7 Cara Menggunakan AC yang Sebenarnya Hanya Mitos

26 Dec 2018 16:58 1388 Hits 0 Comments
Mulai dari isi freon, servis AC, sampai awet atau tidaknya unit indoor; beberapa anggapan tidak tepat seputar pendingin udara ini ternyata adalah mitos. Apa saja?

Mulai dari isi freon, servis AC, sampai awet atau tidaknya unit indoor; beberapa anggapan tidak tepat seputar pendingin udara ini ternyata adalah mitos. Apa saja?

Penggunaan pendingin udara atau AC di setiap rumah kini jadi kebutuhan. Untuk menciptakan suhu yang nyaman saat beristirahat, hampir setiap rumah tinggal di kota besar kini memakai pendingin udara.  

Dengan tingkat pemakaian yang terus meningkat, ternyata banyak dari kita yang masih memiliki pandangan tidak tepat ketika memakai AC. Bahkan banyak diantaranya yang hanya sekadar mitos dan tidak sesuai dengan fakta yang ada. Agar tidak terjebak dengan hal tersebut, berikut adalah daftar yang perlu diketahui;

#1 Wajib tambah freon AC secara rutin

Faktanya, jika tidak terjadi kebocoran pada pipa freon memiliki jangka waktu pengisian yang lama, yaitu 4 hingga 5 tahun. Biasanya, penyebab bocornya saluran freon ini dikarenakan ada masalah pada sambungan pipa, atau selang yang bengkok atau patah.

#2 AC kurang dingin maka wajib tambah freon

Faktanya, penyebab AC tidak dingin bukan melulu karena freon habis atau berkurang tekanannya. Memang, zat pendingin pada AC ini apabila tekanannya berkurang akan menyebabkan AC tidak dingin.

Namun pandangan yang sering terjadi adalah ketika AC memiliki masalah tidak dingin atau lama untuk dingin, maka freon jadi biang keladinya. Padahal banyak hal – yang terkadang sepele –bisa jadi sumbernya. Misal kotornya filter, sudah lama tidak servis atau mencuci AC, salah untuk memakai ukuran AC dengan luas ruangan yang ada, atau bahkan salah memilih merk AC yang tidak cepat dingin.

#3 Bersihkan AC cukup 6 bulan agar filter tidak rusak

Faktanya, filter adalah komponen pada AC yang secara rutin wajib dibersihkan. Pasalnya, filter AC jadi gerbang penyaring utama aliran udara pada unit indoor. Terlebih ruangan di mana AC ditempatkan rawan dengan debu atau masuknya udara dari luar ruangan yang dapat menyebabkan filter cepat kotor atau berdebu.

Filter yang kotor atau tersumbat debu, bisa menjadi penyebab AC berisik atau hembusan udara yang dikeluarkan jadi tidak sehat. Cara bersihkan filter AC sangat mudah, dan hal itu dapat dilakukan sendiri. (Baca juga: Mudah Dilakukan, Begini Cara Bersihkan Filter AC)

#4 Selalu setel suhu di bawah 20 derajat agar AC tetap stabil dan hemat listrik

Faktanya, ketika kita selalu sering mengatur suhu di bawah 20°C, maka kompressor pada AC akan selalu bekerja maksimal untuk mencapai suhu yang telah disetel. Ketika suhu ruangan berubah karena pintu di buka tutup maka kompressor AC pun akan mati hidup terlalu sering untuk menyesuaikan suhu kembali sesuai yang di atur pada remote. Suhu AC yang tepat untuk iklim Indonesia adalah sekitar 21°C -24°C. 

#5 AC inverter lebih boros listrik

Faktanya, teknologi inverter yang digunakan pada AC membuat kompressor tidak mati-hidup ketika bekerja. Jadi kompressor AC akan terus hidup setelah mencapai suhu yang diatur atau diinginkan. Selain itu, ketika suhu yang diinginkan tercapai maka AC inverter akan bekerja dengan pemakaian daya yang stabil di tingkat minimum. Artinya, pemakaian daya listrik akan lebih hemat. 

#6 Awas rusak, bersihkan AC mesti panggil ahlinya

Faktanya, bersihkan AC, jika hanya sekadar bersih-bersih kecil seperti membersihkan filter, bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Bahkan filter AC adalah komponen yang memang seharusnya rajin dibersihkan karena berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran di unit indoor AC. Kegiatan bersih-bersih yang dilakukan sendiri ini juga bisa dilakukan dengan membersihkan celah-celah ventilasi pada AC. Jadi, tanpa perlu memanggil ahli dan kita dapat menghemat pengeluaran. 

#7 Unit outdoor mudah berkarat karena ditempatkan di luar

Faktanya, karena selalu diletakkan di luar ruangan, maka unit outdoor AC menjadi bagian yang setiap komponennya memakai material kuat. Apalagi jika kita memakai AC Gree. Setiap komponennya memakai bahan bukan daur ulang atau material berkualitas rendah. Unit outdoor AC Gree juga selalu memiliki lapisan Gold Fin pada kondensornya yang berfungsi mencegah karat, korosi, dan menumpuknya kotoran.

 

Tags

About The Author

Gree Indonesia 24
Pensil

Gree Indonesia

Pelopor AC Canggih

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel