Pahami Tanda-Tanda Menstruasi pada Anak

15 Apr 2020 19:15 515 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Menstruasi adalah sebuah siklus alami yang terjadi di dalam tubuh wanita dan erat hubungan nya dengan sistem reproduksi. Sedangkan secara biologis menstruasi adalah keluar nya darah dari dalam rahim karena sel telur yang ada didalam nya sudah matang tapi tidak terjadi pembuahan.

Pahami Tanda-Tanda Menstruasi pada Anak

Sebagian anak yang baru pertama kali mengalami menstruasi, biasa nya tidak menyadari ada nya tanda tanda menstruasi, karena memang terkadang tidak menimbulkan gejala yang cukup signifikan. Tapi sebagai ibu mungkin bisa memberitahu kan mengenai tanda umum yang sering muncul agar anak tidak kaget.

 

Tanda tanda Menstruasi pada anak

Memang tidak mungkin untuk bisa memperkirakan secara tepat kapan anak gadis akan mengalami periode menstruasi pertamanya. Tapi secara umum ada beberapa tanda tanda menstruasi pada anak yang bisa di prediksi kapan terjadi nya, yaitu dengan melihat dari ciri-ciri berikut in:

1. Usia yang cukup

Biasanya anak gadis akan mengalami haid pertamanya pada usia yang sudah memasuki masa puberitas atau sekitar umur 8 sampai 15 tahun. Setiap anak pasti akan berbeda karena berkaitan langsung pada kematangan fisik dan hormonnya. Jadi tidak bijak jika Anda membanding-bandingkan hal ini antara anak satu dengan anak lainnya.

Masa awal siklus haid pada anak di dalam dunia medis disebut dengan menarche. Siklus pertama ini sangat dipengaruhi oleh faktor gen, oleh karenanya hal ini tak bisa di majukan atau di perlambat

 

2. Pertumbuhan dari payudara

Tanda tanda menstruasi pada anak yang selanjutnya adalah terjadi nya perubahan pada fisik anak tersebut. Jika awal nya tubuh anak sebelum memasuki masa pubertas terlihat kecil dan mungil, tapi ketika masuk masa pubertas tubuhnya akan mulai mengalami perubahan.

Hal yang cukup menonjol adalah perubahan pada bagian payudaranya yang mulai tumbuh sedikit demi sedikit. Terkadang dibarengi dengan rasa agak nyeri dibagian payudara tersebut. Perubahan payudara pada setiap anak pastinya berbeda-beda dan hal ini sangat normal terjadi.

 

3. Mulai tumbuh bulu

Selain perubahan pada bagian payudara, anak gadis yang akan mengalami masa haid pertama juga akan mengalami perubahan pada bagian tubuh lainnya, seperti tumbuhnya bulu bulu halus di bagian ketiak dan bagian kewanitaan nya, bahkan ada juga yang tumbuh di bagian kaki. Banyak tidak nya jumlah bulu yang muncul setiap gadis berbeda-beda.

 

4. Terjadi perubahan fisik pada anak

Seperti yang dijelaskan sebelum nya bahwa tubuh anak akan mengalami perubahan sedikit demi sedikit di bagian payudaranya. Gadis yang akan mengalami siklus haid pertamanya juga akan mengalami perubahan pada bentuk fisik atau tubuhnya, seperti ukuran pinggulnya yang terlihat semakin besar dan terlihat lebih tinggi, bagian bokong yang tampak lebar dan sebagainya.

 

5. Sering mengeluh sakit

Saat menjelang memasuki masa menstruasi, anak gadis biasanya akan mulai mengalami rasa sakit dan kembung di bagian perut nya. Selain itu bagian payudaranya juga akan terasa lebih sakit jika disentuh dan agak bengkak. Pada beberapa anak bahkan ada yang mengalami sakit kepala mau pun mulai muncul jerawat di wajah nya.

 

6. Keluar cairan dari vagina nya

Tanda tanda menstruasi pada anak berikut nya adalah ada nya cairan yang berwarna putih keluar dari vaginanya, jika sudah sampai tahapan ini berarti masa haid akan semakin dekat. Biasanya kurang lebih enam bulan an setelah cairan tersebut keluar, maka periode haid pertama seorang anak baru dimulai.

Hal ini wajar terjadi dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kecuali jika cairan yang dikeluarkan mempunyai bau yang kuat dan menimbulkan rasa gatal di bagian vagina. Jika hal itu terjadi sebaiknya langsung diperiksa ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

 

7. Lebih emosional

Menjelang periode pertama masa haid, biasa nya seorang anak akan menjadi lebih sensitif, emosi nya labil kadang naik kadang turun. Terkadang hati nya sangat lembut dan mudah menangis akan hal-hal yang kecil, tapi tiba-tiba juga bisa mudah marah dan tersinggung tanpa sebab yang jelas.

Dalam dunia kedokteran hal ini disebut sebagai Premestrual Syndrom (PMS), syndrom ini tidak hanya dialami pada periode pertama menstruasi, tapi setiap bulan saat mendekati masa menstruasi hal ini akan muncul kembali, dan ini normal terjadi.

Tags

About The Author

Faiz Dawami 14
Novice

Faiz Dawami

Gitu aja ...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel