3 Prinsip Dasar Investasi untuk Milenial Masa Kini

28 Aug 2019 10:20 1151 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ibarat naik bis atau kendaraan maka harus tahu arah yang dituju agar bisa merencanakan perjalanan dengan baik dan tidak tersesat.

Milenial yang mau mulai investasi itu keren. Pasalnya selama ini milenial masih asing dengan yang namanya investasi. Mereka lebih akrab dengan tabungan dibanding investasi.

Secara umum dipahami, investasi memang belum masuk perbendaharaan milenial. Hal ini terjadi karena milenial belum memiliki pemahaman yang cukup tentang investasi.

Di mata milenial, investasi masih identik dengan modal gede dan hanya dilakukan oleh mereka yang tahu tentang investasi. Padahal zaman telah berubah dan semuanya sudah tidak seperti dulu lagi.

Buktinya, Investasi sudah sangat terjangkau dan gampang dilakukan oleh mereka yang mempunyai modal yang terjangkau. Contohnya, Investasi sudah bisa dimulai dengan modal awal Rp.100.000,- saja.

Lantas prinsip apa saja yang cocok untuk milenial dalam berinvestasi?

di bawah ini adalah 3 prinsip dasar investasi yang sangat cocok untuk milenial masa kini.

 

1. Mulai dari Jumlah Kecil

Namanya saja pemula. Milenial sudah sepantasnya memulai investasinya dari jumlah kecil. Sebagai pemula milenial sudah selayaknya merek berinvestasi dengan jumlah yang kecil saja dulu, seperti pada investasi reksa dana. Investasi reksa dana bisa dinikmati dengan modal kecil tersebut, semisal investasi reksa dana di IPOTFUND yang sudah sangat mudah dan bisa dimulai dengan modal awal Rp.100.000,-. Modal awal Rp.100.000,- ini tentu tak sulit bagi milenial jika benar-benar memiliki minat untuk merasakan keuntungan investasi reksa dana.

 

2. Belajar Dulu Baru Tingkatkan Transaksi

Sebagai investor pemula, sudah sepatutnya milenial memahami performa atau kinerja reksa dana yang ingin dibeli. Cara memahami kinerja ini bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan gratis dari sekuritas tempat milenial melakukan investasi reksa dana. Biasanya sekuritas memberikan pelatihan gratis untuk mereka yang minim pengetahuan dalam investasi. Selain itu, bisa juga membaca di internet dan buku-buku yang mengulas tentang investasi reksa dana. Setelah memiliki pengetahuan yang cukup, volume transaksi investasi baru ditingkatkan.

 

3. Fokus pada Tujuan Keuangan

Sebelum berinvestasi tentu perlu diketahui tujuan uang diinvestasikan. Artinya, milenial wajib tahu apa tujuan menginvestasikan uangnya di reksa dana. Ibarat naik bis atau kendaraan maka harus tahu arah yang dituju agar bisa merencanakan perjalanan dengan baik dan tidak tersesat. Adapun tujuan investasi ini bisa bermacam-macam tergantung kebutuhan dan keinginan, mulai untuk liburan atau jalan-jalan ke luar negeri, beli gadget, dan sebagainya. Nah, untuk mencapai tujuan tentu saja perlu dipilih platform investasi yang gampang digunakan dan dilengkapi fitur-fitur yang membantu milenial memilih reksa dana yang terbaik.

Tags

About The Author

Dhea Anggraini 27
Pena

Dhea Anggraini

Pemula

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel