6 Teknologi yang Sedang Trending di 2020

5 Feb 2020 18:50 195 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
6 teknologi yang sedang trend di 2020. Cocok untuk dipelajari.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Perkembangan teknologi sangatlah cepat, bahkan jika kita tidak up-to-date selama satu tahun, kita akan tertinggal cukup jauh dari orang lain. Perkembangan teknologi yang cepat ini membawa dampak positif dan juga negatif.

Perkembangan teknologi ini juga berpengaruh ke berbagai sektor, dari mulai karir, pendidikan, dan sector-sektor lainnya.

Lalu apa saja teknologi yang sedang trending di 2020 ini ? Yuk simak dibawah ini.

 

1. Artificial Intelligence (AI)

Bagi kalian penikmat terminator pastinya sudah tidak asing lagi dengan teknologi yang satu ini. Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu teknologi yang sedang naik daun pada tahun 2020 ini. AI bisa digunakan di berbagai macam bidang, baik dalam bidang otomotif, keamanan, dan lain-lain.

Autonomous Driving adalah salah satu contoh dari penerapan AI di bidang otomotif. Salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi ini adalah Tesla, Alphabet, dan Waymo.

Selain Autonomous Driving, masih ada banyak sekali pengaplikasian dari AI yang dapat membantu kehidupan sehari-hari. Seperti Delivery Drone, AI security, Siri dari Apple, dan robot manusia Sophia dari Hanson Robotics.

 

2. 5G Network

Telekomunikasi menjadi salah satu hal yang penting di zaman ini. Dan semakin cepat sebuah koneksi dapat meningkatkan produktifitas dari suatu instansi. Oleh karena itu, teknologi ini berperan penting untuk mendukung teknologi-teknologi yang akan datang di masa depan.

Huawei berpendapat bahwa teknologi ini akan hadir sekitar tahun 2020 hingga 2030. Teknologi ini diperkirakan akan mendukung 100 Miliar perangkat dengan kecepatan 10 Gb/s. Namun kemungkinan teknologi ini akan membutuhkan waktu cukup lama untuk hadir ke Indonesia setelah kemunculannya.

 

3. Empowered Edge

Permasalahan koneksi yang tidak stabil saat ini menjadi perhatian utama bagi para pelaku industri. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah teknologi yang disebut Edge Computing.

Edge Computing adalah sebuah topologi dalam komputasi yang akan memproses informasi, mengkoleksi konten dan pengiriman didekatkan dengan sumber repositori dan pelanggan. Hal ini bisa mempengaruhi response time dan menghemat bandwith.

 

4. Human Augmentation

Bagi kalian penikmat film pasti sudah tidak akan asing lagi dengan manusia robot yang disebut Cyborg atau manusia hasil eksperimen genetika yang disebut Mutant. Mungkin kita berfikir hal itu adalah sebuah hal yang mustahil, namun kenyataanya saat ini sudah banyak perusahaan yang mulai menggarap hal ini.

Human Augmentation bisa diartikan dengan ‘mengupgrade’ manusia, baik itu dari kemampuan fisik maupun kognitif. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menanam sebuah alat didalam tubuh atau memasang perangkat yang bisa dipakai di bagian tubuh tertentu, kemudian alat ini akan mengakses dan memanfaatkan informasi dari server.

 

5. Distributed Cloud

Setelah Cloud Computing yang kini sudah banyak diimplementasikan oleh para pelaku industri di dunia. Kini Distributed Cloud mulai menjadi teknologi yang popular. Distributed Cloud membantu untuk mendistribusikan server di beberapa lokasi untuk mengatasi masalah kecepatan koneksi.

Cloud dibagi menjadi beberapa cloud services yang disebarkan kebeberapa lokasi. Sedangkan penyedia layanan Cloud akan bertanggung jawab untuk operasional, mengontrol, dan memperbarui services yang sudah disebarkan.

 

6. Practical Blockchain

Sejak kemunculan Bitcoin yang menggunakan teknologi Blockchain, membuat teknologi ini semakin populer. Sekarang blockchain sedang dikembangkan karena memiliki potensi untuk mentransformasi industry dengan menyediakan kredibilitas, transparansi, dan memungkinkan pertukaran melalui berbagai ekosistem bisnis, mengurangi biaya, dan juga bisa menaikan cash flow.

Tags Teknologi

About The Author

Daffa Juliano 19
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel