Apa itu Xamarin dan Apa Kelebihannya?

27 Feb 2020 11:15 607 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Mari mengenal Xamarin dan mengetahui apa kehebatannya bagi para pengembang software.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Dalam pengembangan aplikasi mobile, baik itu android atau iOS, ada banyak sekali framework yang bisa digunakan, salah satu diantaranya adalah Xamarin.

Xamarin adalah sebuah software untuk mengembangkan aplikasi android, iOS dan windows phone. Pada awalnya Xamarin ini merupakan besutan dari Xamarin Inc. Namun kemudian dibeli dan dikembangkan oleh Microsoft.

Pada awalnya Xamarin kurang populer, karena tools nya sendiri lebih susah digunakan dibandingkan Android Studio dan XCode. Namun setelah dibeli oleh Microsoft, Xamarin ini mulai populer. Xamarin mempunyai ide yaitu Visual Studio, dan untuk mengembangkan aplikasi mobile menggunakan bahasa C#. Pihak Xamarin sendiri, mengklaim bahwa performa aplikasi yang dibuat akan sebaik aplikasi native dari Android dan iOS.

 

Sejarah Xamarin

Xamarin pertamakali dipublikasikan pada tanggal 16 Mei 2011. Pada awalnya Xamarin memiliki nama Mono dengan dua produknya yaitu Mono Touch dan Mono for Android. Mono Touch merupakan sebuah software untuk mengembangkan aplikasi iOS menggunakan C#.

Kemudian pada tahun 2012, Xamarin meluncurkan Xamarin Mac. Yaitu sebuah plugin untuk MonoDevelop IDE yang memungkinkan untuk membuat aplikasi MacOS dengan menggunakan Bahasa C#.

Akhirnya pada tahun 2016, Xamarin resmi diakuisisi oleh Microsoft. Microsoft sendiri diketahui menghabiskan sekitar $400 - $500 juta dollar untuk membeli Xamarin.

Setelah dibeli oleh Microsoft, Xamarin SDK akan menjadi open-source dan akan di bundle menjadi tools gratis pada IDE Visual Studio.

 

Produk Xamarin

Saat ini Xamarin mempunyai tiga produk yang dapat kita pilih, yaitu:

1. Xamarin For iOS, produk ini digunakan untuk membuat aplikasi iOS.

2. Xamarin For Android, produk ini digunakan untuk membuat aplikasi Android.

3. Xamarin Form, dengan produk ini, para pengembang bisa membuat satu UI untuk digunakan pada platform yang berbeda.

4. Xamarin Test Cloud, produk ini digunakan untuk melakukan testing aplikasi mobile yang dilakukan secara online.

5. Xamarin Mac, produk ini memungkinkan para developer untuk mengembangkan aplikasi MacOS menggunakan C# dan bisa di upload di Mac App Store.

Jika anda menggunakan Xamarin for iOS atau Android, anda hanya bisa menggunakan komponen yang dibuat dari salah satu project untuk digunakan pada project yang lainnya. Namun hanya terbatas pada komponen selain komponen UI, karena pada Xamarin for iOS dan Xamarin for Android masih menggunakan UI sesuai dengan platform tersebut.

Namun pada Xamarin form yang merupakan teknologi yang bisa dibilang masih baru, anda dapat menggunakan komponen UI pada platform yang berbeda. Dengan menggunakan Xamarin Form, pada developer bisa membuat aplikasi untuk berbagai platform. Untuk membuat UI, Xamarin Form menggunakan format XAML (eXtensible Application Markup Language).

 

Kelebihan Xamarin

Xamarin mempunyai banyak kelebihan sehingga menjadi pilihan bagi para developer untuk mengembangkan aplikasi mereka. Fitur yang menjadi kelebihan Xamarin diantaranya adalah:

1. Cross-Platform

Tidak seperti tools cross-platform lainnya, Xamarin ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi untuk banyak platform. Platform tersebut diantaranya adalah iOS, Android, Mac dan Windows.

2. Native UI and performance

Dengan Xamarin, para pengembang dapat mengembangkan aplikasi dengan waktu yang lebih singkat, namun dengan performa yang sama.

3. IDE yang powerful

IDE dari Xamarin yaitu Visual Studio, menyediakan berbagai fitur yang tidak kalah dengan IDE yang ada pada aplikasi native, seperti Autocomplete, Designer, Debugger, dan tools lainnya yang bisa membantu pengembangan aplikasi.

4. Reusable Code

Xamarin menyediakan .NET Library dan library lainnya yang bisa kita gunakan untuk mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 21
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel