Buat Penikmat Kopi, Sudah Tahukah Varian Kopi di Coffee Shop?

11 Dec 2019 19:05 728 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada delapan jenis kopi yang harus Anda tahu loh!

Kalau kamu pergi ke kedai kopi atau coffee shop, pasti banyak kaum milenial yang sekedar minum sambil nongkrong bersama teman.. Meminum kopi memang tidak hanya identik dengan kegiatan bersantai. Sekarang, masyarakat urban di Indonesia dan kaum milenial  terutama di kota besar seperti Jakarta menjadikan minuman kopi sebagai gaya hidup dan "bensin" untuk beraktivitas sehari-hari..

Tapi tahu gak macam macam kopi dan perbedaannya? Atau kamu hanya tahu namanya saja ? ini beberapa varian penyajian kopi terpopuler di dunia yang mesti Anda tahu.

 

1. Latte

Kopi ini hampir disukai semua kalangan dan menjadi pilihan favorit untuk bersantai di sore hari bersama kolega atau teman. kopi ini cenderung milky, proses steaming susu dengan memanaskan susu hingga mencapai temperatur tertentu sesuai dengan yang diinginkan dan untuk menghasilkan micro foam. Foam dalam latte biasanya cenderung halus dan tidak tebal.Selain rasanya nikmat, latte biasanya disajikan dalam cangkir dengan motif indah di atasnya atau banyak disebut latte art

Buat penikmat kopi, sudah tahukah varian kopi di coffee shop?

                                                Source image :www.nspresso.com

                                                     
 

2. Espresso

Jenis kopi yg diseduh dengan tekanan yang tinggi,untuk menghasilkan kopi yang kental.
diolah dari ekstrak biji kopi murni tanpa campuran. Rasa kopi ini sangat pahit, selalu disajikan pada cangkir kecil bernama espresso shot, karena espresso mengandung kafein tinggi yang bisa membuat kerja jantung dan adrenalin meningkat. Porsi espresso tidak bisa dibuat besar, seperti cappucinno atau latte.Espresso bertekstur pekat dan pahit,

Bagi para barista membuat espresso dengan menggunakan mesin. Namun, bagi para pencinta kopi, menciptakan espresso bagaikan membuat sebuah karya seni,



Source image: www.pixabay.com


 

3. Americano

Minuman kopi dari campuran espresso dengan tambahan air panas. Nama Americano diambil dari cara orang Amerika meminum espresso yg dibuat lebih encer. Konon, sebutan americano sebagai lelucon dan ejekan kepada orang-orang Amerika yang suka espresso-nya dibuat lebih encer.
Kopi americano dibuat dari satu atau dua shot espresso, kemudian ditambahkan air panas di atasnya. . Jadi, jangan sampai salah pesan ya,,,  karena mengira bahwa americano sama dengan kopi hitam. Minuman ini bisa juga disajikan dalam dingin dan disebut iced Americano.

                                                 Source image : http://picpanzee.com

 

4. Capuccino

Kopi satu ini bisa dinikmati di pagi hari. Campuran cappucino adalah 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan, dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Cappucino campuran dari dua bahan dasar, yaitu kopi dan susu lalu ditaburi sedikit cokelat bubuk di atas busanya.

                                                     Source image : www.elboletin.com

 

cappucino akan nikmat kalau komposisi yang seimbang antara kopi, susu yang dipanaskan dan susu yang dikocok. Agar bisa mengenali segelas kopi itu cappucino atau tidak, dari rasa foam yang tegas ketika pertama kali diteguk, lalu diikuti kopi dengan rasa susu yang kuat . Cappuccino, paling banyak digemari karena rasanya lebih mild.

 

5. Frappuccino

Kombinasi frappe dan cappuccino,, kopi ini jajaran minuman kopi bermerek dagang yang dijual oleh Starbucks. minuman frappucino salah satu trademark Starbucks di seluruh dunia. Minuman ini terdiri dari kopi diblender dengan es dan bahan-bahan lainnya seperti pemanis dan es batu. biasanya ditambah krim kocok. Frappuccino juga dijual dalam bentuk botol di toko-toko dan mesin penjaja.

      

                                                 Source image : www.foodbusinessnews.net

 

6. Cold brew

Kopi yang diseduh dengan air dingin. Ini jugalah yang membedakan cold brew dengan kopi biasanya, kopi cold brew tidak pernah terkena paparan (suhu) panas sehingga tidak ikut mengekstraksi karakter acidity

 dari kopi. Selain itu, hasil cold brew pun cenderung dirasa lebih ringan dan istimewa.


Source image : www.isabeleats.com

Cold brew menggunakan faktor lamanya durasi/waktu ketimbang suhu panas untuk mengekstraksi kopi.  Setelah waktu tersebut kopi disaring dengan kain kasa atau penyaring lalu dicampur dengan susu sesuai selera.

 

7. macchiato

Minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu. Ada dua jenis macchiato yang biasanya disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato. Di Indonesia, macchiato umumnya muncul dalam bentuk espresso yang diberi sejumput busa susu.. Minuman ini dibuat untuk mengurangi rasa espresso yang terlalu pahit. Karena susu dalam bentuk foam akan membuat rasa pahit di awal lebih smooth.

Source image : www.crukafe.com

 

8. Piccolo

varian kopi yang memiliki komposisi susu paling sedikit. rasa kopi yang dibalut dengan sentuhan rasa susu yang lembut.. bagi yang ingin komposisi rasa kopi yang lebih banyak, inilah minuman yang cocokuntuk Anda!

Source image : www.gettyimages.no


campuran kopi di piccolo lebih banyak dari latte..Rasa pekat kopi terasa sampai ke tenggorokan. harum dan pekatnya aroma kopi hitam.. Kopi ini cocok untuk penggemar kopi sejati.

Nah, diantara semuanya mana yang paling disukai nih?!

 

Tags

About The Author

Melinda delicia 12
Novice

Melinda delicia

hobi travelling

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel