Mau Kuliah Jurusan IT? Sebelumnya Kamu Wajib Tahu ini!

31 Jan 2020 09:25 169 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Macam-macam jurusan dibidang IT.

Di zaman yang semakin maju, kebutuhan akan teknologi semakin meningkat, baik itu dalam sektor komersial, pemerintahan, dan sektor-sektor lainnya. Hal ini menyebabkan kurangnya tenaga ahli di bidang ini. Berbicara tentang dunia IT, maka kita bukan hanya membahas hal-hal seputar software, ataupun hardware. Akan tetapi semua hal yang menyangkut dengan IT, baik itu software, hardware, jaringan, data, informasi, dan juga masih banyak lagi.

Namun, dari semua cabang tersebut, hanya beberapa yang memiliki peluang kerja yang sangat terbuka lebar. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi di Indonesia termasuk cukup lambat.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan tenaga kerja di bidang IT, Universitas dan Institusi di Indonesia menyediakan banyak sekali jurusan yang berhubungan dengan bidang IT. Apa sajakan itu ? mari kita simak dibawah ini:

 

1. Teknik Informatika

Jurusan ini sudah tidak asing lagi, bahkan untuk orang awam sekalipun. Di jurusan ini, kalian akan belajar mengenai dasar-dasar untuk membangun sebuah software, dari mulai logika berfikir, Bahasa pemrograman, dan juga merancang data yang dibutuhkan oleh sebuah aplikasi.

Prospek karir dari jurusan ini biasanya menjadi seorang Software Developer, Tester, Database Engineer, dan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan software.

 

2. Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan ini tidak jauh berbeda dengan Teknik Informatika, hanya saja dijurusan ini lebih diajarkan bagaimana cara untuk membangun sebuah software yang powerful dan efesien. Di jurusan ini kalian tidak terlalu dituntut untuk pandai dalam matematika.

Prospek karir dari jurusan ini biasanya adalah Software Developer, Programmer, UI/UX Designer, dan beberapa pekerjaan lainnya yang relevan.

 

3. Sistem Informasi

Kalau dua jurusan diatas lebih mengarah ke pembuatan software, jurusan ini bisa dibilang memiliki kurikulum yang lebih luas. Maksudnya adalah yang dipelajari di jurusan ini bisa mencangkup software, data, bahkan jaringan. Jurusan ini juga mempelajari sedikit tentang bisnis dan statistika.

Pada umumnya, lulusan dari jurusan ini bekerja di bidang data, namun ada juga yang meluas hingga ke bisnis, pengembangan aplikasi, bahkan menjadi ahli dibidang security.

 

4. Teknik Komputer

Bagi kalian yang suka dengan IoT, sangat dianjurkan untuk masuk jurusan ini. Dijurusan ini diajarkan hal-hal yang berhubungan dengan komputer, baik itu software dan juga hardware. Dijurusan ini juga lebih mendalami mengenai arsitektur komputer, mulai dari cara merangkainya, komponen penyusun, hingga mengkonfigurasikannya.

Prospek kerja dari jurusan ini biasanya adalah Embedded System Programmer, AI Engineer, Teknisi Hardware, dan beberapa pekerjaan relevan lainnya.

 

5. Teknik Telekomunikasi

Telekomunikasi menggunakan salah satu aspek yang penting untuk membangun teknologi yang berkembang dizaman ini. Tanpa teknologi ini, kita tidak akan bisa merasakan yang namanya internet, dan tidak akan bisa membaca artikel ini :v. Dijurusan ini kalian akan belajar bagaimana caranya untuk merancang dan membangun system komunikasi, baik itu berbasis kabel maupun non-kabel. Untuk lebih advance nya lagi, jurusan ini bahkan akan mempelajari cara untuk membangun jalur kabel bawah laut yang menghubungkan perangkat yang ada didunia.

Lulusan dari jurusan ini umumnya bekerje sebagai teknisi jaringan, baik itu mendesain jaringan, hingga mengeksekusinya dilapangan.

 

Nah, itu dia jurusan-jurusan IT yang saya tahu, gimana, apakah sudah tertarik untuk bekerja di dunia IT ?. Prospek pekerjaan dari jurusan-jurusan diatas sangat dicari akhir-akhir ini, karena semakin maju teknologi, maka tenaga manusia semakin tidak dibutuhkan, namun para ahli dibidang ini sangat dicari untuk mengelola dan membuat teknologi tersebut.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 17
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel