Mengenal Data Science

22 Jan 2020 11:05 274 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Data Science adalah profesi yang banyak dicari.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Halo Guys, hari ini saya akan mengulas tentang Data Science.

Dunia IT itu sangatlah luas, ada banyak sekali profesi yang termasuk bidang IT. Data Science ini adalah salah satunya. Saat pertama kali mendengar Namanya, mungkin kalian mengira bahwa Data Science ini berhubungan dengan kimia atau sejenisnya. Namun faktanya, Data Science ini adalah sebuah bidang keilmuan yang mempelajari Data, baik itu data kuantitatif maupun data numerik.

Data Science saat ini menjadi sebuah profesi yang dicari oleh banyak perusahaan, dan untuk menjadi seorang Data Scientist tidak memerlukan latar belakang pendidikan khusus untuk mempelajarinya. Hal ini juga dipengaruhi boomingnya Big Data saat ini.

Sebelum kita berbicara mengenai Data Science, pertama-tama kita harus tau dulu apa itu data.

Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dengan cara tertentu. Contohnya saat kita googling, informasi yang disediakan oleh google tersebut adalah data. Namun data tidak hanya terbatas dengan dunia IT, di dunia nyata pun banyak sekali data yang tidak kita sadari.

Data-data ini kemudian digunakan untuk membuat berbagai macam system informasi, contohnya seperti Instagram. Setiap informasi yang ada pada Instagram seperti user, story, bio, dan sebagainya itu adalah data-data yang telah diolah agar bisa dengan mudah dimengerti. Semakin banyak user Instagram, postingan dan sebagainya, membuat data yang tersimpan menjadi sangat banyak, dan harus dikelola dengan baik agar tidak ada kebocoran data yang mungkin untuk disalah gunakan. Fenomena ini merupakan Big Data.

Nah, karena Big Data ini menghasilkan banyak sekali data, maka diperlukanlah orang yang bisa mengelola dan memanfaatkan data tersebut. Orang itu disebut serorang Data Scientist. Tugas seorang data scientist ini adalah menganalisa data baik data yang terstruktur. Seorang Data Scientist memang tidak memerlukan tingkatan pendidikan tertentu, namun ada beberapa skill yang harus dimiliki seorang Data Scientist.

 

Skill yang Harus Dimiliki Data Scientist

1. Statistika

Skill ini merupakan skill yang harus dimiliki oleh seorang Data Scientist. Skill ini diperlukan untuk menganalisis data untuk membuat sebuah keputusan, kemudian dari hasil analisis tersebut bisa diaplikasikan kepada machine learning.

 

2. Machine Learning

Machine Learning ini digunakan untuk mendapatkan sebuah pola tersembunyi dari sekumpulan data yang sudah dianalisis. Salah satu contohnya adalah feed Instagram akan akan berubah-ubah sesuai perilaku dari user tersebut. Apabila seseorang sering berinteraksi dengan postingan mengenai fotografi, maka feed user tersebut tidak akan jauh dari fotografi. Nah, hal tersebut berasal dari implementasi Machine Learning yang dikumpulkan dari data-data milik user.

 

3. Basis data

Selain menganalisis dan mengolah data, seorang Data Scientist juga harus paham bagaimana mengelola data, baik itu menyimpan atau mengambil data dari basis data. Salah satu ilmu yang harus dipelajari adalah Data Warehouse dan Advanced Database.

 

4. Visualisasi Data

Jika seorang Data Scientist bekerja di perusahaan besar, maka dia juga harus pandai melakukan visualisai dari sebuah data dan mengkomunikasikannya. Bahkan seorang Data Scientist bisa membantu memberikan kebijakan dari suatu perusahaan melalui data yang mereka dapatkan.

 

5. Programming

Data Scientist harus pandai dalam mengumpulkan dan mengolah data set yang tersedia di internet. Karena itu excel saja tidak cukup untuk melakukan semua itu. Untuk melakukan semua itu, maka seorang Data Scientist harus bisa membuat program yang dapat mengintegrasikan data dengan sebuah system yang kompleks dan juga membuat visualisasi dari data tersebut.

Bahasa pemrograman yang biasa dipakai adalah SQL, R, Scala, Python dan Java.

 

Nah, itu saja artikel yang bisa saya bagikan untuk hari ini, apakah sudah ada yang ingin menjadi seorang data scientist ? kalau ada saya doakan semoga istiqomah dan sukses. Aamiin.

Terimakasih sudah membaca, dan Happy Coding.

Tags

About The Author

Daffa Juliano 17
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel