Mengenal Struktur Fluter dan Widget

9 Jan 2020 17:50 301 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Mengenal struktur file dan widget pada Flutter.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Helo guyys,

Hari ini penulis masih akan membahas mengenai Flutter, namun pembahasan kali ini akan sedikit lebih dalam dari sebelumnya.

 

Struktur Project Aplikasi Flutter

Nah, setelah kita mengenal asal-usul dan alasan untuk menggunakan Flutter sekarang kita lanjut membahas struktur project dari aplikasi Flutter. Pada dasarnya struktur aplikasi Flutter berbeda dengan struktur aplikasi android. Ada banyak komponen pada aplikasi Flutter, tapi saya hanya akan menjelaskan beberapa komponen yang akan sering digunakan.

file

1. Folder lib

Folder lib merupakan folder untuk menyimpan aplikasi kita. Kita bisa menambahkan folder atau file dart di folder ini.

2. Folder test

Folder ini digunakan sebagai source code untuk testing aplikasi.

3. Pubspec.yaml

File ini merupakan file penting dan akan sering kita gunakan saat akan mengembangkan aplikasi Flutter. File ini mirip seperti file gradle, salah satu kemiripannya adalah file ini digunakan untuk menyimpan dependencies yang digunakan di aplikasi.

4. README.md

File ini bisa dibilang file sejuta umat. Setiap project yang kita buat pasti memiliki file ini, baik itu android, web, dan juga Flutter. File ini digunakan untuk menyimpan penjelasan mengenai source code dari aplikasi ini.

Nah itu dia item penting yang ada di aplikasi Flutter, sebenarnya masih ada banyak file-file penting lainnya, tapi cuma itu doang yang penulis tau XD. Jadi kalo masih mau tau file-file yang lainnya, silahkan eksplor sendiri ya guys.

 

Struktur kode dasar aplikasi Flutter

Nah, setelah kita tau file-file dasar yang ada di aplikasi fluter, sekarang penulis akan membahas mengenai struktur kode dasar dari aplikasi yang akan kita buat.

Pada dasarnya kode aplikasi Flutter kita terbagi 3 bagian, yaitu bagian import, bagian main, dan bagian widget. Untuk penjelasannya silahkan simak dibawah guyys.

1. Import

Bagian import merupakan bagian penting dari aplikasi Flutter, bagian ini mengambil library dari dependencies untuk digunakan oleh aplikasi. Namun, bagian ini sering dilupakan oleh para pengembang karena biasanya library auto import saat menulis kode yang memerlukan library tersebut.

2. Main

Bagian ini merupakan bagian yang akan pertama kali di eksekusi saat aplikasi dijalankan. Bagian main ini akan memanggil sebuah class yang akan dijalankan.

3. Bagian Widget

Tahukah kalian bahwa aplikasi Flutter adalah aplikasi yang terdiri dari Widget ? Widget disini mempunyai fungsi sebagai sebuah class jika di android, class ini berisi dari kumpulan kode yang akan dieksekusi sesuai request. Ada banyak sekali widget di aplikasi Flutter, contohnya yaitu Button, Text, Container, dan sebagainya.

Nah, itu dia bagian-bagian dari aplikasi flutter. Nah, dari ketiga bagian diatas saya akan melanjutkan pembahasan mengenai widget yang menurut saya cukup sulit untuk dipahami.

 

Widget pada aplikasi Flutter

Ada banyak sekali widget pada aplikasi Flutter, dan widget ini juga dibagi lagi menjadi beberapa kategori.

1. Basic

Widget ini adalah widget yang paling dasar yang sering digunakan. Ada banyak sekali widget ini, contohnya adalah AppBar, Icon, Image, Scaffold, Text, dan sebagainya.

2. Aksesibilitas

Widget ini digunakan untuk mengatur aksesibilitas pada aplikasi.

3. Input

Widget ini digunakan untuk menangani proses input, contoh widgetnya adalah form, formField, dan RawKeyboardListener.

4. Styling

Ini dia nih widget favorit para desainer, widget ini digunakan untuk mempercantik aplikasi yang kita buat. Widget ini bisa digunakan untuk membuat aplikasi lebih responsif, dan juga kita bisa mengatur tema aplikasi dengan tema ini.

Tags Android

About The Author

Daffa Juliano 20
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel