Perbandingan Realme XT dan Redmi Note 8 Pro, yang Mana Pilihan Anda?

15 Oct 2019 12:06 1513 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
perbandingan lengkap spesifikasi dan fitur Realme XT dan Redmi Note 8 Pro.

Setelah sebelumnya penulis merekomendasikan Xiaomi Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro, pada artikel kali ini, penulis akan melakukan perbandingan yang dilihat dari spesifikasinya antara Redmi Note 8 Pro dengan yang katanya akan menjadi pesaing utamanya pada tanggal 17 Oktober mendatang yaitu Realme XT.

Perlu diketahui bahwa perbandingan yang penulis bahas adalah perbandingan spesifikasinya di atas kertas. Artinya, perbandingan real world use atau penggunaan sehari-hari memang sengaja tidak penulis masukkan dalam artikel ini, takutnya malah memberikan informasi yang salah.

 

 

1. SoC (System on a Chip)

Berhubung penulis ini bisa dikatakan sebagai seorang gamer, bagian yang menurut penulis itu paling penting dari sebuah smartphone tidak lain  dan tidak bukan adalah SoC atau yang kepanjangannya adalah System on a Chip.

Pada Redmi Note 8 Pro, sudah diketahui bahwa SoC yang digunakan adalah Mediatek Helio G90T, yaitu sebuah prosessor octa-core dengan arsitektur 12nm yang terdiri dari 2x2.05 GHz Cortex-A76 dan 6x2.0 GHz Cortex-A55. Dipadukan dengan GPU Mali G76 MC4, Redmi Note 8 Pro ini dipastikan bisa memainkan hampir semua game yang ada dengan lancar pada pengaturan tertentu. Khususnya game-game sejuta umat seperti PUBG Mobile di pengaturan smooth-extreme.

Pada Realme XT, SoC yang digunakan adalah SoC Qualcomm Snapdragon 712, yaitu sebuah prosessor Octa-core dengan arsitektur 10nm yang terdiri dari 2x2.3 GHz Kyro 360 Gold dan 6x1.7GHz Kyro 360 silver. Dipadukan dengan Adreno 616, SoC Snapdragon 712 ini dipastikan juga bisa melibas banyak game seperti halnya Helio G90T walaupun jika dilihat kecepatan prosessor dari Snapdragon 712 ini lebih rendah. Hal tersebut karena GPU yang dimiliki kedua SoC ini sama-sama memiliki clock speed yang sama yaitu 800 MHz.

Satu kelebihan dari Snapdragon 712 jika dibandingkan dengan Helio G90T adalah arsitekturnya yang sudah 10nm dimana biasanya semakin kecil arsitektur sebuah prosessor, maka semakin hemat juga konsumsi daya baterai dari smartphone yang menggunakan prosessor tersebut.

 

 

2. MicroSD Slot

Bisa dikatakan, nomor dua ini bisa jadi adalah salah satu faktor yang mungkin membuat Anda memutuskan untuk membeli sebuah smartphone atau tidak. Bagi Anda yang punya dua nomor telepon dan juga suka menyimpan banyak data pada smartphone Anda, penulis disini lebih merekomendasikan Realme XT dibandingkan Redmi Note 8 Pro.

Alasannya, pada Realme XT, Anda dapat menemukan sebuah slot kartu SIM yang mampu menampung dua nomor sekaligus ditambah satu slot lagi yang dapat menampung kartu MicroSD. Kelebihan tersebut sayangnya tidak dimiliki Redmi Note 8 Pro yang menggunakan slot hybrid dimana Anda harus mengorbankan salah satu slotnya untuk kartu SIM atau kartu MicroSD.

 

 

3. Kamera

Kedua smartphone ini menggunakan pengaturan kamera yang sama yakni kamera utama berupa kamera wide dengan resolusi 64MP, dilanjutkan dengan kamera kedua yang bertipe ultrawide dengan resolusi 8MP, lalu kamera ketiga dengan yang merupakan lensa makro dan kamera keempat yang merupakan lensa untuk foto bokeh.

Hasil kamera dari kedua smartphone ini sendiri menurut penulis tidak berbeda jauh. Cuma memang, masing-masing dari brand biasanya memiliki karakteristik hasil foto yang berbeda walaupun jenis kameranya sama. Penulis tidak bisa bilang mana yang lebih bagus karena untuk kamera ini, semuanya kembali ke selera masing-masing pengguna lagi.

Soal kamera depan, Redmi Note 8 Pro bisa dikatakan unggul karena menggunakan kamera beresolusi 20MP jauh lebih besar jika dibandingkan dengan kamera Realme XT yang masih 16MP. Namun kembali lagi ke hasil kamera, biasanya hasil itu selera masing-masing, dan besar kecilnya resolusi juga biasanya tidak berpengaruh kecuali jika Anda mungkin ingin mengiklankan sesuatu dengan membuat poster sebesar baliho.

 

 

4. Kelengkapan Fitur

Pada kedua smartphone yang dibahas pada artikel ini, baik Redmi Note 8 Pro dan Realme XT; keduanya sudah memiliki sensor yang lengkap, sudah menggunakan bluetooth 5.0 dan juga sudah menggunakan USB type-C tanpa biasanya mengorbankan jack 3.5mm seperti seri-seri smartphone yang sudah-sudah.

Satu kelebihan dari Redmi Note 8 Pro dibandingkan Realme XT adalah kehadiran NFC pada smartphone dengan maskot kelinci tersebut. Sedangkan pada Realme XT fitur tersebut sayangnya tidak ada.

Walaupun tidak memiliki NFC, Realme XT juga ternyata memiliki sebuah fitur yang tidak dimiliki Redmi Note 8 Pro yaitu pemindai sidik jari kekinian yang letaknya ada dibalik layar smartphone. Untuk Redmi Note 8 Pro sendiri,  pemindai sidik jari yang dimiliki sayangnya masih berlokasi di bagian belakang bodi smartphone (rear-mounted).

 

 

 

(bersambung ke halaman-2)
Tags

About The Author

Buricak Burinyai 57
Expert

Buricak Burinyai

Seorang warga Bandung yang cinta Bandung, teknologi dan mantannya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel