Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia

30 Sep 2020 13:10 4234 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
artikel ini bertema tentang teknologi dan berjudul perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di indonesia

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat cepat ditandai salah satunya oleh perkembangan alat komunikasi. Cepatnya perkembangan teknologi komunikasi ini dapat kita lihat melalui sejarah perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia. Perubahan ini jelas mempengaruhi  pola komunikasi dan hubungan yang kita lakukan dengan orang lain serta mempengaruhi kehidupan kita di bidang lainnya, misalnya dalam bidang pekerjaan,komunikasi bisnis ataupun komunikasi organisasi, pendidikan atau pembelajaran, kesehatan, komunikasi internasional, dan lain lain.

Revolusi teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi di seluruh dunia termasuk Indonesia telah mengubah pola komunikasi manusia ke dalam sebuah bentuk informasi kampung global.Berbagai teknologi baru seperti laser, serat optik, telepon, internet, dan perangkat telekomunikasi lainnya telah memasuki jaringan media komunikasi tertulis dan lisan dan hal itu tidak dapat dihindari. Bagimanakah perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia? mari kita lihat dibawah ini.

 

1. Telepon

Telepon adalah telekomunikasi perangkat yang memungkinkan dua atau lebih lengguna untuk melakukan percakapan ketika mereka terlalubjauh untuk didengar secara langsubgm Telepon mengubah suara,biasanya dan paling efisien suara manusia,menjadi sinyal elektronik yang dikirim melalui kabel dan saluran komunikasi lainnya ke telepon lain yang mereproduksi suara tersebut kepengguna penerima

Pada tanggal 16 Oktober 1882 jaringan telepon lokal pertama muncul di Indonesia yang menghubungkan wilayah Gambir dan Tanjung Priok dan secara cepat menyebar ke sebagian besar wilayah Indonesia. Dua tahun kemudian tepatnya tahun 1884, jaringan telepon lokal kemudian dibangun di Semarang dan Surabaya.

Pada tahun 1960an, Indonesia mengalami pembangunan jaringan telekomunikasi yang sangat pesat.  Saat itu, jaringan telepon menggunakan sistem batere lokal dan kawat tunggal yang terpasang di atas permukaan tanah. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan sistem batere loka perlahan-lahan diganti dengan menggunakan kabel yang ditanam jauh di bawah permukaan tanah agar tidak mengalami gangguan. Kawat tunggal kemudian diganti dengan kawat ganda.

Hingga tahun 2015, jumlah pelanggan telepon di Indonesia yang menggunakan teknologi telekomunikasi dengan kabel mencapai 10.378.037 pengguna.

 

2. Telepon Genggam

Telepon genggam  atau telepon seluler disingkat Ponselatau handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap ,tetapi dapat dibawa kemana mana atau Portable.

Perkembangan telepon genggam adalah pager yang muncul sebelum masa reformasi. Jumlah pelanggan pager pada saat itu mencapai 800.000 pengguna dan terus mengalami penurunan seiring dengan mulai berkembangnya teknologi telepon genggam.

Pada tahun 1993 mulai dikembangkan industri GSM di Indonesia dengan pilot project di pulau Batam dan Bintan. Decade ini ditandai dengan semakin banyaknya operator seluler di Indonesia seperti Satelindo, Telkomsel, dan PT Excelcomindo Pratama.

Tiga tahun kemudian, teknologi CDMA mulai berkembang yang ditandai dengan kehadiran Flexi Telkom dan Esia. Kehadiran teknologi CDMA berdampak pada semakin meningkatnya jumlah pengguna telepon genggam di Indonesia karena handset dan tarif layanan yang murah.Jumlah pengguna telepon genggam di Indonesia hingga tahun 2015 adalah sebesar 338.948.340 pengguna. 

 

3.Radio

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik.Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa hdara ,karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut.

Radio siaran yang pertama yang didirikan di Indonesia adalah Bataviase Radio Vereniging atau BRV pada tanggal 16 Juli 1925 dan merupakan sejarah radio di indonesia. Kemudian disusul oleh berbagai stasiun radio swasta lainnya di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu stasiun radio terbesar saat itu yang mendapat subsidi dari pemerintah adalah NIROM atau . Tanggal 11 September 1945, dibentuk Radio Republik Indonesia oleh para pimpinan radio yang tergabung dalam Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran (PPRK). Di Indonesia, keberadaan radio diatur oleh pemerintah melalui sebuah Direktorat Jenderal Radio, Televisi, dan Film.

Radio siaran swasta di Indonesia mulai berkembang pada masa pemerintahan Orde Baru yang diatur dengan ketentuan peraturan pemerintah. 

 

4.Televisi 

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara ,baik itubyang monokrom (hitam putih) maupun berwarna.

Sejarah televisi di indonesia diawali pada tahun 1962 yang ditandai dengan disiarkannya dua peristiwa besar yaitu Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1962 di Jakarta dan upacara Pembukaan Asian Games IV tanggal 24 Agustus 1962 di Jakarta oleh TVRI, siaran TVRI dapat menjangkau wilayah Indonesia yang lebih luas dari sebelumnya. Seperti radio, keberadaan televisi diatur oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Radio, Televisi, dan Film.

Televisi swasta mulai berkembang di Indonesia pada akhir tahun 1980an yang ditandai dengan meningkatnya RCTI di pertelevisian Indonrsia. Kini, jumlah stasiun televisi di seluruh Indonesia mencapai 523 stasiun televisi baik lokal maupun nasional.

 

5. Satelit Komunikasi

Satelit Komunikasi adalah senuah satelit buatan yang ditetapkan di angkasa bertujuan untuk komunikasi. Satelit komunikasi modern menggunakan orbit Geosynchronous ,orbit molniya atau orbi Bumi rendah

Satelit Palapa A1 adalah satelit komunikasi domestik pertama yang diluncurkan oleh Indonesia pada tahun 1976. Peluncuran satelit Palapa A1 milik Perumtel ini sekaligus menandakan Indonesia sebagai negara ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Kanada yang memiliki satelit komunikasi domestik. Hingga tahun 2017, Indonesia telah meluncurkan lebih dari 15 satelit komunikasi dan yang paling mutakhir adalah peluncuran satelit komunikasi Telkom-3S yang dilakukan pada tanggal 15 Fabruari lalu.

 

6.Komputer

Komputer adalh alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.Kata Computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaan nya melakukan perhitungan dengan atau tanpa alat bantu ,tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

komputer mulai digunakan di Indonesia pada kisaran tahun 1967. Saat itu, terjadi peningkatan permintaan pemasangan dan penggunaan perangkat computer oleh instansi pemerintah.

Perkembangan komputer di Indonesia terus berlanjut dengan adanya Konferensi Komputer Wilayah Asia Tenggara yang digelar pada tanggal 21-24 Oktober 1980. Selain konferensi, Indonesia juga menggelar pameran dalam rangka mengenalkan berbagai perangkat komputer yang dipasarkan di Indonesia.

Pada tahun 1980an, perkembangan komputer di Indonesia ditandai dengan kehadiran komputer mini. Komputer mini memiliki sistem operasi sendiri dan dianggap sebagai sebuah komputer yang memiliki tingkat kerumitan tersendiri. Solusi dari permasalahan tersebut adalah munculnya sistem operasi baru yang diberi nama UNIX yaitu sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan berbagai jenis komputer.

Pada tahun 1990an, berbagai sistem operasi baru mulai tumbuh di Indonesia. Saat itu, berbagai komputer dengan prosesor mikro x86 besutan Intel Corporation mulai memenuhi pasar dan yang paling popular adalah Pentium II. pada tahun inilah komputer mulai aktif memasuki Indonesia

Selanjutnya pada tahun 2000an, computer terus mengalami perkembangan termasuk di Indonesia. Yang popular pada tahun ini adalah computer generasi Pentium III yang ditandai dengan diterapkannya stand CPU, memory RAM jenis SDRAM berukuran  64MB hingga 256MB dan dengan kecepatan 800Mhz – 1300Mhz. Adapun sistem operasi yang paling popular di Indonesia adalah sistem operasi Windows 98. Hingga kini, teknologi komputer di dunia terus berkembang dan hal ini juga berdampak pada perkembangan teknologi di Indonesia.

 

7.Internet

Internet adalah suatu jaringan komunikasiyang menghubungkan suatu media elektronik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Contron Protocol atau internet Protcol suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Internet juga pada dasarnya adalah suatu media yang dipakai untuk mengefesiensikan Proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam Whatsapp, Instagram ,facebook ,email dan lain lain.

Cikal bakal perkembangan internet di Indonesia sejatinya dimulai pada tahun 1984 dengan adanya kegiatan radio amatir di Amatir Radio Club ITB yang menggunakan pesawat radio pemancar Single Side Band atau SSB milik Harya Sudirapratama dan computer Apple II milik Onno W. Purbo. Di masa itulah mulai dibahas mengenai teknik membangun jaringan komputer dengan teknologi radio paket.

Perkembangan internet di Indonesia selanjutnya dimulai pada pertengahan 1990an oleh komunitas pengguna radio amatir yang disebut dengan PaguyubanNet atau Paguyuban Network. Komunitas tersebut terdiri dari M. Samsik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, Dan Onno W. Purbo.

 

8. Mesin Cetak

mesin cetak digunakan untuk membuat banyak salinan halaman yang identik. Kini digunakan untuk mencetak buku dan surat kabar,kini segalanya dilakukan secara otomatis. Saat mesin cetak ditemukan olej Johannes Gutenberg ,ia harus meletakkan huruf bersama sama. Tiap huruf ada di balok logam dalam sebuah bingkai. Lalu ia bisa memindahkan kertas dan tinta du atasnya,mirip seperti prangko.

Kemudian dua abad setelah mesin cetak ditemukan, tepatnya pada tahun 1688, pemerintah Hindia Belanda membawa masuk mesin cetak ke Indonesia. Tak lama setelah itu, terbitlah surat kabar tercetak pertama yang berisi berbagai ketentuan perjanjian antara pemerintah Hindia Belanda dengan Sultan Makassar. Penerbitan surat kabar pertama ini kemudian diikuti berbagai macam penerbitan lainnya seperti iklan yang umumnya ditujukan untuk membela atau membantu kepentingan pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia. Ini adalah cikal bakal media masa di Indonesia.

Nah ,demikianlah ulasan singkat mengenai perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia. Semoga mendapat wawasan dan edukasi kepada pembaca semua.

Tags

About The Author

Alvito Nurkholik 26
Novice

Alvito Nurkholik

nama saya Alvito Nurkholik dari SMKN 4 BANDUNG ,saya berada di bidang Rekayasa Perangkat Lunak
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel