Cara Hosting Web Menggunakan FTP

28 Aug 2020 07:50 1031 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Hanya cukup dengan dua langkah saja.

Didalam dunia pemrograman web jika kamu sudah selesai membuat project langkah selanjutnya yaitu upload project kamu ke web hosting sehingga semua orang di seluruh dunia bisa membuka web yang sudah kamu buat.

Untuk web hosting juga ada yang berbayar dan ada yang gratis.Untuk yang berbayar ada yang bayar peminggu,perbulan,bahkan setahun. Gambarannya seperti kamu sewa kosan jadi untuk tetap bisa tinggal disana kamu harus bayar perbulan atau pertahun,jika kamu belum membayar uang sewaan kamu bisa diusir.Di web juga sama jika kamu tidak membayar sesuai dengan waktu yang ditentukan maka web yang telah kamu hosting otomatis tidak bisa dibuka.Tentunya yang berbayar pasti memiliki kelebihan daripada yang gratis seperti bisa custom domain dan juga storage lebih besar.untuk yang gratis juga tentu tidak semua web hosting menyediakan hosting gratis untuk selamanya ada yang gratis selama beberapa bulan atau satu tahun dan bila tidak membayar maka konsekuensi nya sama yaitu web kamu tidak bisa dibuka.

Untuk tutorial kali ini bila kamu hanya ingin mencoba saya sarankan kamu memakai web hosting gratis saja.

Untuk upload project kamu ke web hosting ada dua cara yaitu dengan cara cpanel dan ftp.Dan untuk artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara upload project kamu ke web hosting menggunakan metode ftp.

Langkah pertama kamu harus buat dulu akun web hosting kamu banyak situs yang menyediakan hosting gratis seperti Hostinger,Zyro,000Webhost, dan masih banyak website yang memberikan layanan hosting gratis.

Jika kamui sudah membuat akun hosting langkah selanjutnya yang harus dilakukan agar kamu bisa upload project kamu ke web hosting kamu harus menginstal software ftp terlebih dahulu ada banyak software ftp untuk bisa kamu gunakan namun dalam tutorial kali ini saya akan menggunakan software yang bernama filezilla karena software ini mudah digunakan bagi pemula dan saya juga merekomendasikan kamu untuk memakai software ini juga.

Jadi kamu haru download dulu filezilla dari website resminya dan untuk instalasi software sama seperti instalasi software biasa.Jika sudah terinstal kamu buka aplikasi tersebut lalu ikuti langkah langkah dibawah ini 

1.Melakukan koneksi

Untuk melakukan koneksi di filezilla pada connection bar diatas kamu bisa melihat kolom adress,user,password, dan port.

Untuk mengisi kolom adress kamu isikan dengan nama domain kamu.Untuk user dan password bisa di isi dengan username dan password cpanel kamu.Dan untuk port bisa kamu kosongkan karena secara default filezilla sudah otomatis mengisikan 21 yaitu port untuk ftp.Jika sudah klik tombol quickconnect dan jika di kolom log ada pemberitahuan logged in  berarti kamu sudah berhasil terkoneksi.Jika sudah berhasil terkoneksi maka kamu tinggal lanjut langkah kedua.

 

2.Upload project

Pertama tama kamu harus masuk dulu ke dalam folder public_html karena folder tersebut nantinya merupakan tempat file file kamu akan ditampikan.Lalu kamu bisa pilih satu persatu file atau CTRL+A untuk menseleksi semua file atau folder lalu klik kanan lalu pilih upload dan kamu bisa melihat panel successful transfers itu berarti file yang kamu pilih tadi sudah berhasil terupload.

Jka proses upload sudah selesain maka langkah selanjutnya kamu matikan koneksi dengan cara klik tombol disconnect from server.

Itulah tutorial bagaimana cara upload project kamu ke web hosting menggunakan metode ftp.

Tags

About The Author

gustopa 31
Ordinary

gustopa

baik dan tidak sombong
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel