Pola Hidup Sehat

5 Mar 2020 08:35 229 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memiliki kehidupan yang sehat adalah impian setiap orang. Untuk mencapainya dibutuhkan pola hidup yang sehat.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Kesehatan merupakan hal yang banyak orang idam-idamkan, namun kesehatan itu bukanlah hal yang mudah guys, untuk menjadi sehat ada banyak hal yang harus dilakukan dan semuanya membutuhkan uang yang tidak sedikit. Misalnya saja makanan, kita tidak mungkin memulai sebuah pola hidup sehat hanya dengan mengkonsumsi cireng setiap hari, namun kita harus banyak mengkonsumsi berbagai buah dan sayuran.

Nah, untuk menerapkan pola hidup sehat, ada banyak sekali cara, baik itu dari apa yang kita makan, dan juga kebiasaan apa yang kita kerjakan. Faktor-faktor tersebut sangatlah berpengaruh dalam memulai pola hidup sehat. Apa sajakah itu? yuk simak dibawah ini:

 

1. Menkonsumsi makanan yang bergizi

Seperti yang sudah kita pelajari di bangku sekolah, makanan adalah sumber gizi untuk tubuh kita. Makanan yang kita konsumsi dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita, sedikit ataupun banyak. Tentunya, untuk menjaga pola hidup sehat kita harus banyak memakan makanan yang bergizi guys, namun kita juga harus memperhatikan dosis dari makanan yang kita makan.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan kombinasi dari makanan yang kita konsumsi, karena beberapa bahan makanan bisa jadi beracun saat kita makan dalam waktu yang bersamaan guys. Dan terakhir pastikan kita mengkonsumsinya secara seimbang. Jadi intinya, jangan sampai kelebihan atau kekurangan konsumsi makanan sehat ya guys.

 

2. Istirahat secukupnya

Istirahat secukupnya disini bukan berarti sampai kita tidak merasa ngantuk lagi, namun kita harus tidur sesuai dengan anjuran dari pakarnya. Menurut para ahli, seseorang berusia sekitar 18 – 25 tahun membutuhkan waktu tidur sekitar 7 – 9 jam per malamnya. Pastikan tubuh kita mendapatkan istirahat yang cukup, namun jangan berlebihan karena bisa menurunkan konsentrasi kita.

Selain itu, pastikan juga untuk tidak begadang, karena menurut para peneliti, sekitar jam 10 malam sampai jam 6 pagi tubuh kita melakukan detoksifikasi. Jadi saat kita belum tidur pada jam tersebut, kemungkinan racun yang ada ditubuh kita tidak dibersihkan dan masih ada didalam tubuh kita.

 

3. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur tidak hanya diperuntukan bagi orang tua atau pun orang yang sedang melakukan diet. Olahraga mempunyai banyak manfaat untuk segala usia, namun jika dilakukan secara teratur dan tidak berlebihan. Selain bisa membakar kalori, olahraga juga bisa membantu tubuh untuk mengalirkan oksigen kedalam sel-sel tubuh yang menjadikannya tetap sehat.

Olahraga disini bukan berarti olahraga berat seperti sprint, marathon dan sejenisnya. Untuk orang yang punya sedikit waktu luang seperti pekerja kantoran, maka stretching setiap pagi saja sudah cukup asal dilakukan secara rutin.

 

4. Perbanyak minum air putih

Semakin hari semakin banyak berbagai minuman keren dengan rasa yang beragam seperti es kopi, thai tea, Boba, dan minuman-minuman lainnya. Namun untuk memulai pola hidup sehat, kita harus mencukupi kebutuhan air putih untuk tubuh kita.

Air putih bisa membantu proses detoksifikasi pada tubuh kita, juga membantu membawakan oksigen ke seluruh tubuh. Jadi pastikan kita selalu memenuhi kebutuhan air putih untuk menjaga kesehatan tubuh kita guys.

 

5. Atur Pikiran

Segala hal yang tubuh kita lakukan berawal dari perintah yang otak kita berikan, begitupun kondisi tubuh kita juga berawal dari apa yang kita pikirkan. Saat kita memikirkan hal yang negatif, maka otak kita akan mengeluarkan sebuah hormon yang berbahaya bagi tubuh, namun saat kita berfikir positif, otak kita akan mengeluarkan hormon untuk melawan hormon negatif tersebut.

Jadi, kita harus senantiasa berpikir positif, karena pikiran negatif selain akan berbahaya bagi tubuh, juga bisa mengurangi produktifitas kita karena kurang konsentrasi, hilang semangat, dan dampak negatif lainnya.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 19
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel