Kebiasaan Buruk yang Membuat Laptopmu Cepet Rusak

7 Sep 2020 17:25 1352 Hits 2 Comments Approved by Plimbi
Hayooo kebiasan burukmu apa?

Laptop menjadi salah satu alat yang sering digunakan dimasa sekarang, karena dapat membantu mengerjakan pekerjaan. Namun makin lama laptop anda terasa lemot, berat saat menjalankan sebuah aplikasi, dll. Itu karena anda tidak menjaga performa dari laptop anda.

Nah bagaimana cara menjaganya? Anda cukup jangan lalukan kebiasan-kebiasaan sebagai berikut.

 

1. Menutup laptop saat masih hidup

Menutup laptop saat keadaan masih menyala seperti ini, tentunya akan mengurangi usia dan menurunkan perfroma laptop kamu secara perlahan. Kalau perlu saat setelah di shutdown lebih baik tunggu beberapa saat agar hawa panas bisa tersalurkan dulu secara stabil.

Oh iya satu lagi saran yaitu penggunakan mode sleep pada laptop. Penggunaan mode sleep pada laptop bukanlah solusi, karena mode sleep hanya menyetting laptop kalian untuk tetap siaga, jadi beberapa sistem didalamnya masih ada yang bekerja. Namun kalo mengaktifkan mode sleep semisal pada saat jam istirahat, itu gak apa-apa.

 

2. Pengisian daya yang salah

Jangan biarkan batre sampai habis dan jangan lakukan pengisian dengan sisa daya batre diatas 30%. Ada baiknya melalakukan pengisian batre itu pada saat munculnya notifikasi pengisian batre atau sekitar 10% an.

Kebiasaan buruk itu dapat mempengaruhi kemampuan penyimpanan daya jadi menurun bahkan bisa sampai drop. Ngomong-ngomong masih ada yang suka lalai saat melakukan pengisian batre. Langkah yang benar adalah colokan dulu kabel atau colokan ke listrik dulu baru hubungkan ke laptop kalian, bukan ke laptop dulu baru ke listrik. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada Motherboard nya.

 

3. Memasang atau mencabut komponen eksternal secara paksa

Kebiasaan ini sering kali diabaikan apalagi ketika anda terburu-buru. Cara yang baik adalah mencabut dengan perlahan seperti digoyang-goyang sampai tercabut. Jika kalian sering melakukan kebiasaan itu, akibatnya port perangkat eksternal itu akan longgar dan sulit membaca perangkat tersebut.

Jika terasa keras maka kalau mencabut, cabut dengan kuat kearah yang lurus atau tekan laptop sebagai tumpuan.

 

4. Menggunakan laptop di kasur, Sofa atau diatas pangkuan

Memang terasa nyaman posisi menggunakan laptop seperti itu, namun posisi seperti itu dapat menyebabkan terhambatnya aliran udara dibawah laptop, sehingga laptop kalian akan menjadi lebih cepat panas. Selain itu debu-debu disekitar pun beresiko bisa masuk ke dalam laptop.

Maka dari itu disarankan gunakan laptop ditempat terbuka untuk menjaga sirkulasi udaranya. Selain itu hindari membawa makanan atau minuman dekat dengan laptop, karena beresiko bisa tumpah dan masuk ke komponen laptop, meskipun sudah bersertifikasi tahan air tetap saja lebih baik dihindar. Tips nya ketika ingin membawa makanan atau minuman adalah menjaga jarak.

 

5. Jarang membersihkan laptop

Kebiasaan ini mungkin yang paling sering dilakukan, karena memang butuh waktu, namun dengan membersihkannya, kinerja dari sebuah laptop tidak akan terganggu dan terjaga. Bahkan debu-debu pun bisa mempengaruhi kinerja laptop kalian.

Area yang diutamakan untuk dibersihkan adalah, bagian layar dan bagian keyboard karena rentan sekali dengan debu. Untuk itu disarankan, membersihkan laptop setiap sebelum dan setelah digunakan dengan lap yang halus, bersihkan secara perlahan.

 

Mau apapun laptop nya, mau semahal dan secanggih apapun laptonya, kalau gak dijaga dengan baik hasil nya tetap sama yaitu akan mudah rusak. Maka dari itu sangat disarankan sekali untuk menjaga laptop. Nah mungkin itu saja tips nya, semoga bermanfaat buat kalian.

About The Author

Muhammad Iqbal 27
Novice

Muhammad Iqbal

#SkuyLiving
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel