Perkembangan Telepon dari Dulu Hingga Sekarang

23 Oct 2020 14:36 131 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Telepon sangat berguna bagi manusia ,sehingga bisa berkomunikasi dengan orang jauh

Inilah ,Perkembangan telepon dari Masa ke Masa ,penasaran? simak penjelasan berikut.

Sebelum ke pembahasan, mari kita simak terlebih dahulu mengenai pengertian telepon

Telepon adalah pesawat dengan listrik dan kawat, untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya. Kebanyakan  telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Pada Zaman dulu ,telepon hanya berfungsi untuk berkomunikasi namun untuk saat ini ,banyak kegunaan atau fitur fitur yang sangat unik pada telepon ,contohnya game ,musik ,video dan lainnya.

Sebelum nya ,siapa sih penemu pertama telepon itu? bagi yang belum tahu ,penemu telepon pertama kali itu adalah Antonio Meucci ,dia berasal dari benua Eropa tepatnya di Negara Italia ,berkat jasa beliau? kita dapat berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh.

 

Perkembangan Telepon

Penemu telepon yaitu Antoni meucci memungkinkan komunikasi dalam bentuk suara terjadi antara dua orang, Telegraph hanya menggunakan sebuah kabel sebagai perantara.

Pengembangan terhadap telegraf dilanjutkan oleh Alexander Graham Bell melalui Bell Labs dari perusahaan the Bell pada tahun 1875. Sistem yang digunakannya untuk berkomunikasi memanfaatkan getaran multiple pada baja untuk memberikan jeda pada sikuit

Padamasa itu, alat komunikasi yang bisa menghubungkan orang antar benua sangat di tunggu oleh dunia dan mulai menjadi kebutuhan.

Tokoh lain yang diketahui berjasa dalam dunia komunikasi yaitu Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1928. Ia memulai karirnya selama 43 tahun di Laboratorium Telepon Bell ,khususnya dibidang Switching

Telepon Yang pertama kali dibuat oleh Alexander Graham Bell adalah Bell Telephone pada tahun 1876, produk tersebut merupakan Percobaan Laboratorium

AT&T pun merilis model akhir yaitu The Trimline pada tahun 1965, pada rancangan ini, tombol nomor disematkan langsung ke tleepon tersebut, sebelumnya , telepon biasanya diletakan di dapur karena menggunakan kabel yang panjang

Tahun 1980 ,menjadi era berakhirnya telepon dengan kabel ,dan pada tahun tersebut ,telepon tanpa kabel/telepon genggam mulai populer.

Telepon Genggam yang pertama kali dirilis adalah The Motorola DynaTAC pada tahun 1983 ,telepon tersebut bila dilihat tidak menggunakan kabel ,hanya memiliki antena namun ponsel ini justru sering muncul diberbagai iklan. 10 tahun setelahnya ,Motorola merilis kembali telepon Yakni StarTAC ,telepon ini tidak jauh persis melainkan telepon ini merupakan telepon genggam yang dapat digunakan secara Mobile.

Dalam Perjalanan Hingga Abad ke-21. telepon mengalami perubahan sangat signifikan jika dibandingkan pada saat telepon genggam pertama kali ditemukan.

Telepon di era modern bertranformasi menjadi sebuah perangkat pintar yang dapat menjadi solusi nagi para pengguna ,yakni Smartphone

Smartphonet tak lagi memiliki tombol fisik, hanya layar sentuh yang dilengkapi dengan tombol Virtual.Untuk berkomunikasti pun, orang-orang tak hanya bisa menelepon dan berkirim pesan, tetapi lewat internet. 

Sekian dari saya dan itulah perkembangan telepon dari zaman ke zaman ,mudah mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

Tags

About The Author

Alvito Nurkholik 15
Novice

Alvito Nurkholik

nama saya Alvito Nurkholik dari SMKN 4 BANDUNG ,saya berada di bidang Rekayasa Perangkat Lunak

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel