Perbedaan Komik Cetak Dan Komik Online

2 Apr 2020 13:45 1191 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Saat ini, komik tak hanya tersedia secara cetak. Kini, telah tersedia pula komik yang bisa dibaca secara online. Baik komik cetak maupun online, masing-masing memiliki perbedaan tersendiri.

Saat ini, komik tak hanya tersedia secara cetak. Kini, telah tersedia pula komik yang bisa dibaca secara online. Baik komik cetak maupun online, masing-masing memiliki perbedaan. Perbedaan keduanya membuat masing-masing begitu khas.

Lantas, apa yang menjadi pembeda antara keduanya?

 

Komik Cetak

Komik cetak memiliki bentuk fisik yang nyata. Ini membuatmu bisa baca komik cetak sambil memegang bentuk fisiknya yang nyata. Dan bila kamu selesai membacanya, kamu bisa menyimpannya di tempat yang sudah disediakan. Bila perlu, kamu koleksi tiap seri dari komik tersebut.

Karena bentuk fisiknya yang nyata, kamu bisa memamerkan komik tersebut kepada temanmu yang belum membacanya. Atau, kepada sesama pecinta komik tersebut. Kamu pun juga bisa menjual komik tersebut bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Apalagi, jika komik cetak yang kamu punya adalah komik cetak yang langka. Komik cetak langka sendiri dihargai sangat tinggi oleh kolektor.

Sayangnya, bentuknya yang nyata membuat komik cetak rentan kena plagiat. Plagiasi atau komik bajak membuat industri komik cetak sulit berkembang. Tak hanya di Indonesia, di negara yang komiknya maju seperti Jepang pun juga mengalami hal yang sama.

Proses pembuatan komik cetak tergolong lama. Bisa sekitar 6 bulan bahkan bertahun-tahun. Ini membuat komik cetak tidak bisa kamu dapatkan langsung dalam waktu dekat. Apalagi, jika komik itu adalah komik berseri seperti One Piece atau Naruto.

 

Komik Online

Berbanding terbalik dengan komik cetak, komik online tidak mempunyai bentuk yang nyata. Ini membuatnya susah untuk baca komik online sambil menyentuh bentuknya. Kendati begitu, ada beberapa kelebihan dibalik jenis komik ini.

Pertama, komik online bisa dibaca kapan saja. Ini tak lepas dari kemudahan akses pada jenis komik ini. Kedua, komik online bisa kamu baca tanpa mengeluarkan biaya apa pun. Kalaupun harus bayar, biayanya tidak lebih mahal dibanding komik cetak.

Proses pembuatan komik online biasanya lebih cepat. Hal itu menyebabkan komik ini bisa didapatkan dalam waktu dekat.

 

Kesimpulannya Adalah

Dari paparan di atas, bisa disimpulkan kalau perbedaan baca komik cetak dan online adalah:

  • Komik cetak memiliki bentuk fisik yang nyata, sehingga kamu bisa membaca sambil memegang bentuk fisiknya. Sementara itu, komik online bisa diakses dengan mudah lewat ponselmu, sehingga bisa kamu baca kapan saja.
  • Karena memiliki bentuk fisik yang nyata, kamu pun bisa menyimpan dan mengoleksi komik cetak setelah selesai membacanya. Dan bila perlu, kamu jual saja komiknya ke kolektor. Hal itu tidak berlaku pada komik online.
  • Komik online bisa didapatkan secara mudah karena proses pembuatannya lebih cepat. Hal itu membuatmu bisa membacanya dalam waktu dekat. Sementara itu, komik cetak dibuat dalam waktu lama, sehingga kamu pun baru bisa mendapatkan dan membacanya beberapa waktu kemudian.

Sekian pembahasan artikel kali ini. Bila kamu punya pertanyaan soal dunia komik, mohon jangan pendam sendiri. Silakan kasih tahu saja kepada kami lewat kolom komentar.

Tags

About The Author

Ronald Koeswara 14
Novice

Ronald Koeswara

I will survive, i will revive i won't surrender, stay alive

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel