Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Smartphone Saat Bermain Game

9 Sep 2020 10:30 2197 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apa saja faktornya? Cek aja yuk!

Bermain game, merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk senang-senang atau resfreshing ketika merasa bosan. Namun untuk bermain game, terutama dalam smartphone ada kalanya kinerjanya terbatas sesuai spek smartphone yang dimiliki.

Lalu apa sajakah faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah smartphone saat bermain game?

Tak bisa dipungkiri pada era globalisi saat ini banyak sekali bertebaran game online. Mungkin beberapa hp tidak bisa menjalankannya karena spek hp yang terbatas. Dan banyak para gamer beranggapan bahwa ram gede performa optimal. Anggapan itu tak sepenuhnya benar, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja hp saat menjalankan suatu game. Seperti yang sudah saya rangkum dibawah ini:

1. CPU (Central Processing Unit)

CPU sangat berperan penting dalam hal kinerja, karena CPU bisa dibilang juru dapur yang bertugas memasak semua jenis masakan. Namun, semakin banyak masakan yang harus dimasak oleh CPU, maka semakin lambat prosesnya. Jadi saat membuka banyak aplikasi, jangan heran jika smartphone jadi panas dan terasa lambat, karena dapur pacu kamu padat.

Snapdragon, Processor milik Apple, Exynos, MediaTek, Intel dan Kirin adalah beberapa nama CPU yang banyak digunakan smartphone. Dari semuanya, yang paling populer mampu menyajikan performa smartphone cepat adalah Snapdragon, Mediatek, Kirin dan Exynos.

 

2. RAM (Random-Access Memory)

RAM memang bukan segalanya, tapi RAM yang semakin besar jelas akan memberikan performa yang lebih baik. Soalnya, RAM bukan hanya untuk menjalankan aplikasi, tapi juga menampung aplikasi sistem.

Namun besarnya kapasitas sebuah RAM juga tidak menjamin kinerja yang powerfull sekali. maka dari itu selain kapasitas, pengoptimalan RAM juga sangat penting.

Seperti meja yang ditaruh beberapa buku, lalu kamu mebacanya secara bergantian. Tentu semakin besar meja semakin banyak pula buku yang kamu baca. Dan kecepatan bacamu tak terpengaruhi oleh meja yang besar tadi.

Jika ram smartphone mu tersedia setengah dari aslinya, mungkin sudah terpangkas oleh aplikasi sistem.

 

3. GPU (Graphics Processing Unit)

GPU ini bertugas untuk mengolah Grafik pada sebuah smartphone. Jenis GPU yang digunakan smartphone kamu, akan mempengaruhi seberapa cepat smartphone-mu mengelola gambar atau video, seperti foto dan main game. Smartphone dengan GPU Adreno dikenal lebih baik dibanding yang menggunakan Mali atau PowerVR.

Untuk GPU ini biasanya sudah include dengan CPU. Biasanya pasangan CPU dan GPU yang banyak ditemui adalah Snapdragon dengan Andreno, Mediatek dengan Mali.

 

4. Clock Speed

Kebanyakan orang tidak memperhatikan Clock Speed dan lebih cenderung memperhatikan RAM dan CPU. Padahal, clock speed ini juga mempengaruhi kecepatan smartphone.

Misal, prosesor Octa-core 1.0GHz VS prosesor Quad-core 2,5GHz lebih cepat mana? Jawabannya, Quad-core 2,5GHz. Karena itu artinya ada 4 inti prosesor yang masing-masing bekerja di kecepatan 2,5GHz; jika bekerja bersamaan maka akan dihasilkan clock speed 10GHz.

Maka dari itu Clock Speed dari sebuah processor sangat mempengaruhi kinerja sebuah smartphone.

 

5. UI (User Interface)

UI atau Tampilan Antarmuka dalam sebuah smartphone juga berpengaruh terhadap kinerja. Tampilan yang dijalankan smartphone kamu jelas mempengaruhi performanya. Misal MIUI milik Xioami itu lebih ringan dan cepat jika dibandingkan dengan Zen UI ASUS, tapi lebih boros RAM.

Tapi jika bosan dengan UI bawaan, pengguna smartphone Android bisa dengan mudah mengubahnya menggunakan berbagai aplikasi launcher yang tersedia di playstore. Selain mempengaruhi kecepatan, launcher juga bisa mempengaruhi baterai smartphone.

Nah menurut saya UI yang paling enak itu ONE UI milik samsung, karena ya smooth aja performa nya untuk android. Namun IOS tetap yang terbaik kayaknya.

 

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah smartphone saat main game.

About The Author

Muhammad Iqbal 24
Novice

Muhammad Iqbal

#SkuyLiving

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel