Yuk, Mengenal Pohon Pule Sebagai Tanaman Berkhasiat

18 Nov 2019 11:00 223 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Apakah Anda baru saja mendengar nama Pule dalam salah satu jenis  pohon? Jika iya, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal Pohon Pule lebih mendalam. Tanaman ini memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu kehidupan manusia. Dimulai dari kebutuhan untuk bahan industri, pohon ini juga bermanfaat untuk bahan baku kerajinan tangan.

Apakah Anda baru saja mendengar nama Pule dalam salah satu jenis  pohon? Jika iya, artikel ini akan membantu Anda untuk mengenal Pohon Pule lebih mendalam. Tanaman ini memiliki berbagai manfaat yang dapat membantu kehidupan manusia. Dimulai dari kebutuhan untuk bahan industri, pohon ini juga bermanfaat untuk bahan baku kerajinan tangan.

Tanaman dengan ketinggian 6 sampai 40 meter ini memiliki berbagai manfaat pada setiap bagian tubuhnya. Hal ini yang menyebabkan Pohon Pule masih eksis dan digunakan hingga saat ini. Tentunya, bahan dari Pohon Pule ini telah menjadi salah satu bahan industri yang telah menjadi langganan. Ingin tahu lebih lanjut tentang Pohon Pule? Simak penjelasan di bawah ini yuk!

 

Mengenal Pohon Pule Lebih Jauh

Tanaman pohon Pule ini memiliki permukaan akar dan batang yang memiliki banyak pori. Batangnya yang mudah rapuh, membuatnya semakin mudah mengelupas. Batang kayu berwarna coklat terang ini mengandung banyak getah yang berwarna putih susu. Pohon Pule ini juga memiliki bunga dengan panjam 1 cm yang memiliki wangi harum dan bentuk yang cantik.

Bagian daun pada tanaman ini memiliki tekstur yang tebal dan berkarang. Panjang daun sekitar 10 sampai 20 cm dan memiliki urat di bagian permukaannya. Tanaman ini memiliki buah yang berbentuk ramping dan memanjang sekitar 20 sampai 40 cm serta memiliki diameter sekitar 4 sampai 5 cm. Isi dari buah yang dihasilkan memiliki biji yang dikelilingi oleh rambut.

 

Manfaat Pohon Pule

Berbagai khasiat yang melekat pada Pohon Pule ini tidak hanya berada pada beberapa bagian saja, namun seluruh bagian juga. Manfaat yang terkandung dalam Pohon Pule ini beragam, dimulai dari manfaat pada setiap individu maupun untuk semua khalayak. Adapun manfaat yang melekat pada tanaman Pule adalah sebagai berikut :

1. Obat untuk berbagai jenis penyakit

Penyakit yang dialami oleh masyarakat saat ini bervariasi dan dapat diatasi melalui pengobatan herbal. Berbagai bagian dari Pohon Pule ini dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alami yang aman untuk dikonsumsi.

Bagian kulit kayu pada Pohon Pule ini dapat digunakan sebagai obat mengatasi demam dan malaria. Biasanya, cara konsumsi kulit kayu ini dengan cara meminum sari dari rebusan kulit kayu Pohon Pule tersebut. Anda juga dapat mengkonsumsi sari kulit kayu Pohon Pule ini dengan 1 sendok madu.

Bagian daun pada tanaman ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit beri-beri dan pemulih bagi Anda yang selesai lahiran. Anda dapat mengkonsumsi sari dari rebusan daun Pohon Pule ini seperti mengkonsumsi kulit kayunya. Kulit akar pada tanaman ini juga dapat mengatasi vertigo, mengatasi insomnia, dan menurunkan hipertensi bagi Anda yang mengalaminya.

 

2. Kerajinan

Berbagai bahan dasar pembuatan kerajinan biasanya menggunakan bahan kayu yang kuat dan memiliki ketahanan yang bagus. Dalam hal ini, Anda juga dapat memanfaatkan kayu dari Pohon Pule untuk membuat berbagai kerjainan tangan.

Selain itu, Anda juga menggunakan kayu Pohon Pule untuk kerajinan topeng. Teksturnya yang empuk dan halus membuat lebih mudah dibentuk dan digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kerajinan ukir.

 

3. Tanaman hias

Tidak hanya itu, bentuk dari Pohon Pule juga bagus. Buah dan bunganya yang bagus dapat dipelihara dirumah sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik halaman rumah Anda. Sedangkan manfaat pada bagiannya tetap dapat Anda gunakan sebagaimana mestinya. Sehingga Pohon Pule ini memiliki dua fungsi, sebagai estetika dan sebagai manfaat lainnya.

Penjelasan tentang Pohon Pule di atas dapat menjadi salah satu informasi bagi Anda yang ingin membeli dan jual Pohon Pule. Kehadiran Pohon Pule sudah ada sejak dulu, sehingga Anda hanya perlu meneruskannya. Selamat mencoba!

Tags

About The Author

Alvindayu 12
Novice

Alvindayu

Namaku Dyah Ayu Alvinda, suka makan coklat, suka marah-marah nggak jelas, tapi ada yang sayang. :P

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel