Cara Mudah Membuat Login Multi User Level Dengan PHP dan MySQL

22 Aug 2019 10:29 521 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setidaknya, ada enam tahapan yang wajib dilakukan.

Membuat Login Multi User Level Dengan  PHP dan MySQL

Sesuai dengan judul pada artikel kali ini, yaitu “Membuat Login Multi user Level Dengan PHP dan MySQL”. Jadi kali ini kita akan membahas tentang bagaimana caranya membuat login multi user level dengan PHP dan MySQL. Ingin tau caranya? Yuk simak terus artikel ini sampai beres!

Apa sih yang dimaksud dengan login multi user level itu?. Mungkin pertanyaan inilah yang muncul difikiran kalian ketika melihat ataupun  membaca artikel ini. Tapi mungkin ada juga diantara kalian yang sengaja mencari artikel ini karena ingin membuat login multi user level. Tapi ada juga tuh diantara kalian yang emang udah tau atau udah bisa, tapi ingin tau juga menurut orang lain gimana sih cara membuat login multiuser itu, atau pun mencari referensi yang lainnya.

Tapi, sebelum ke cara pembuatan loginnya, kita akan membahas terlebih dahulu apa itu login multi level. Login multi user level adalah sebuah proses login yang memiliki validasi level dari seorang user saat login. Kenapa harus membuat validasi level user? Hal ini karena pasti setiap user atau pengguna sistem memiliki hak akses yang berbeda-beda tergantung keperluannya didalam sistem informasi atau aplikasi.

Misalnya seperti ini. Ketika kita akan membuat aplikasi yang memiliki user yang memiliki hak akses yang berbeda. Misalnya hak akses user dan admin, pasien dan perawat, ataupun hak akses mahasiswa, dosen, pegawai dan lain-lainnya (tergantung dari keperluan aplikasi atau sistem informasi yang ingin kita buat).

Intinya adalah login multi user level adalah beberapa user dengan hak akses yang berbeda bisa melakukan login pada  form login, dan jika berhasil melakukan login, maka user yang login tersebut akan diarahkan ke halaman dashboardnya masing-masing.

Contohnya begini ketika user yang login adalah user yang memiliki hak akses sebagai admin, maka saat user tersebut berhasil melakukan login, maka akan dialihkan ke dashboard admin, atau jika user yang login adalah user yang memiliki hak akses sebagai pegawai, maka akan dialihkan ke halaman dashoard pegawai.

Cara membuat login dengan PHP dan MySQL sudah kita bahas pada artikel sebelumnya di http://www.plimbi.com/article/175171/cara-membuat-login-form-dengan-php-dan-mysql. Dan saya juga menyarankan nih buat kalian yang  belum membaca artikelnya supaya baca dan juga ikuti tutorialnya supaya lebih mudah dalam mengikuti tutorial cara membuat login multi user level dengan PHP dan MySQL ini.

Lalu apa saja  si yang diperlukan untuk membuat login multi user level? Tentunya kita harus sudah punya sebuah database dan tabel yang menyimpan data username dan password user atau pengguna dari sitem aplikasinya.

 

Cara Membuat Login Multi User Level Dengan PHP dan MySQL

Untuk contoh login multi user yang akan kita buat kali ini adalah login multi user pada sistem informasi kepegawaian. Jadi level yang kita sediakan adalah admin, pegawai, dan pengurus.

1. Yang pertama kita buat database dengan nama “MultiUser”. Kemudian buatlah tabel “user” dengan columnnya sebagai berikut:

Kemudian kita isikan beberapa data user dengan hak akses level yang berbeda pada tiap-tiap user. Disini saya mencoba input 3 orang user, 1 orang dengan level admin, 1 orang dengan level pegawai, dan 1 orang dengan level pengurus.

2. Buatlah sebuah folder dengan nama “MultiUser” dalam htdocs.

3. Buatlah sebuah file PHP dengan nama “index.php”, dan buatlah sebuah css dengan nama “style.css”. Pada index.php ini kita kan membuat halaman loginnya, dan style.css akan kita gunakan untuk mengatur desain form loginnya.

Index.php

Style.css

Perhatikan syntax pada index.php diatas kita telah menetapkan file yang mengeksekusinya atau memproses login ini adalah file “cek_login.php”

4. Buat koneksi kedatabasenya

Koneksi.php

5. Buat file dengan nama “cek_login.php”

Perhatikan contoh diatas, disana  kita telah memeriksa apakaH berhasil login atau tidak, jika berhasil login kita cek lagi level yang dimiliki oleh user yang berhasil login tersebut. Jika levelnya admin, maka kita buat session levelnya admin dan kita alihkan kehalaman admin.php. begitupun yang lainnya.

5. Buatlah file untuk halaman dari setiap user, yaitu file “admin.php, pegawai.php, dan pengurus.php”

Admin.php

Pegawai.php

Pengurus.php

6. Membuat file untuk logout dengan nama “logout.php”

Logout.php

 

 

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 25
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel