Tips Bekerja dari Rumah yang Nggak Ngebosenin

20 Mar 2020 12:45 1131 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Work From Home (Bekerja dari Rumah) menjadi salah satu cara untuk merealisasikan social distancing guna mencegah dan menekan penyebaran virus Corona (Covid-19) makin meluas.

Kebijakan Work From Home (WFH) di sejumlah perusahaan bagi para karyawannya disambut gembira di tengah ancaman wabah Corona yang siap menyergap siap pun, kapan pun dan dimana pun tanpa memandang usia, ras hingga agama.

Work From Home (Bekerja dari Rumah) menjadi salah satu cara untuk merealisasikan social distancing guna mencegah dan menekan penyebaran virus Corona (Covid-19) makin meluas.

Kuncinya adalah mengekang diri untuk tidak keluar dan tetap bekerja dari rumah ini sebaiknya memang benar-benar dilakukan, bukan lagi di tempat-tempat publik, seperti kafe atau restoran. Bagaimana pun selama WFH ini siapa pun wajib menjauhi tempat umum untuk mencegah penyebaran corona makin meluas.

Nah agar bisa bekerja dari rumah dengan tenang dan tidak gampang bosan, ada baiknya menerapkan strategi yang tepat. Berikut ini 5 tips bekerja di rumah yang bikin enjoy dan nggak ngebosenin:

 

1. Tetap Bangun Pagi

Jangan salah kaprah: Work From Home itu bukan libur. So, tetap bangun pagi. Bekerja dari rumah hanya beda lokasi. Kalau selama ini semua pekerjaan dikerjakan di kantor, saat ini pekerjaan diselesaikan di rumah. Oleh sebab itu, membuat jadwal yang jelas selama masa WFH ini penting untuk hasil yang maksimal. Jadwal juga membuat situasi kerja menjadi lebih teratur dan nggak ngebosenin karena sudah ada pekerjaan yang harus diselesaikan. Kendati demikian, jadwal yang dibuat tidak kaku-kaku amat karena khusus untuk WFH saat ini bebarengan dengan anak-anak yang kena kebijakan belajar di rumah. Gangguan demi gangguan pasti akan datang silih berganti. Namun demikian, dengan jadwal yang telah dibuat, setidaknya ada target yang harus dicapai.

 

2. Tetap Berpakaian Rapi

Tips yang satu ini mungkin bikit mengeryitkan dahi. Kerja di rumah tetep berpakaian rapi seperti saat ngantor? Benar. Berpakaian rapi layaknya di jam kerja (ngantor) bisa menjadi bahasa simbol untuk yang lainnya bahwa saat ini adalah jam kerja. Selain itu, bekerja dari rumah akan membuat kita melakukan pertemuan dengan beberapa rekan kerja atau klien secara online atau daring. Oleh sebab itu, tetap harus berpakaian rapi menjadi penting karena di saat yang demikian ini kita tetap menjadi "wakil" dari perusahaan, terutama saat melakukan pertemuan secara daring.

 

3. Sesekali Luangkan Waktu untuk Anak

Bagaimana pun kehadiran anggota keluarga di rumah tidak boleh diacuhkan begitu saja. Oleh sebab itu, sesekali bermain dan mendampingi anak-anak yang sedang tidak sekolah perlu dilakukan. Di saat WFH seperti ini siapa pun dituntut untuk menjadi lebih kreatif, terutama orangtua. Oleh sebab itu, agar bisa berkonsentrasi dengan baik saat bekerja dari rumah, pastikan anak-anak atau ponakan atau saudara kecil punya kegiatan edukasi yang bisa menghiburnya. Tak ada salahnya, kita memberikan mainan atau tontonan edukatif yang membuat mereka asyik sehingga tak mengganggu kita dalam bekerja. Atau memanfaatkan jam tidur siang anak adalah waktu terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan. Di waktu yang sepi dan tidak banyak gangguan itu, kita punya waktu untuk bisa berkonsentrasi dengan baik.

 

4. Kenali Waktu Produktif
Setiap orang memiliki jam produktifnya masing-masing. Mereka yang tidak mengenali waktu produktifnya dan bekerja di saat yang nggak produktif akan gampang didera kebosanan. So, kenali  secara umum, otak akan fresh pada saat pagi hari. Semakin siang dan sore, sudah terlalu banyak ide yang masuk dalam memori sehingga otak agak sedikit lelah sehingga produktivitas otomatis menurun. Kendati pagi hari menjadi waktu yang paling produktif bagi kebanyakan orang, tapi bagi mereka yang ternyata bisa produktif pada malam hari, tentu ini bisa didiskusikan dengan atasan. Bagaimana pun hasil akhir yang menjadi ukurannya.

 

5. Memanfaatkan Teknologi Modern

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa bekerja dari rumah (WFH) itu mudah. Ini tidak 100% benar. Ada banyak tantangan. Tapi bagaimana pun juga tantangan itu perlu ditaklukkan dengan peralatan modern. Oleh sebab itu, berinvestasi dalam teknologi misalnya dengan desktop, laptop, tablet atau telepon pintar canggih yang mendukung pekerjaan yang multitasking sangat diperlukan. Apalagi dengannya hiburan bisa dihasilkan, pun hiburan yang bakal bermanfaat untuk kemandirian keuangan, seperti di sela-sela pekerjaaan yang tetap ingin enjoy berinvestasi saham dari rumah. Teknologi modern yang bisa bikin enjoy di rumah diperlukan karena investasi saham pun kini sudah mudah dilakukan dari rumah dengan desktop, laptop, tablet atau telepon pintar, semisal di aplikasi IPOTGO milik IndoPremier, yang menawarkan transaksi jual-beli saham secara online tanpa terbatas ruang, waktu dan jarak. Investasi saham dengan teknologi modern mudah dilakukan dari rumah. Pun dalam komunikasi, teknologi modern sangat penting untuk memudahkan dan melancarkan pekerjaan.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 35
Ordinary

Johanes Sutanto

Pemula

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel