Cara Membuat Login Form Dengan PHP dan MySQL

13 Aug 2019 10:45 302 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
4 Langkah membuat login form dengan bantuan SHA1 untuk enkripsinya.

Membuat form login dengan PHP dan MySQL

Aplikasi yang berbasis website maupun aplikasi lainnya yang membatasi hak akses oleh user agar tidak dapat mengakses bagian dalam sistem, misalnya seperti bagian dari admin. Maka karena hal itulah login tersebut sangat diperlukan sebagai pengaman dari data-data atau  dari masing-masing akun.

Lalu apa jadinya jika sebuah website tidak memiliki proses login? Jika sebuah website tidak memiliki proses login, maka semua orang dapat mengakses halaman admin dan dapat dengan bebas mengakses halaman admin dan dapat dengan bebas untuk mengupdate postingan, menghapus atau mengacak-acak isi dari halaman website tersebut. Maka oleh sebab itu login sangatlah dibutuhkan dan juga sangatlah penting pada sebuah website maupun semua aplikasi untuk menjaga keamanan dari akses luar.

Untuk lebih mengamankan proses pada login, kita akan menambahkan enkripsi sha1 pada password sehingga memberikan keamanan yang lebih. Jadi misalnya ada yang mengambil database pada tabel yang menyimpan data username dan password kita, maka akan sedikit lebih aman karena akan sulit untuk mengetahui password yang sudah kita enkripsi dengan menggunakan sha1.

Dalam proses enkripsi tersebut terdapat beberapa cara seperti yang sudah kita jelaskan pada artikel sebelumnya yaitu tentang Fungsi Enkripsi pada Bahasa Pemrograman PHP. Nih buat temen-temen yang belom baca yuk baca dulu biar tambah ngerti lagi http://www.plimbi.com/article/175163/fungsi-enkripsi-pada-bahasa-pemrograman-php.

Dalam tutorial login kali ini saya menggunakan proses enkripsi dengan menggunakan SHA1. Mengapa SHA1, tidak MD5 ataupun yang lainnya? Karena pada proses login yang menggunakan SHA1 menawarkan alternatif lain dalam algoritma enkripsi informasi. SHA1 ini menghasilkan 40 bit karakter enkripsi, sehingga memberikan pengacakan lebih banyak dan peluang untuk mengdeskripsi lebih besar.

Dengan kata lain, pengacakan karakter pada SHA1 lebih banyak sehingga algoritmanya juga lebih rumit jika dibandingkan dengan menggunakan MD5, nah hal inilah yang membuat SHA1 menjadi lebih aman jika dibandingkan dengan MD5. Terlebih lagi karena sekarang telah banyak orang  yang berkomentar bahwa MD5 tidak lagi aman dalam mengacak suatu informasi. Contohnya seperti password.

Tapi sebelumnya apa si login sama loguot itu? Login adalah sebuah proses masuk ke jaringan komputer dengan memasukan identitas akun minimal terdiri dari username dan password untuk mendapatkan hak akses dari sebuah website ataupun aplikasi.

Sedangkan logout adalah proses keluar dari sitem jaringan komputer,  setelah sebelumnya melakukan login pada sebuah akun, atau dapat juga didefinisikan keluar dari akun yang sebelumnya telah digunakan.

Oke langsung aja kita bahas cara membuat form login dengan PHP dan MySQL dengan bantuan SHA1 untuk  keamanan enkripsinya.

1. Yang pertama kita buat terlebih dahulu databasenya, disini saya membuat dengan nama “loginPHP” lalu kita tambahkan colum “id_user, username, dan password” pada database tersebut.

Kita coba insert 1 data kedalam database tersebut. Disini saya coba masukan dengan “id_user = 1, username = admin, dan password = 123”.

2. Lalu setelah pembuatan database selesai kita buat sebuah folder di htdocs dengan nama “loginPHP”. Kita file untuk koneksi dengan nama “koneksi”. File koneksi ini berguna untuk menghubungkan antara database yang kita gunakan.

Koneksi.php

3. lalu kita buat lagi file untuk form dari login tersebut dengan nama “index.php” (untuk nama tergantung kita).

Index.php

perhatikan contoh diatas, dari mulai baris ke 27 sampai dengan selesai merupakan aksi dari form, mulai dari menangkap data username dan password yang diketikan pada form sebelum kita submit. Kemudian mencocokkan username dan password yang di ketik dengan username dan password yang ada pada database. Jika username dan password yang di ketik pada form login sesuai dengan yang ada di database berarti login sukses tetapi jika username dan password yang di input pada form login tidak sesuai dengan yang ada di database berarti login gagal karena username dan password yang di masukkan salah.

4. buatlah sebuah file dengan nama “login.php”. 

Login.php

Oke tutorial login dengan PHP dan MySQL sederhana telah berhasil kita buat. Selamat mencoba!

 

 

 

Tags

About The Author

Tineu Nursyifa 22
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel