Firebase, Satu Database, Banyak Aplikasi

27 Jan 2020 11:25 580 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Firebase adalah sebuah platform yang bisa mensinkronkan database dari platform apapun.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Halo Guys,

Hari ini saya akan mengulas seputar Firebase.

Semakin hari perkembangan teknologi semakin maju, dan jumlah software yang beredarpun semakin banyak. Selain itu, semakin banyak pula macam-macam platform dan metode pengembangan yang baru. Hal ini menjadikan pengolahan data menjadi sulit.

Semakin banyak software dan platform yang beredar, semakin rumit pula proses untuk mensingkronkan datanya. Nah, Firebase ini menjadi sebuah solusi untuk menyimpan dan mengolah data yang bisa diintegrasikan dengan berbagai macam platform. Terlebih lagi untuk pengembangan aplikasi Mobile, pada developer hanya cukup menggunakan firebase untuk menyimpan datanya, dan tidak perlu membuat back-endnya.

 

Sejarah

Firebase didirikan pada tahun 2011 oleh James Tampilin dan Andrew Lee. Pada awalnya Firebase hanya menyediakan Real Time Database dengan tujuan agar para pengembang bisa mengembangkan aplikasi tanpa memerlukan usaha yang besar. Seiring berjalannya waktu, Firebase semakin berkembang dan akhirnya mencuri perhatian Google. Kemudian pada tahun 2014 Google mengakuisisi Firebase dan mengembangkannya hingga sekarang.

 

Layanan yang disediakan Firebase

Setelah dikembangkan oleh Google, kini Firebase memiliki banyak fitur yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

 

1. Real Time Database

Real Time Database merupakan fitur / layanan pertama yang disediakan oleh Firebase. Layanan ini dibuat untuk memudahkan para developer saat akan membuat database yang membutuhkan respon Real Time dengan lebih mudah. Layanan ini merupakan sebuah database NoSQL yang dapat mensinkronkan data JSON dalam skala global.

Selain itu, layanan ini dapat digunakan di berbagai platform, dimulai dari website, mobile, bahkan game sekalipun. Hal ini membuat para developer lebih mudah saat mengembangkan sebuah software multi-platform.

Firebase mendukung penggunaan secara offline, dan akan melakukan sinkronisasi saat user tersebut onlne. Dan pastinya layanan ini sudah dimjamin keamanan datanya.

 

2. Firebase Authentication

Layanan satu ini merupakan salah satu layanan paling favorit nih guys, soalnya mayoritas aplikasi memerlukan login untuk mendapatkan fitur special atau untuk mengamankan datanya. Nah, layanan ini juga memungkinkan user untuk login bukan hanya menggunakan username dan password, namun juga bisa menggunakan metode dengan akun pihak ketiga, seperti Google, Facebook, Github, Twitter dan juga metode login lainnya.

Jika aplikasi menggunakan pihak ketiga, maka kita tidak perlu membuat halaman login atau register, kita hanya perlu membuat tombol login saja. Karena dibuat oleh para professional, maka tanpa harus kita konfigurasi, keamanannya sudah terjamin.

 

3. Cloud Storage

Jika Real Time Database menyimpan data dalam format JSON, layanan yang satu ini memungkinkan user untuk menyimpan data-data dari aplikasi. Data-data yang dapat disimpan berupa data-data media seperti foto dan video. Layanan ini memiliki konektifitas yang stabil, kita bisa menunda dan melanjutkan proses transaksi data sesuai dengan konektivitas internet dari user.

Cloud Storage juga menjamin keamanan dari data-data milik user karena bisa diintegrasikan dengan Firebase Authentication. Selain itu, jika aplikasi yang kita buat tiba-tiba viral dan memiliki user lebih banyak, kita tidak perlu khawatir karena kita bisa menyesuaikan skala database aplikasi kita, namun dengan biaya yang meningkat tentunya.

 

4. ML Kit

Jika kamu adalah orang yang mengikuti perkembangan teknologi, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan Machine Learning. Aplikasi-aplikasi besar kini sudah menggunakan machine learning dalam mengolah datanya, seperti Facebook yang menggunakan machine learning untuk memilah topik favorit user, atau aplikasi kamera yang bisa mengenali wajah, semua itu merupakan hasil dari Machine Learning.

Layanan ini diciptakan untuk mempermudah penggunaaan Machine Learning pada aplikasi Mobile. Firebase menyediakan berbagai API untuk menangani Machine Learning yang biasa digunakan pada aplikasi android, seperti mengenali text, wajah, scan barcode, landmark, gambar, dan lain-lain.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 24
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel