Python, Fleksibel Seperti Namanya

23 Jan 2020 09:05 236 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Python adalah sebuah bahasa high level yang fleksibel dan multi-platform.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh

Halo guys, Hari ini saya akan membahas sebuah Bahasa pemrograman yang sedang naik daun yaitu Python.

Bagi seorang programmer terlebih yang bergerak dibidang data pasti tidak akan asing lagi dengan Bahasa pemrograman yang satu ini, Bahasa ini punya banyak sekali kelebihan yang dapat membantu permasalahan para programmer.

Python pertama kali diciptakan oleh Guido Van Rossum di belanda pada awal tahun 1990. Saat ini Python merupakan Bahasa pemrograman open source yang membebaskan orang-orang untuk mengembangkannya. Namun Guido sendiri sampai sekarang masih menjadi penulis utama untuk Python.

Python ini juga merupakan Bahasa yang multi-platform, software yang dibuat oleh Python dapat dijalankan di semua jenis system operasi selama mempunyai software yang mendukung.

 

Kelebihan Python

Sebagai Bahasa pemrograman yang popular pastinya Python punya banyak kelebihan disbanding Bahasa pemrograman lain dibidang tertentu. Nah, berikut ini daftar kelebihan dari Python:

 

1. Library yang melimpah

Library adalah sebuah modul yang berisi berbagai macam kode program yang dapat memudahkan programmer dalam mengembangkan sebuah program atau software. Ada banyak sekali macam-macam library yang disediakan Python, baik itu database, aritmatika, testing, CGI, dan masih banyak lagi. Selain itu banyak orang yang mengembangkan framework yang memungkinkan Python untuk membuat berbagai macam aplikasi desktop maupun website.

 

2. Mendukung IoT

Internet of Things (IoT) merupakan topik yang saat ini sedang memanas. Semakin canggih teknologi membuat orang berkeinginan untuk membangun teknologi terintegrasi yang dapat mendukung aktifitas sehari-hari. Ada banyak perusahaan dan komunitas yang ikut berkontribusi untuk pengembangan teknologi IoT. Python merupakan salah satu dari mereka, dengan fleksibilitas yang luar biasa dan dapat berjalan di platform manapun membuat Python menjadi salah satu Bahasa pemrogaman yang sangat cocok untuk IoT.

 

3. Mudah dipelajari

Python merupakan sebuah Bahasa pemrograman yang termasuk kedalam High Level Programming Language. Semakin tinggi level dari sebuah Bahasa pemrograman, maka Bahasa itu semakin mudah dimengerti. Inilah salah satu penyebab mengapa Python mudah dipelajari bahkan oleh orang awam sekalipun.

 

4. Embeddable

Seperti namanya, Python memiliki fleksibilitas yang tinggi. Bahasa pemrograman ini dapat menempel atau disisipkan kedalam Bahasa pemrograman lain sehingga bisa menambah performa dari software yang sedang dibangun.

 

Kekurangan Python

Didunia ini tidak ada yang sempurna guys, begitupun dengan Bahasa pemrograman yang satu ini. Nah, berikut kekurangan dari python dapat dilihat dibawah ini:

 

1. Eksekusi Program Lambat

Python adalah sebuah Bahasa pemrograman interpreter yang menggunakan compiler untuk menjalankannya. Hal ini membuat Python lebih lambat disbanding Bahasa lain saat dijalankan, namun hal ini bergantung kepada ukuran dari program yang dibuat.

 

2. Kesalahan Run Time

Dalam Bahasa pemrograman Python, saat membuat sebuah variable, kita tidak perlu mendeklarasikan tipe datanya. Meskipun hal ini bisa membantu developer saat melakukan pengkodean, namun hal ini bisa menyebabkan terjadinya kesalahan saat run-time.

 

3. Migrasi ke Bahasa lain

Python merupakan salah satu dari sekian Bahasa pemrograman yang memiliki banyak sekali library, hal ini menjadikan para developer yang berpindah ke Bahasa lain menjadi kesulitan untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang baru. Jadi intinya python tidak cocok untuk orang yang pertamakali terjun ke dunia programming.

 

Tools Populer Python

Python memiliki komunitas yang besar, dan juga banyak orang yang ikut serta dalam pengembangannnya. Selain library Python juga mempunyai banyak tools yang membuat Python menjadi semakin powerful. Berikut tool yang dimiliki oleh python.

1. Flask

Flask adalah sebuah microframework dari Python yang memungkinkan Python untuk mengembangkan aplikasi Web.

 

2. TensorFlow model

Tool yang satu ini cocok banget buat kamu yang tertarik dengan Machine Learning atau Artificial Intellegence (AI), Tensor Flow ini merupakan repositori yang menyediakan library dan model untuk kebutuhan Machine Learning, Deep Learning, dan juga Artificial Intellegence.

Nah itu dulu guys artikel yang bisa saya share hari ini, sebenarnya masih banyak lagi tools yang dimiliki oleh Python, namun saya hanya menuliskan apa yang saya tahu.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 20
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel