Tiga Alasan Orang Takut Investasi Saham

28 Jan 2020 17:20 244 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Tak heran, saat dengar investasi saham, kata-kata "bukannya untung malah buntung" terlontar dengan enteng dari kebanyakan orang.

Bagi kebanyakan orang investasi saham itu menakutkan. Tak heran, saat dengar investasi saham, kata-kata "bukannya untung malah buntung" terlontar dengan enteng dari kebanyakan orang.

Cerita dan berita investor saham yang merugi cukup memengaruhi pilihan masyarakat sehingga masyarakat pun mengambil jarak dengan yang namanya investasi saham. Padahal, kisah investor saham yang sukses tentu jauh lebih banyak dan tak terhitung banyaknya.

Sayangnya, kisah investor yang sukses dalam investasi saham masih susah mengguggah keinginan masyarakat. Selain itu, kisah investor yang sukses juga kurang diekspose karena mereka ini biasanya memang tidak mau diekspose karena dalih ranah private.

Karena itu ketakutan masyarakat dalam memulai investasi saham menjadi pekerjaaan rumah yang tidak ringan. Edukasi untuk mengikis ketakutan masyarakat dalam investasi saham perlu digalakkan.

Terlebih, pada saat yang sama, investasi bodong juga terus menjamur untuk mengelabuhi masyarakat dan mencari korban. Edukasi investasi saham tidak boleh kendor. Lantas ketakutan-ketakutan seperti apa yang dialami masyarakat umum terkait investasi saham?

 

1.Kehilangan Uang
Ini ketakutan yang paling umum dialami masyarakat. Banyak masyarakat takut kehilangan duit yang dimiliki jika terjun ke investasi saham. Investasi saham menakutkan karena cerita-cerita yang berkembang dengan liar tentang mereka yang rugi dalam investasi saham. Meski investasi saham tergolong high risk karena sebanding dengan potensi return yang tinggi, pada dasarnya investasi saham tidak selalu menyebabkan kehilangan uang karena ini sangat bergantung dari bagaimana calon investor menyikapi risiko-risiko tersebut. Lebih dari itu, yakni bagaimana investor secara bijak dan cerdas dalam investasi sahamnya sehingga benar-benar bisa mendulang cuan.

 

2. Butuh modal besar
Ketakutan ini sudah keterlaluan karena investasi saham saat ini sudah sangat terjangkau. Memang di masa lalu investasi saham membutuhkan modal gede jutaan, tapi tidak untuk saat ini. Investasi saham sudah sangat terjangkau dan bisa dinikmati semua kalangan karena dengan modal Rp.100.000, saja investor sudah bisa menikmati investasi saham. Investasi saham, semisal di aplikasi IPOTGO besutan PT Indo Premier Sekuritas, sangat terjangkau dibanding investasi saham di sekuritas lain. Pilihan investasi dengan modal minim sudah tersedia sehingga anggapan bahwa investasi membutuhkan modal yang besar sudah terkubur. Investasi saham bukan domain orang-orang kaya dengan modal besar, tetapi investor kecil pun  memilki peluang yang sama.

 

3. Rumit sehingga perlu pengetahuan khusus
Rumit begitulah ketakutan yang biasa dialami masyarakat. Deretan angka-angka di papan bursa saham sudah langsung membuat pusing investor dan mengesankan pada mereka kalau investasi saham itu rumit. Saking rumitnya, seperti perlu skill khusus atau pengetahuan khusus, padahal investasi saham itu pada praktiknya sangat mudah hanya dengan berbekal minimal 2 analisis: fundamental dan teknikal.Dengan bebekal dua ilmu ini siapa pun bisa menjalani investasi saham dengan khidmat. Apalagi, saat ini investasi saham sudah serba online. Beli dan jual saham sudah dengan smartphpne di genggaman tangan.

Tags

About The Author

Dhea Anggraini 28
Novice

Dhea Anggraini

Pemula

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel