Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

25 Apr 2020 15:35 2213 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jerawat merupakan hal yang sangat dibenci oleh remaja, pria maupun wanita sangat mencemaskan kedatangannya pada wajah.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Selain menjadi penganggu pada wajah dengan jerawat tentunya akan menyebabkan kurangnya percaya diri. Secara hormonal jerawat timbul pada kulit diusia remaja dan usia 17-25 tahun adalah masa yang rentan dan sensitive bagi timbulnya jerawat.

Sering juga jerawat menimbulkan bekas luka pada wajah sehingga mengurangi kehalusan kulit wajah dan tak jarang juga meninggalkan bekas jerawat yang banyak. Sehingga, menimbulkan flek hitam. Biasanya area yang banyak di serang oleh jerawat adalah area pipi, dahi dan dagu. Area rawan jerawat ini biasa disebut dengan area “T”. dikarenakan area tersebut banyak menghasilkan minyak dan mudah sekali kotor.

Berbagai macam obat-obatan modern menawarkan khasiat yang instant dalam menyembuhkan jerawat dan juga berbagai macam produk menawarkan khasiat sanggup menghilangkan noda bekas luka jerawat pada wajah. Tapi berhati-hatilah terkadang ketidak cocokan jenis kulit dengan obat tertentu juga dapat mengakibatkan semakin banyaknya jerawat. Nah, tahukah Anda bahwa ada cara alami untuk kita agar dapat menghilangkan noda jerawat sekaligus mencegah timbulnya jerawat pada wajah kita. Cara alami ini memang agak merepotkan, akan tetapi sangat efektif dalam membasmi jerawat dan menghilangkan bekas luka akibat jerawat hanya dalam waktu 3 hari saja. Mari kita simak beberapa tips berikut ini:

 

Buah Tomat

Siapa menyangka bahwa buah tomat mempunyai khasiat untuk menghilangkan luka akibat jerawat. Seperti diketahui bahwa tomat mengandung vitamin E dan C, tomat juga mempunyai kandungan vitamin B kompleks yang akan berperan menghilangkan luka pada jerawat.

Untuk menggunakan tomat sebagai penghilang ampuh jerawat caranya mudah saja, dengan mengiris tipis tomat dan menempelkan pada luka akibat jerawat selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan secara rutin selama tiga hari berturut-turut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang mengandung vitamin C dengan jumlah kandungan cukup tinggi, dengan rasanya yang kecut. Pada jeruk nipis fungsi vitamin C dapat membantu merangsang kulit untuk memproduksi kolagen sehingga dapat menghaluskan kulit dan menyamarkan bekas luka pada wajah. Selain itu vitamin C dan kandungan lain pada jeruk nipis dapat berfungsi sebagai bleaching yang berfungsi mencerahkan wajah dan menyamarkan bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat pada wajah.

Caranya cukup mudah ambil satu buah jeruk nipis dan peras pada wadah atau mangkuk kecil. Kemudian oleskan ke bagian bekas luka jerawat dengan kapas. Biarkan sekitar 30 menit dan setelah 30 menit kemudian bersihkan dengan air hingga bersih. Lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Kentang

Tentunya kita mengenal kentang hanya sebagai makanan ringan di kebanyakan restoran siap saji sebagai pengganti nasi. Atau juga kita sering membeli kentang dalam bentuk camilan berupa keripik. Tapi ternyata kentang mempunyai khasiat yang cukup baik bagi kulit wajah. Kentang mengandung vitamin C yang dapat memicu kandungan kolagen pada kulit sehingga membuat kulit lebih halus. Selain itu vitamin B yang terkandung di dalam kentang juga mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah sehingga dapat diandalkan untuk menghilangkan belas luka hitam yang membandel pada wajah.

Caranya mudah saja, kupas sampai bersih kentang yang akan kita gunakan untuk menghilangkan luka pada wajah. Hancurkan sampai lembut untuk kemudian tempelkan pada luka yang ada pada wajah. Diamkan beberapa menit selama kurang lebih 20-25menit. setelah itu bersihkan dengan air bersih. Lakukan secara rutin dan berkala untuk hasil yang maksimal.

 

Buah Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi hampir sama dengan jeruk nipis. Kandungan vitamin C dalam lemon inilah yang memicu produksi kolagen pada kulit sehingga dapat mempercepat proses menghaluskan kulit. Selain itu kandungan asam sitrat pada lemon dapat berfungsi mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah sehingga menyamarkan noda hitam pada kulit.

Caranya dengan memeras satu atau setengah buah lemon dan gunakan perasan air lemon tadi sebagai masker pada wajah. Utamakan pada wajah yang banyak timbul luka akibat jerawat. Diamkan selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan dengan rutin agar hasil maksimal.

 

Daun Sirih

Kandungan pada daun sirih memang sudah banyak yang telah teruji secara klinis, salah satu kandungan daun sirih yang dapat mencegah dan menghilangkan luka jerawat pada wajah adalah betlephenol dan chavicol yang mampu membunuh bakteri yang mengakibatkan jerawat dan sekaligus mencegah jerawat datang kembali.

Untuk menggunakan daun sirih sebagai perawatan atau penghilang luka pada jerawat adalah dengan merebusnya pada air dan menggunakan air tersebut sebagai pembasuh wajah. Lakukan dengan rutin agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Kunyit

Tanaman rempah -rempah berikut ini sudah tidak asing lagi bagi kita terutama kaum hawa. Tanaman ini mempunyai banyak khasiat bagi tubuh kita, termasuk khasiat yang dapat menghilangkan bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat. Kandungan kurkumin pada kunyit inilah yang akan menghilangkan bekas luka pada jerawat. Selain itu kunyit juga merupakan astringent alami yang mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah, sehingga dapat menghilangkan noda pada wajah akibat jerawat.

Caranya cukup mudah dengan menghancurkan kunyit dengan ditumbuk sampai halus. Campurkan sedikit air. Gunakan sebagai masker wajah campuran air dan kunyit tadi. Atau juga dapat dioleskan hanya pada luka bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit atau 20 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

 

Kulit Pisang

Kita akan membuang kulit pisang apabila kita akan memakan daging pisangnya, mulai sekarang kulit pisang janganlah Anda buang. Gunakan sebagai obat untuk menghilangkan luka bekas jerawat. Ternyata kulit pisang mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk membantu meremajakan kulit. Selain itu kulit pisang juga mempunyai sifat eksfoliate yang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah. Sehingga dapat mengangkat sel kulit mati.

Caranya cukup mudah hanya dengan menempelkan kulit pisang pada wajah atau pada luka yang diakibatkan jerawat. Diamkan selama 25 menit dan selanjutnya bilas dengan air hingga bersih. Mudah bukan, dan tidak terbayangkan oleh kita bahwa kulit pisang dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat.

 

Jagung Muda

Jagung juga seringkali kita mengenalnya sebagai makanan ringan yang sering kita konsumsi sebagai teman nongkrong atau bahkan sebagai makanan pada perayaan tahun baru. Ternyata kandungan jagung mempunyai kandungan yang cukup bagus bagi kesehatan kulit dan membantu menghilangkan bekas luka. Jagung juga biasanya digunakan untuk penderita cacar air agar kulitnya dapat kembali sempurna dengan menghilangkan bekas noda akibat cacar air. Caranya cukup mudah, kupas jagung dan lepaskan butiran jagung pada wadah tertentu. Gunakan secukupnya, dan haluskan dengan menumbuknya. Gunakan tumbukan jagung tersebut untuk kulit wajah yang terkena luka akibat jerawat. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hingga bersih setelahnya.

 

Madu

Kandungan madu bagi wajah sudah bukan menjadi sebuah rahasia. Selain berkhasiat bagi tubuh madu ternyata juga mempunyai khasiat sebagai penghilang noda bagi kulit. Caranya cukup mudah sekali hanya mengoleskan madu pada wajah yang terdapat luka akibat jerawat dan membiarkannya dengan selang waktu sekitar 25 menit atau lebih. Kemudian bersihkan dengan air seperti biasa. Mudah bukan, silahkan Anda mencobanya.

 

Mentimun

Kandungan air pada mentimun dan fungsi mentimun sebagai astringent yang mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah akan membantu menghilangkan noda pada wajah. Timun juga mengandung silika yang berfungsi menyegarkan kulit sehingga membantu proses peremajaan pada kulit. Untuk menggunakan mentimun sebagai penghilang noda pada kulit wajah yang diakibatkan jerawat cukup mudah. Hanya dengan mengiris tipis mentimun dan menempelkannya pada area bekas luka jerawat. Diamkan sampai dengan 1 jam dan kemudian angkat dan bilas.

 

Bawang Putih

Bawang putih mempunyai kandungan sulfur yang diberi nama thriacemonon. Kandungan sulfur inilah yang dapat berfungsi mengangkat sel kulit mati sehingga membantu menghilangkan luka jerawat yang membandel. Namun Karena aromanya yang kurang begitu bersahabat banyak yang enggan menggunakan bawang putih sebagai ramuan penghilang luka.

 

Mencuci wajah secara rutin juga akan sangat membantu menghilangkan kotoran pada wajah dan sekaligus membantu proses pengkaburan noda pada wajah yang diakibatkan jerawat.

Padukan beberapa cara alami untuk menghilangkan noda jerawat dengan beberapa perubahan pada kebiasaan sehari-hari agar mencapai hasil yang maksimal

About The Author

Faiz Dawami 21
Novice

Faiz Dawami

Gitu aja ...

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel