Unboxing Laravel

7 Jan 2020 19:15 329 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Laravel, framework PHP yang digemari banyak developer.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada sesi kali ini saya akan membahas sebuah framework php yang bernama Laravel. Jika kalian mengaku seorang web developer pastinya tidak asing lagi dengan framework yang satu ini, karena framework ini memang sedang naik daun.

Laravel adalah sebuah framework back-end yang sangat powerful, dan sangat cocok untuk mengembangkan aplikasi baik itu skala kecil maupun skala besar. Laravel pada awalnya terlihat simple, namun saat membuat aplikasi yang rumit akan terlihat kelebihannya.

 

Tools Laravel

Laravel punya beberapa tools yang jarang dimiliki oleh framework lain. Tool tersebut diantaranya adalah:

 

1. Composer

Composer merupakan sebuah dependencies management, didalamnya terdapat banyak sekali dependencies dan kumpulan library. Composer ini dapat memudahkan developer untuk menginstall library yang dibutuhkan dalam proses pengembangan hanya dengan satu perintah.

 

2. Artisan

Bagi kalian yang sudah pernah menggunakan laravel pasti tidak asing lagi dengan yang satu ini. Artisan ini berisi sekumpulan perintah yang dapat membantu proses pengembangan aplikasi, contohnya saat membuat controller, migrations, dan sebagainya.

 

Laravel Add-Ons Package

Laravel Add-Ons Package memberikan berbagai fitur tambahan kepada aplikasi. Ada banyak sekali packages yang dapat meningkatkan performa aplikasi, namun kali ini saya hanya akan menyebutkan beberapa saja.

1. Entrust

Package ini mempermudah untuk menambahkan role-based permission di Laravel versi 5. Ada setidaknya 4 table roles untuk menyimpan role records.

 

2. Migration Generator

Migration generator merupakan sebuah package yang digunakan untuk melakukan migrasi dari database yang sudah ada.

 

3. Laravel User Verification

Package ini memudahkan user untuk melakukan validasi user dan email. Package ini juga dapat mengirim, mengatur dan menangani token verifikasi, dan juga bisa menandai user yang terpercaya.

 

Kelebihan Laravel

Laravel adalah framework yang saat ini sedang naik daun, dan pastinya punya banyak kelebihan. Berikut kelebihan framework Laravel:

 

1. Menghindari Repetitive Work

Dalam pengembangan aplikasi berbasis web skala besar pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama, hal ini dapat berpengaruh pada cost dari aplikasi tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, developer disarankan untuk menggunakan library untuk fitur-fitur yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Laravel menyediakan berbagai macam library yang dapat memudahkan developer, dan juga mengurangi pekerjaan yang diulang-ulang hingga berimbas kepada cost.

 

2. Kualitas

Laravel dapat menjadi sebuah pondasi yang bagus untuk aplikasi kita. Laravel memiliki standar code yang mengikuti PSR0 dan PSR1.

 

3. Memudahkan Kerjasama Tim

Laravel merupakan framework yang mudah dipelajari, bahkan ada yang mengatakan laravel dapat dikuasai hanya dalam kurun waktu seminggu. Jika seorang developer baru bergabung dengan tim, dia cukup membaca dokumentasi resmi laravel untuk bisa bekerjasama dengan baik. Bahkan saat dia menemukan kesulitan, hanya dengan mencarinya di google dan banyak sekali informasi dari permasalahan tersebut.

Dengan begitu laravel sangat cocok untuk kerjasama tim karena orang yang baru belajar pun dapat menyesuaikan dengan cepat.

 

4. Security

Keamanan menjadi hal yang sangat penting dalam mengembangkan aplikasi, terutama di era Big Data saat ini. Di PHP sendiri ada berbagai macam cara untuk menembus keamanan dari sebuah website.

Laravel beserta komunitasnya hadir untuk menangani keamanan website. Dari mulai csrf, autentikasi, sanitasi dan validasi data, telah didukung oleh Laravel.

Adapun celah keamanan yang belum bisa ditangani oleh laravel, maka developer yang lain pun akan tau dan akan bekerjasama untuk mengatasinya.

About The Author

Daffa Juliano 20
Novice

Daffa Juliano

Mahasiswa

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel