Fitur atau Trik Tersembunyi di Windows

10 Sep 2020 12:55 418 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Mungkin banyak dari kalian yang berlum tau fitur tersembunyi ini, pengen tau? Yuk cari tau.

Windows merupakan sebuah sistem operasi desktop. Apakah anda sudah memakainya? Mungkin kebanyakan jawabannya adalah iya.

Tapi apakah anda sudah pernah memakai fitur atau trik yang menarik dari windows? Jika tidak maka anda harus membaca ini, dan inilah dia beberapa fitur atau trik di windows.

1. Bash Linux

Jika kamu memang sering mengikuti perkembangan tentang windows mungkin kamu sudah tau adanya fitur ini. Bash linux bisa kamu manfaat untuk keperluan seperti development dan kamu bisa mengunakan aplikasi linux yang kamu perlukan melalui command prompt langsung dari windows.

Untuk mengaktifkannya kamu bisa ke tab searching, ketikkan dan buka Turn Windows Features on or off. Kemudian Ceklis dibagian Windows Subsystem for Linux klik oke dan restart windows jika diminta. Setelah restart selesai buka setting lalu ke menu update & security, plih for developers di sidebar dan pilih developer mode. Lalu buka command prompt ketikan bash, jika diminta untuk menginstall silahkan install dan ikuti langkah nya sampai selesai. Ketika sudah selesai menginstall maka cukup ketikan bash dan akan langsung bisa menggunakan bash linux.

 

2. Tombol Show Dekstop

Ketika anda membuka banyak sekali tab dan ingin melihat desktop, biasanya hal yang anda lakukan adalah me-minimize atau meng-close tab nya satu persatu. Namun anda bisa melakukannya hanya dengan sekali klik saja yaitu dengan mengklik bagian bawah pojok kanan atau disebelah kanan menu notifikasi.

 

3. Screenshot Area

Di windows kamu bisa mengambil screenshot area tertentu hanya dengan menekan kombinasi tombol windows + shift + s dan silahkan select area yang kamu ingin screenshot.

 

4. Focus Windows

Ketika anda membuka banyak sekali tab lalu ingin fokus menampilkan satu tab saja, biasanya anda akan me-minimize atau meng-close tab yang tidak ingin ditampilkan satu persatu. Namun ada trik agar semua itu cukup 1 langkah saja yaitu cukup goyangkan saja tab yang ingin kamu fokuskan dan semua tab akan tertutup kecuali yang kamu goyangkan.

 

5. Split Screen

Fitur split screen ini mungkin banyak yang sudah tau, namun untuk yang belum tau, fitur split screen ini berguna untuk kamu yang sedang multitasking. Dimana dalam satu layar akan terbagi sesuai tab yang anda inginkan. Ya mirip-mirip seperti di smartphone lah. Caranya kalian cukup drag and drop tab nya ke pojok kiri atas atau kanan atas dan selesai.

 

6. All Windows Minimize

Fitur ini cukup sederhana dimana sesuai dengan namanya yaitu All Windows Minimize yang artinya fitur ini bisa me-minimize semua windows yang sedang terbuka secara instan. Caranya adalah dengan kombinasi tombol windows + M.

 

7. Shortcut dengan kombinasi tombol Windows

Mungkin beberapa shortcut ini bisa berguna untuk anda, antara lain.

Win + a = Membuka action center

Win + b = Menghidden icon

Win + d = Menyembunyikan workspace

Win + e = Membuka explorer

Win + f = membuka feedback

Win + g = Membuka tools untuk ngegame

Win + h = Speech recognition

Win + i = Windowos setting

Win + k = Wireless device

Win + l = Pergi ke halaman lockscreen

Win + m = Menampilkan destop

Win + n = Memilih icon awalan N

Win + p = Proyektor dll.

Win + q = Pencarian

Win + r = Run

Win + s = Untuk Seacrh

Win + t = Menggulir icon taskbar

Win + u = Pengaturan display

Win + v = Clipboard

Win + w = Workspace dll

Win + x = Sama dgn klik kanan logo win

 

Nah itulah beberapa trik atau fitur yang ada di windows. Silahkan anda coba siapa tau anda akan menjadi sering menggunakannya.

About The Author

Muhammad Iqbal 21
Novice

Muhammad Iqbal

#SkuyLiving

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel