OS akan mengatur segala sesuatu yang terjadi di fslam Komputer dan menjadi platform untuk menjalankan aplikasi.

Ada beberapa macam OS yang penting untuk digunakan dalam sistem persngkat komputer seperti microsoft windows ,microsoft rxel ,LINUK ,UNIX ,Sublime Text dan lain lain. 

 

2. Bahasa pemrograman ,jenis software ini berfungsi untuk membrrikan instruksi yangbbrrguna untuk mendefinisikan program aplikasi komputer. Data yang digunakan nya berupa sintak dan semantik. Salah satu jenis bahasa pemograman yang biass dikenal adalah PHP ,HTML ,JavaScript ,CSS dan lain lain. Masih ada beberaoa software yang dibagi berdasarkan distribusinya yaitu ada adesre ,freeware, sharewere dan spyware. Software ini umumnya dibuat oleh perotsngan atau komunitas dengan lisensi GPL atau General Public Licence

 

3. Perangkat lunak berbayar ,jenis software ini mengharuskan penggunanya untuk mrmbayar dengan harga tertentu untuk bisa mrnggunakan perangkat lunak tersebut. Contoh software berbayar adalah Adobe photoshop ,Microsoft Office,Microsoft windows. dan lain lsinnya.

 

4. Perangkat Lunak Bebas ,ada juga nih jenis perangkat lunak yang bebas brrbayar namun pengguna harus membeli perangkat lunak terlebih dahulu setelah itu pengguna bebas untuk melakukan penggandaan ,modifikasi hingga distribusi. Contoh aplikasi yang termasuk dalam kategiru perangkat lunak bebas atau Freeware ini adalah Opera,Foxit Reader, GOM Player ,Dev C++ dan lain sebagainya.

 

5. Program Aplikasi ,jenis software ini adalah perangkat lunak yang keberadaan nya berguna untuk melakukan kegiatan khusus. Software ini berguna untuk melalukan suatu pemerintsh tertentu,sebut saha aplikasi program untuk menulis ,presentasi ,mengolah angka dan data statistik, dan sebagai nya. Salah satu jenis Aplikasi program untuk mengolah angka adalah Microsoft Excel,Kspread,open office dan masih banyak lagi. Sedangkan program aplikasi menulis ysitu microsoft word dan program aplikasi menggambar adalah Paint.

 

Fungsi Software sendiri ada beberapa fungsi yang sangat penting ,berikut penjelasannya:

1. Penerjemah suatu perintah software lainnya ke dalam bahasa mesin agar daoat dipahami oleh komputer.

2. Mengidentifikasi suatu program yang ada pada komputer.

3. Menyediakan fungsi dasar dari sebuah perangkat keras agar dapat dioperasikan. seperti ketersediaan distem operasi pada komputer.

4. Memproses data ,prrintah atau intruksi khsus agar pengguna dapat mengoperasikan komputernya sesuai dengan hasil yang ingin dicapai.

5. Sarana interaksi yang menghubungkan pengguna dengan perangkat kerasnya

Mungkin cukup sekian pembahasan yang dapat saya sampaikan ,semoga bermanfaat bagi para pembaca

Tags

About The Author

Alvito Nurkholik 15
Novice

Alvito Nurkholik

nama saya Alvito Nurkholik dari SMKN 4 BANDUNG ,saya berada di bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel