5 Pekerjaan di Bidang IT yang paling Banyak Dicari

31 Jan 2020 19:05 188 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada pekerjaan yang menjadi impianmu?

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Pekerjaan adalah hal yang penting bagi manusia. Beriringan dengan perkembangan teknologi, lapangan pekerjaan ikut berkembang, ada yang menghilang, ada juga pekerjaan yang baru. Semakin maju teknologi, sumber daya manusia yang dibutuhkan juga ikut bertambah, terutama di bidang-bidang tertentu.

Namun dari semua lowongan pekerjaan yang ada, hanya ada beberapa yang benar-benar popular dan juga kekurangan orang-orang dengan kompetensi yang sesuai.

Adapun diantaranya adalah:

 

1. Web Developer

Website adalah sebuah platform yang digunakan oleh banyak orang, website sudah ada tidak lama setelah internet berkembang, bahkan masih digunakan hingga sekarang. Hal ini menyebabkan tingginya kebutuhan website di pasaran.

Karena tingginya kebutuhan website, maka sumber daya manusia yang digunakan pun terus bertambah, hal ini mengakibatkan tingginya lowongan untuk para web developer yang mempunyai keahlian dibidang ini.

Web developer pada dasarnya terbagi menjadi tiga kategori. Yaitu Frontend developer, Backend developer dan juga Fullstack Developer. Dari ketiga itu dibutuhkan kemampuan dan pengalaman yang berbeda.

Frontend developer bertugas untuk membuat sebuah tampilan dan juga interaksi user terhadap aplikasi. Untuk menjadi seorang Frontend developer, dibutuhkan kemampuan untuk menggunakan HTML, CSS, Javascript, dan juga framework terkait seperti ReactJS, Vue Js, Bootstrap, dan framework terkait lainnya.

Backend developer mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan server, baik itu penyimpanan data, pengolahan data, dan menyediakan data kepada seorang frontend developer. Kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang backend developer dalah Bahasa pemrograman disisi server, database, dan juga framework dan plugin lainnya yang digunakan di sisi server.

Fullstack developer adalah perpaduan dari frontend developer dan juga backend developer. Seorang Fullstack developer harus mempunyai skill dan pengalaman yang dimiliki oleh backend developer dan juga frontend developer.

 

2. Mobile Developer

Di zaman ini, perkembangan smartphone sangat pesat, orang-orangpun mulai beralih ke aplikasi berbasis android untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Hal ini menyebabkan kebutuhan aplikasi melambung tinggi yang mendasari banyaknya lowongan sebagai mobile developer.

Mobile developer terbagi menjadi dua yaitu Android developer dan juga iOS developer. Keduanya memiliki kebutuhan skill yang berbeda karena harus membuat aplikasi pada platform yang berbeda.

Namun ada beberapa framework yang juga bisa digunakan agar seseorang bisa menjadi keduanya tanpa mempelajari Bahasa pemrograman di kedua platform tersebut. Framework tersebut adalah Ionic, React Native, dan juga Flutter.

 

3. UI/UX Designer

UI (User Interface) dan UX (User Experience) sangatlah penting dalam pengembangan sebuah aplikasi, karena UI/UX yang bagus dapat membuat user betah untuk menggunakan aplikasi kita. Pada dasarnya para UI/UX designer tidak membutuhkan banyak sekali skill atau tools, namun bagi mereka, pengalaman sangatlah penting. Selain itu seorang UI/UX designer harus bisa mendesain dan juga menggunakan aplikasi desain seperti Adobe Ilustrator dan lain-lain.

 

4. Security Engineer

Semakin kompleks sebuah sistem, maka akan semakin rawan pula keamanannya. Bagi perusahaan kecil, mungkin keamanan data tidaklah terlalu penting, namun untuk perusahaan besar, keamanan data sangatlah penting karena sangat berpengaruh untuk keberlangsungan perusahaan tersebut. Karena itu seorang Security Engineer sangatlah penting.

Untuk menjadi seorang Security Engineer, seseorang harus menguasai skill hacking, dan juga tools yang digunakan sebagai pendukung.

 

5. System Analyst

Seorang system analyst bisa dibilang sebagai arsitek dari sebuah aplikasi. Tugas dari system analyst adalah untuk menentukan kebutuhan user, lalu membuat sebuah solusi dari permasalahan tersebut. Untuk menjadi seorang system analyst dibutuhkan kemampuan di Ms. Excel, Visio, dan juga sedikit pemrograman dan desain agar memudahkan komunikasi kepada tim programmer dan desainer.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 19
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel