Ngrok, Buat Server Dimanapun!

21 Jan 2020 11:20 168 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Buat server dimanapun dan kapanpun dengan ngrok.

Assalamu’alaikum Warrohmatullahi Wabarokaatuh.

Hari ini saya akan membahas sebuah software bernama Ngrok. Nama software ini emang terdengar cukup aneh ditelinga, namun jangan remehkan fungsionalitasnya guys.

Ngrok adalah sebuah software yang membuat aplikasi kita memungkinkan diakses melalui internet. Ngrok ini kurang lebih seperti kombinasi antara proxy dan vpn. Intinya sih Ngrok ini membuat aplikasi kita bias diakses siapapun yang terkoneksi dengan internet.

Pada dasarnya Ngrok meneruskan sebuah request dari client ke server melalu domain yang disediakan oleh Ngrok, dan juga server tersebut menghasilkan response yang sama seperti seolah-olah servernya disimpan di hosting Ngrok.

Ngrok menyediakan dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Versi gratis memiliki domain random yang berubah-ubah setiapkali programnya di close. Sedangkan versi berbayar memungkinkan kita untuk membuat custom domain sendiri.

Fungsi Ngrok

1. Demo Web tanpa perlu hosting.

Hosting website bukanlah perkara yang mudah, selain mahal kita juga harus mengkonfigurasi server hosting yang kita beli agar sesuai dengan aplikasi yang kita buat. Selain itu kita juga harus menunggu dalam jangka waktu beberapa hari saat mendaftar.

Nah, dengan Ngrok ini kita bisa menghosting website kita di computer kita sendiri agar menghemat waktu dan biaya. Namun tentu saja kita harus mempunyai computer / server yang harus selalu running agar bisa diakses oleh orang lain.

2. Mempermudah Mobile Development.

Sekarang adalah jamannya smartphone, hamper semua orang di Indonesia pasti mempunyai smartphone setidaknya satu, bahkan anak TK dan SD pun sudah pandai mengoperasikannya. Hal ini menyebabkan pentingnya sebuah website yang responsive dalam ukuran layer berapapun.

Ngrok memungkinkan aplikasi kita dibuka didalam browser dari device apapun, hal ini membuat para pengembang aplikasi dapat dengan mudah melakukan testing dari web yang mereka buat.

Selain itu ini juga dapat mempermudah kita untuk melakukan API testing, kita tidak harus repot-repot menghosting dulu web service yang kita buat agar bisa menyediakan API untuk aplikasi mobile yang kita buat.

 

Instalasi

Untuk menginstalnya kita download terlebih dahulu di web resmi dari ngrok.

website ngrok

Setelah mengikuti instruksi saat menginstal, selanjutnya kita bias mulai untuk menjalankan ngrok tersebut.

Kita bisa menggunakan perintah “ngrok http 80” untuk menjalankan ngrok. 80 disana adalah untuk menyatakan port yang digunakan, seperti yang kita tahu bahwa normalnya localhost menggunakan port 80 atau 443. Namun dalam beberapa kasus seperti saat kita menggunakan Laravel atau framework lainnya yang menggunakan port yang berbeda, kita juga bias menggunakan perintah “ngrok http 8000” dan sebagainya menyesuaikan port yang digunakan oleh framework tersebut.

running ngrok

Nah diatas adalah tampilah setelah kita menjalankannya. Kita bisa menggunakan link yang tersedia di forwarding untuk dibuka di computer lain. Dan seperti yang kita lihat link yang disediakan oleh Ngrok berupa kata-kata random, dan akan bisa kita kustomisasi setelah upgrade ke versi berbayar.

Link tersebut tidak hanya bisa kita buka melalui browser, namun juga bisa kita gunakan untuk mengakses api yang disediakan oleh server.

Selain menyediakan proxy, Ngrok juga menyediakan sebuah web informasi yang bisa kita akses melalui localhost:4040, web tersebut berguna untuk menyediakan informasi penggunaan Ngrok, seperti status online, dan juga informasi mengenai jumlah diakses, durasi mengakses dan sebagainya.

Nah, itu dia artikel buat hari ini guys, sebenernya masih banyak kelebihan dan kehebatan dari Ngrok ini, tapi untuk lebih jelasnya bisa kalian cek di website resmi dari Ngrok. Selain itu masih banyak juga software sejenis yang g kalah hebat, yang penting banyak-banyak explore aja guys. Happy Conding!
Tags Software

About The Author

Daffa Juliano 17
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel